Cara Proteksi Data Tanpa Menggunakan Aplikasi

pernahkah sampean punya data yang dicopy sembarangan sama temanmu, ya kalau datanya bisa dikonsumsi oleh umum, tapi kalau didalamnya ada data yang sangat pribasi gimana coba, hadeeeh, padahal pada kenyataanya tidak sedikit juga ada beberapa orang yang memang sengaja mengambil file-file kita tanpa sepengetahuan kita dan menyimpan nya dalam sebuah media penyimpanan seperti flashdisk, CD dll.

Namun ada beberapa cara yang dapat kita terapkan agar orang tidak bisa copy-paste file-file kita ke media penyimpanan seperti flashdisk dsb, tapi file tersebut masih bisa kita copy-paste dalam komputer kita sendiri.
Berikut cara Memproteksi File Agar Tidak Dapat Di Copy Paste:

1. Tekan tombol “Start” kemudian pilih “Run” dan untuk selanjutnya kita ketikkan “Regedit” lalu tekan ENTER.


2. Di langkah yang kedua ini kita Pilih HKEY_LOCALMACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control
3. Lalu setelah langkah kedua di atas selanjutnya kita lakukan Klik kanan di posisi “Control” Lalu selanjutnya Klik “New” lalu pilih “Key” lalu untuk selanjutnya kita kasih nama “StorageDevicePolicies” (tanpa tanda kutip), untuk langkah nomor 2 dan 3 bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



4. Selanjutnya pada langkah yang ketiga ini kita Klik kanan di posisi StorageDevicePolicies,



5. Selanjutnya kita klik “New” kemudian “DWord Value” dan selanjutnya kita kasih nama dengan “WriteProtect” (tanpa tanda kutip).

6. Pada langkah ke enam ini kita klik kanan di “WriteProtect”, lalu pilih "modify" selanjutnya kita ubah value nya menjadi bernilai 1.


7. Selesai, Restart komputer kita lalu lihatlah hasilnya, Jika ada orang yang ingin copy-paste file kita selain di dalam harddisk maka akan muncul pesan error.

PENTING:
Jika ingin mengembalikan kedalam keadaan semula, cukup kita ganti aja value nya jadi 0, lalu kita restart lagi. oke gan

Disqus Comments