Beberapa Alasan Kenapa Bing Tidak Menampilkan Postingan Blog di Search Engine

Bing Search Engine

Malam sobat Mas Trigus' Blog, hampir tengah malam tiba-tiba saya ingin sekali menulis sebuah artikel, setelah melalui tahap pemikiran yang agak panjang akhirnya menemukan satu ide artikel yang berjudul Beberapa Alasan Kenapa Bing Tidak Menampilkan Postingan Blog di Search Engine. Ya hal ini saya tulis karena Blog saya yang tergolong baru ini belum kunjung di berikan kesempatan oleh Bing untuk tampil di search engine nya. Harapan saya ini bukan kok tampil di posisi teratas, tapi hanya tampil saja di pencarian.

Loh, gimana cara ngeceknya?

Mudah banget kok, buka saja www.bing.com lalu ketiklah site:mastrigus.blogspot.com (ganti yang berwarna merah dengan url blog kamu) terus enter, jika blog kamu sudah pernah dirayapi oleh Bing maka kemungkinan besar akan ditampilkan beberapa postingan kamu. Namun untuk Blog Mas Trigus sendiri belum mendapatkan keberuntungan, pasalnya setelah beberapa kali melakukan cek, hasilnya selalu nihil seperti gambar dibawah ini. Padahal sebelumnya saya sudah mengsubmit sitemap di Bing Webmaster dan sudah dinyatakan sukses.

Bing Search Engine

Lalu apa masalahnya?

Jawaban ini berdasarkan asumsi saja, berdasarkan pengamatan dan perbandingan yang saya lakukan selama ini. Karena sampai sekarang (dari fakta browsing) tidak ada yang bisa menjawab secara pasti tentang keinginan algoritma Bing. nah apa saja asumsinya:

  • Mungkin Blognya masih baru! Kemungkinan besar bukan karena masalah ini, blog baru saya yang lain dalam waktu 24 jam sudah terindeks semua.
  • Mungkin Belum di Submit ke Bing Webmaster! Saya rasa juga bukan, karena blog lain yang kumiliki belum pernah melakukan submit ke Bing
  • Mungkin Artikelnya tidak berkualitas! Siapa bilang Bing menginginkan artikel berkualitas, Bing hanya menginginkan pemberitahuan jika kamu mempunyai blog yang perlu dirayapi.
Dari asumsi diatas sebenarnya sedikit membingungkan, tidak ada titik jelas bagaimana bing bekerja untuk menampilkan apa yang kita inginkan, maunya bing apa sih biar artikel bisa cepat ditampilkan?

Satu satunya yang saya ketahui adalah Bing menginginkan artikel dalam Bahasa Inggris, karena ketika saya menulis sedikit artikel berbahasa inggris, Bing sangat semangat untuk menampilkan artikel di search engine. padahal artikel yang saya tulis tersebut sangat jelek sekali, hanya berisi ganbar-gambar saja, namun itu bukan alasan Bing untuk tidak menampilkan artikel tersebut.

Kenapa bisa begitu? (masih) mungkin karena Bahasa inggris adalah bahasa ibu bagi Bing, sehingga dengan otomastis Bing akan cepat mengenali artikel kita. hehehe.

Jadi kesimpulannya jika kamu ingin agar artikelmu cepat terindeks oleh bing, silahkan menulis artikel dalam bahasa inggris, tapi kalau kamu merasa gak familiar, lebih baik bersabar saja sampai Bing benar-benar berpihak kepadamu. 

Disqus Comments