Tips Menghadapi Rasa Bosan Kerja Kantoran


Rata-rata kita menghabiskan waktu delapan jam di kantor setiap harinya. Rasa bosan sudah pasti pernah melanda kita. Belum lagi kendala yang membuat kerja jadi kurang menyenangkan. Tentunya hal tersebut harus kita hindari agar performa kerja tetap prima. Ada banyak faktor yang memainkan peran penting dalam membuat pekerjaan kita menyenangkan, misalnya kesehatan yang baik, hubungan yang harmonis dan lingkungan kerja yang kondusif. Berikut ini sejumlah tips yang dapat di aplikasikan gara bekerja jadi lebih menyenangkan:

  1. Ciptakan jejaring kerja dan hubungan baik dengan rekan kerja:  Beri pertolongan orang lain tanpa mengharapkan pamrih. Tidak menaruh harapan pada orang lain akan membuat kita merasa puas.
  2. Selalu tersenyum dan santun: Dengan bersikap ramah, orang lain akan merasa nyaman berhubungan dengan kita. Jika kita pengertian, koorperatif, menaruh rasa hormat kepada orang lain maka kitapun akan mendapat perlakuan yang sama.
  3. Tinggalkan masalah pribadi kita di rumah: Saat di tempat kerja, bebaskan pikiran kita dari semua masalah tersebut agar kita tetap konsentrasi saat bekerja. Jika kita membawa masalah tersebut ke kantor, rekan-rekan kerja lainnya akan terganggu.
  4. Jangan mengundang stress: Mungkin ada sejumlah hal yang tidak kita sukai untuk di lakukan pada saat tertentu. Biarkan saja, tidak usah di paksa, terlebih jika kita memang ingin bersantai sebentar. Jika kita memaksakan untuk tetap mengerjakannya hanya akan membuat kita merasa jenuh dan ujung-ujungnya stress. Beri waktu untuk diri kita sendiri merasa rileks.
  5. Jadilah pribadi yang kreatif: Pertahankan ruang kerja kita tetap bersih, rapi dan nyaman. Kita bisa menghiasnya dengan benda-benda favorit seperti lukisan, foto, atau hal-hal yang membuat kita tersenyum dan merasa bahagia.
  6. Jika menghadapi masalah, jangan langsung bereaksi: Cari terlebih dahulu penyebabnya dan selesaikan dengan kepala dingin.
  7. Selalu siap membantu: Ketika teman atau rekan kerja membutuhkan bantuan, usahakan kita selalu siap untuk membantunya. Tapi jangan menangani tugas orang lain jika tugas kita sendiri belum selesai dikerjakan. Tolak apa saja yang sesungguhnya tidak ingin kita kerjakan.
  8. Personalisasi Meja Kerja Anda
    Keadaan meja kerja Anda merupakan cerminan dari kepribadian Anda. Jadi, perlakukan ruangan dan meja kerja Anda sebagai tempat favorit. Buatlah suasana yang nyaman. Sebab, Anda akan menghabiskan waktu delapan sampai sembilan jam perharinya di kantor. Hiasilah meja dengan foto gambar yang menyenangkan.
  9. Pelihara Ikan
    Melihara seekor ikan di meja kerja ternyata dapat meningkatkan konsentrasi dan membantu Anda menjadi lebih fokus. Jadi, akan lebih baik bila Anda juga menghiasi meja kerja dengan fish bowl atau akuarium kecil yang diisi dengan ikan-ikan yang menggemaskan.
  10. Tulisan Inspiratif
    Tulislah beberapa pesan inspiratif yang bisa memicu Anda untuk meraih target atau tujuan pribadi. Anda bisa menulisnya di sebuah papan kecil, lalu taruhlah di atas meja kerja Anda. Cara ini dapat membantu Anda menjadi lebih bersemangat ketika merasa bosan.
  11. Pajang Foto
    Foto orang tersayang, baik suami, keluarga, anak-anak, maupun teman, bisa membawa efek baik yang bisa membantu Anda lebih bersemangat. Jika lelah dan sedang bosan, Anda bisa melihat foto mereka.
  12. Warna Cerah
    Berilah sentuhan warna cerah pada meja kerja Anda. Misalnya, dengan menempelkan kalender yang berwarna-warni. Jangan biarkan meja kerja terlihat suram dan dekil. Itu hanya akan membuat Anda tidak mood bekerja
itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengadapi rasa bosan saat anda kerja di perkantoran, namun segala sesuatunya menyesuaikan pribadi anda, sekedar informasi nilai rata-rata tingkat stres para pegawai kantor adalah melebihi 60% dan 8 dari 10 pegawai kantor mengakui lebih cepat strees saat tuntutan kerja dari atasan mulai bertumpuk setiap harinya..

Disqus Comments