8 Cara Efektif Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Penurunan daya ingat dapat terjadi pada usia berapapun, bukan saja pada lansia seperti yang kita percaya selama ini. Dan tentu saja ini akan membebabani kehidupan seseorang. Tapi ada cara-cara khusus untuk membantu mengingat semuanya, tanpa terkecuali.

Untuk membuktikannya, cobalah 8 cara yang diklaim ampuh membuat ingatan seseorang menjadi super seperti halnya dikutip dari Huffingtonpost, Kamis (10/10/2013) berikut ini:

1. Kaitkan dengan Gambar Tertentu
Anda diharuskan mengingat sederet istilah atau nama? Anda akan lebih mudah mengingatnya jika istilah atau nama itu dikaitkan dengan gambar gambar tertentu, apalagi jika Anda memang ‘visual learner’ (diperkirakan dalam populasi jumlahnya mencapai 65 persen).
Misalnya jika Anda harus mengingat besok ada meeting jam 4 sore, cobalah mengaitkannya dengan grup band favorit Anda yang beranggotakan 4 orang. Ini mungkin terdengar konyol, tapi cara ini terbukti dapat memudahkan Anda mengingatnya.
2. Jajal Permainan Perangsang Otak
Permainan yang diklaim dapat menstimulasi otak ada beragam, misalnya sudoku dan teka-teki silang. Banyak pula studi yang dapat membuktikan seberapa baik kualitas permainan-permainan ini dalam meningkatkan daya ingat seseorang.
Namun ada satu alasan yang dapat digunakan untuk mendasari mengapa kita perlu percaya jika permainan-permainan itu efektif. Sebuah studi baru pada orang-orang berusia di atas 60 tahun menemukan bermain video game dapat melatih otak termasuk meningkatkan kemampuan pemainnya untuk melakukan multitasking. Diduga permainan ini dapat mengaktivasi seluruh sinapsis di dalam otak, termasuk bagian memori.
3. Gunakan Metode Cicero
Dikenal juga sebagai metode Loci atau ‘istana memori’, cara ini digunakan untuk mengingat informasi menggunakan kekuatan gambar (dalam hal ini lokasi suatu tempat) dan menghafalkan hubungan spasial di antaranya untuk mengingat kembali informasi tersebut.
Psikolog John O’Keefe dan Lynn Nadel menjelaskan metode ini dalam buku mereka, The Hippocampus as a Cognitive Map: Dalam teknik ini, subjek menghafalkan layout sebuah gedung, atau tatanan pertokoan di sebuah jalan, atau sejumlah entitas geografi lainnya. Caranya, subjek berjalan mengelilingi kompleks yang ingin diingat dan mengaitkan satu item dengan lainnya melalui pembentukan gambar di antara item-item itu dan fitur yang mencolok dari kompleks tersebut.
Cobalah teknik ini dengan cara mengelilingi kamar atau apartemen menggunakan mata batin Anda dan kaitkan informasi tertentu dengan tiap kamar, lalu Anda akan dengan mudah mengingat informasi-informasi dari setiap kamar.
4. Cobalah Metode Baker-baker
Dalam sebuah percobaan psikologi yang dikenal dengan ‘paradoks Baker baker’, beberapa subyek ditempatkan ke dalam dua kelompok dan diperlihatkan gambar seorang pria. Satu kelompok diberitahu jika nama belakang pria itu adalah Baker, sedangkan kelompok lainnya diberitahu bahwa pria itu adalah seorang tukang roti (baker).
Ketika kemudian gambar itu diperlihatkan lagi dan subyek diminta mengingat kata yang berkaitan dengannya, mereka yang diberitahu pekerjaan/profesinya jauh lebih cenderung mengingat kata-katanya.
Penjelasannya mudah saja: meski dua kata dan gambarnya benar-benar sama, ketika kita membayangkan seorang tukang pembuat roti, gambaran lain akan muncul di kepala, terutama yang berkaitan dengan profesi tersebut seperti apron, dapur, ataupun roti yang masih hangat.
5. Tidur Siang
Tidur siang yang cukup panjang, misalnya satu jam dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran dan daya ingat seseorang. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2008 dengan menggunakan scan fMRI pun menemukan bahwa aktivitas otak orang-orang yang tidur siang terlihat lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak beristirahat sama sekali dalam seharian.
6. Pakai Label
Mantan Presiden AS, Franklin Roosevelt dikenal mempunyai memori yang luar biasa. Ia bisa mengingat nama seseorang yang hanya bertemu dengannya satu kali, itupun beberapa bulan sebelumnya, tanpa kesulitan sama sekali. Apa rahasianya?
Roosevelt dapat mengingat nama setiap stafnya (dan setiap orang yang ia temui) dengan membayangkan nama-nama mereka tertulis di kening masing-masing orang setelah diperkenalkan padanya. Bahkan CNN mengklaim teknik ini jauh lebih efektif daripada jika namanya ditulis di atas kertas dengan warna favorit Anda.
7. Konsumsi Omega-3
Asam lemak omega-3 yang dapat ditemukan dalam makanan seperti salmon, tuna, tiram, biji labu, brussel sprout, kacang walnut, ataupun suplemen merupakan salah satu nutrisi paling penting bagi otak. Sebuah studi dari University of Pittsburgh (2012) menemukan konsumsi omega-3 dapat meningkatkan daya ingat orang dewasa. Sedangkan studi lain juga mengatakan konsumsi omega-3 menurunkan risiko Alzheimer.
8. Perhatikan dengan Seksama
Bisa jadi sebenarnya cara terbaik (meski juga diklaim yang paling sulit dilakukan) untuk meningkatkan daya ingat adalah hanya memperhatikan segala hal dengan seksama. Pengalihan hanya akan membuat daya ingat menjadi lemah dan konsekuensinya, kita pun lebih rentan melupakan berbagai hal.
“Melupakan sesuatu menunjukkan betapa sibuknya otak Anda. Jadi ketika kita tidak memperhatikan sesuatu dengan seksama, maka memori yang terbentuk tidaklah begitu jelas dan itulah sebabnya kita juga jadi kesulitan untuk mengingat informasi itu lagi,” terang Zaldy S. Tan, Direktur Memory Disorders Clinic, Beth Israel Deaconess Medical Center, AS.
sumber: beritakaget.com

Disqus Comments