Memainkan Smartphone Sebelum Tidur, Inilah Akibatnya


Smartphone memang sudah menjadi bagian dalam hidup manusia, bahkan sudah menjadi teman dimanapun manusia berada. baik di dalam kantor, di ruang makan, sedang nonton, sedang ngopi atau sebelum tidur, pasti rata-rata yang di lihat terakir adalah gadget Smartphone ini.
Tapi kalian tau gak efek negatif dari Smartphone yang di pelototin sebelum tidur, merasa gak kalau itu sesungguhnya sangat berbahaya bagi kesehatan kalian, kalau belum tau apa efek nya, kalian simak keteranganj dibawah ini ya.
  1. Dapat Merusak Penglihatan
    Mata adalah salah satu indra yang sangat penting. Mata adalah indra penglihatan yang telah bekerja seharian penuh dan butuh istirahat di malam hari, namun namanya sudah hobi menggunakan gadget sebelum tidur, alhasil mata yang seharusnya istirahat masih dipaksa membaca teks yang relatif berukuran kecil ditambah lagi dengan efek radiasi cahaya dari layar gadget yang langsung tertuju ke mata, tentu saja akan mempengaruhi kesehatan mata kalian, mungkin efeknya adalah rabun dini.
  2. Dapat Melemahkan Daya Ingat Otak
    Merasa semakin susah mengingat sesuatu akhir-akhir ini, hati-hati bisa jadi itu karena kebiasaanmu bermain dengan smartphone pada waktu  sebelum tidur. Penelitian di Perancis pada tahun 2009 menunjukkan bahwa waktu istirahat yang cukup dapat menstimulasi otak dalam memperkuat ingatan seseorang. Jadi, sederhananya adalah semakin berkurang waktu istirahat kamu maka semakin berkurang juga daya ingat kamu. Masuk kan?
  3. Merusak Otak: Meskipun Tidur tapi Otak tetap bekerja
    Otak adalah satu dari beberapa bagian tubuh yang terus bekerja selama 24 jam penuh. Saat tertidur pun otak tetap bekerja, meski intensitasnya tidak sebesar ketika tersadar. Oleh karena itu, jika seseorang terus menggunakan smartphone pada jam istirahat, tentu itu tidak baik untuk kesehatan otak dan bagian tubuh lainnya.
  4. Penyakit Jantung dan Stroke Dini
    Jangan mengira penyakit jantung atau stroke hanya menyerang orang yang sudah berumur. Kawula muda yang gemar memainkan smartphone sebelum tidur ternyata juga memiliki resiko besar mengidap penyakit ini. Kurangnya istirahat yang terus dilakukan setiap harinya menyebabkan tekanan darah menjadi tidak stabil dan parahnya lagi bisa mengakibatkan gagal jantung atau stroke. Sudah banyak sumber yang membahas tentang hal ini, harusnya Anda menyadarinya.
WOW, ternyata bahaya juga kan? masih berani menggunakan gadget sembelum tidur? walaupun ayik karena bisa chating atau browsing tapi ya diperhatikan kesehatan kamu juga lo. Jangan sampai bela-belain main HP sebelum tidur tapi malah menurunkan intesitas keshatan kamu.



Disqus Comments