Cara Screenshot di Komputer Tanpa Repot


Cara screenshot di komputer sebenarnya  ada banyak caranya dan juga banyak tutorialnya, namun ada juga orang yang belum mengerti cara menggunakannya.
Kalau mau dapat dollar lewat internet daftar aja di 5$ Sekali Klik
Diantara tutorial itu ada yang menganjurkan untuk dowload aplikasi pihak ke-3, namun bagi beberapa kalangan melakukan download adalah termasuk berita buruk, itu tidak lain karena mereka tidak mau repot.

Nah tutorial kali ini ingin menginformasikan kepada kamu semua, bahwa di OS Windows sebenarnya sudah ada aplikasi untuk screenshot. ada 2 cara malah. nah untuk lebih singkatnya kamu ikuti aja caranya dibawah ini.

DENGAN MEMAKAI SNIPPING TOOL
Pengguna windows pastinya sering melihat ini aplikasi, karena dari semenjak OS Windows diinstal, snipping tool sudah terintregasi didalamnya. cara menggunakannya adalah
  1. Cari Snipping tool di Komputermu, Klik Start - All Programe - Accesoris - Sniping Tool (iconnya gambar gunting) screenshot aplikasinya seperti disamping

  2. Setelah terbuka, Kamu akan menemukan kolom dialog snipping tool, nah disitu ada beberapa pilihan lo, diantaranya:
    *Free-form Snip: screenshot bebas
    *Rectangular Snip: screenshot sesukamu dengan bentuk kotak|
    *Windows Snip: screenshot yang dapat menyesesuaikan dengan ukuran dialog windows
    *Full-screen Snip: screenshot menyeluruh (full screen)
  3. Setelah kamu melakukan snip, baru nanti akan muncul kolom dialog baru yang berisi perintah untuk menyimpan atau membuangnya
  4. Cari lokasi dimana kamu ingin menyimpan, dan SAVE
Mudah bukan, silahkan dipraktekkan

DENGAN MEMAKAI TOMBOL PrtScSysRq (Print Screen)
Fasilitas ini digunakan untuk screenshot full screen, jadi kamu tidak bisa melakukan sesuai keinginan. caranya cukup mudah. tekan tombol Windows + PrtScSysRq atau di keyboard lain namanya printscreen. 

Setelah itu kamu tinggal tekan Tombol Ctrl + V (Paste). namun kamu bisa melakukannya paste ke MS Office lo, kalau mau menyimpan menjadi jpeg kamu harus melakukan proses selanjutnya.

Ok demikian dulu Tutorial saya, kalau kurang jelas silahkan bertanya di kolom komentar dibawah. bisa di kolom komentar FB atau Blog. Thank.

Oh ya, kamu belum familiar dengan Windows 8, kamu baca aja ini Belajar Menggunakan Windows 8

Disqus Comments