Bantu saya menjaga blog ini tetap hidup. Ingin sedekah pulsa? di nomor ini: 0812 3175 6711

Fungsi Rumus IF di Microsoft Excel 2013

Cara Menggunakan Rumus IF di Microsoft Excel 2013 sangat mudah, seperti Cara Menggunakan Rumus AND di Microsoft Excel 2013, oh ya sudahkah kamu membaca artikel saya yang ini, jika belum saya rekomendasikan kepada kamu untuk membacanya melalui link dibawah ini:Cara Menggunakan Rumus AND di Microsoft Excel 2013

Rumus IF masuk kedalam rumus Logical, yang artinya bahwa rumus ini mengedepankan fungsi logika, seperti JIKA dan MAKA, IF (jika) digunakan untuk menguji kebenaran suatu kondisi sehingga menghasilkan nilai kebenaran yang diharapkan.

Biasanya rumus IF ditulis dengan formula seperti ini IF=(X,Y,Z), untuk menggunakan rumus ini secara langsung coba pahami contoh kasus dibawah ini.

CONTOH:
Seorang siswa dikatakan lulus ujian jika memiliki nilai rata-rata lebih besar dari 60, jika tidak mencapai nilai rata-rata 60 maka siswa tidak lulus.

FUNGSI RUMUS IF MICROSOFT EXCEL 2013
Dari contoh kasus diatas, mari kita buat table nilai dan penulisan formula yang akan kita gunakan, perhatikan tabel dibawah ini:



Note: Kolom nama ANI berada di Cell A3, silahkan urutkan posisi cell yang lain.

Dari table diatas Mas Trigus tuliskan juga penulisan rumusnya, sehingga formula ini =IF(D3<60;"TIDAK LULUS";"LULUS") dapat dibaca: Jika cell D3 lebih kecil dari 60 maka tidak lulus dan jika lebih besar dari 60 maka dinyatakan lulus, mudah bukan.

Lantas bagaimana cara mendapatkan nilai rata-rata dari beberapa nilai, itu gampang kok, sebagai cuplikan saja penulisan formulanya seperti ini =AVERAGE(X1,X2,....) nanti saya akan bahas bagaimana cara menggunakan rumus AVERAGE (rata-rata) lebih terperinci.

Sekian artikel tentang Cara Menggunakan Rumus IF di Microsoft Excel 2013, semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan komentar dibawah.

SILAKAN MEMBACA ARTIKEL LAINNYA:

Disqus Comments