Fungsi Rumus DAYS360 di Microsoft Excel 2013


Rumus DAYS360 adalah formula excel yang berfungsi untuk menghasilkan jumal hari dari dua tanggal yang dihitung dengan asusmsi  setahun sama dengan 360 hari. Dengan rumus ini kamu dapat menghitung jumlah hari antara 20-01-2013 sampai dengan 14-02-2015 dengan mudah.

Bentuk penulisan rumus ini biasanya ditulis seperti ini

=DAYS360(START_DATE;END_DATE;METHOD)

dimana Start_Date menunjukan waktu start dan End_Date menunjukkan waktu berakhir, seadngkah Method adalah pilihan yang dapat digunakan ketika ingin menghitung total hari menjadi minggu atau bulan atau tahun. 

Untuk memahami dengan mudah, perhatikan gambar tabel dibawah ini

Rumus DAYS360 menghasilkan total hari dari 2 tanggal yang di hitung, jika kamu menginginkan untuk menghitung Jumlah bulan dari hari yang dihasilkan silahkan membaginya dengan 30 (asumsi 1 bulan 30 hari) penulisan rumusnya seperti diatas =cell/30.

Di tabel paling bawah saya menambahkan simbol ?????? itu merupakan modifikasi dari rumus yang ada sehingga menghasilkan tulisa Tahun dan Bulan secara otomatis. cara membuatnya silahkan menggunakan rumus dibawah ini:

=TEXT(ROUNDDOWN(B9/12;0);"#")&" tahun "&TEXT((MOD((B9/12);1)*12);"0#")&" bulan"

Modifikasinya menggunakan rumus TEXT (nanti juga saya bahas), yang tujuannya adalah membulatkan jumlah hari menjadi tahun dan bulan. Nah gimana mudah bukan.

Sekian artikel saya tentang Cara Menggunakan Rumus DAYS360 di Microsoft Excel 2013, ikuti terus tulisan-tulisan saya mengenai ilmu microsoft excel, jika ada yang belum dipahami silahkan bertanya di kolom komentar dibawah ini. terimakasih.


Disqus Comments