Fungsi Rumus SUM di Microsoft Excel 2013


Menggunakan Rumus SUM di Microsoft Excel 2013 merupakan hal yang biasa digunakan oleh sebagian besar pengguna aplikasi Excel, karena SUM termasuk rumus standar untuk fungsi penjumlahan. 

SUM digunakan untuk menjumlahkan value yang ada di cell sehingga menghasilkan total angka yang dikehendaki, biasa sum dituliskan seperti ini =SUM(X:X) namun Mas Trigus akan memberikan beberapa alternatif penulisan rumus SUM namun tetap menghasilkan jumlah yang sama.

FUNGSI RUMUS SUM MICROSOFT EXCEL 2013

CONTOH:
Dari ujian yang diadakan sekolah SD Putra Bangsa, menghasilkan Nilai ujian dari masing-masing siswa dan masing-masing mata pelajaran, Jumlahkan nilai-nilai ujian tersebut sehingga menjadi jumlah total nilai per siswa.

Dari contoh diatas kita buat Contoh Table seperti ini 
NAMAN1N2N3TOTAL NPENULISAN RUMUS
Santoso705090210=SUM(B2:D2)
Santoso705090210=B3+C3+D3
Santoso705090210=SUM(B4+C4+D4)
Note: Kolom NAMA berada di cell A1

Saya tuliskan 3 alternatif penggunaan rumus SUM (jumlah) didalam table diatas namun tetap menghasilkan jumlah yang saya, sekarang saya akan jelaskan fungsi dari masing-masing rumus

  • Nilai pertama menggunakan rumus =SUM(B2:D2), jika dibaca akan seperti ini jumlahkan cell B2 sampai D2. Perhatikan tanda : ini mengindikasikan perintah Dari X Sampai Y. Nah penulisan seperti ini saya sangat berguna untuk menjumlahkan nilai yang panjang
  • Nilai kedua menggunakan rumus =B3+C3+D3, jika dibaca jumlahkan cell B3 dan C3 dan D3, seperti yang kalian lihat penulisan seperti ini hampir tidak menggunakan kata SUM, namun Excel tetap mengenali fungsi + sebagai SUM.
  • Nilai ketiga menggunakan rumus =SUM(B4+C4+D4), cara ini hampir sama dengan cara kedua, namun masih menggunakan SUM sebagai perintahnya dan juga tanda buka tutup kurung.
Nah ketiga alternatif tersebut hanya cara pertamalah yang saya rekomendasikan untuk kamu, karena selain lebih mudah ditulis juga mudah untuk dikenali.  Saya tuliskan alternatifnya sebagai bahan referensi kamu saja.

Sekian artikel tentang Cara Menggunakan Rumus SUM di Microsoft Excel 2013, semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada yang belum dimengerti silahkan bertanya dikolom komentar dibawah.

Disqus Comments