Fungi Tab Data Microsoft Excel 2013

Microsoft Excel icon=

Fungi Tab Data Microsoft Excel 2013 merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Fungsi Tab Formulas Microsoft Excel 2013, jika kamu belum membaca, saya persilahkan untuk membacanya melalui link dibawah ini
Fungsi Tab Formulas Microsoft Excel 2013
Fungsi dari Tab Data pada umumnya adalah kumpulan icon-icon aktif yang berfungsi untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari data ekternal. salah satu kelebihan microsoft excel ini adalah mampu mensinkronisasi data dari workbook dengan data dari workbook lain, sehingga mampu mengolah data lebih detail dan lebih mudah. perhatikan gambar dibawah ini


dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa Tab Data terbagi menjadi 5 group icon, diantaranya adalah Get External Data, Connections, Sort & Filter, Data Tools, dan Outline. Seperti biasa Mas Trigus akan membahasnya satu persatu agar dapat dipahami dengan mudah.

Penjelasan Menu Tab Formula di Microsoft Excel 2013


  1. Get External Data
    Adalah kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengambil data dari data eksternal untuk kemudian diolah kedalam dokumen lembar kerja Excel, group ini memiliki beberapa icon aktif, diantaranya:
    1. From Acces, berfungsi untuk memasukkan data dari Microsoft Acces.
    2. From Web, berfungsi untuk memasukkkan data dari Web, salah satu syarat agar dapat digunakan dengan melalui online.
    3. From Text, berfungsi untuk memasukkan data dari teks
    4. From Other Sourches, berfungsi untuk memasukkan data dari sumber lain, sumber-sumber itu bisa dari From SQL Server, From Analysis Services, From Windows Azure Marketplace, From OData Data Feed, From XML Data Import, From Data Connection Wizard, From Microsoft Query. Mas Trigus akan menjelaskan satu-persatu dari cara mengunakan data dari eksternal pada lain kesempatan.
    5. Existing Connections, berfungsi untuk memasukkan data dari sumber yang pernah digunakan sebelumnya.
  2. Connections
    Adalah kumpulan icon aktif yang berguna untuk mengolah data-data yang sudah di ambil (sinkron) sebelumnya, lebih gampangnya group ini adalah fungsi pendukung dari group Get External Data. beberapa icon aktif dari group ini adalah:
    1. Refresh All, berfungsi untuk menyegarkan data-data yang sudah disinkronkan dari sumber lain sebelumnya. Perlu kamu ketahui, biasanya data dari sumber lain yang sudah diupdate datanya tidak langsung terbaca oleh lembar kerja kita, hal mudah agar semua tersinkron dengan baik adalah dengan melakukan refresh.
    2. Connections, berfungsi untuk menampilkan semua koneksi yang ada di workbook sehingga kita tau dari mana saja sumber-sumber data yang telah me link ke workbook.
    3. Properties, berfungsi untuk melakukan pengaturan atau spesifikasi pada koneksi pada workbook.
    4. Edit Link, berfungsi untuk melakukan edit pada link yang telah dibuat, semisal kita ingin melakukan perubahan link pada sumber lain, kita bisa memakai icon ini.
  3. Sort & Filter
    Berfungsi untuk melakukan pengelompokan data berdasarkan spesifikasi yang kamu diharapkan, group ini mempermudah pengguna untuk melakukan penyajian data agar lebih mudah untuk dipahami. Beberapa icon aktif yang ada di group ini adalah:
    1. Sort A to Z, mengurutkan data yang ada di cell dari yang terkecil ke yang terbesar atau dari abjad A ke abjad Z, dari huruf 1 sampai huruf  9 (dan yang lebih besar.
    2. Sort Z to A, kebalikan dari sort A to Z, yaitu untuk mengurukan data dari terbesar ke yang terkecil.
    3. Sort, berfungsi untuk menampilkan dialog pengaturan sort yang lebih lengkap.
    4. Filter, berfungsi untuk melakukan penyaringan data di cell sesuai yang diinginkan.
    5. Reapply, berfungsi untuk melakukan filter ulang kembali.
    6. Advanced, berfungsi untuk melakukan filter lebih spesifik.
  4. Data Tools
    Pada umumnya berfungsi untuk melakukan pengolahan data di cell, beberapa icon aktif pada group ini adalah:
    1. Text to Columns, berfungsi untuk melakukan pengolahan tekt didalam cell untuk dipisahkan sesuai format yang ada, semisalnya didalam satu cell ada tulisan seperti ini "Mas Trigus Ganteng" maka tulisan tersebut dapat dipecah menjadi 3 cell dengan menggunakan format spaci sebagai pemisahnya. icon ini sangat diperlukan ketika kita melakukan copy paste tulisan dari word, text dll.
    2. Flash Fill, berfungi untuk menggabungkan dua kata didalam 2 cell menjadi 1 cell, fungsi ini sangat penting untuk digunakan menggabungkan nama lengkap yang terpisah dalam beberapa cell menjadi nama lengkap didalam satu cell. biasanya kamu bisa menggunakan formula CONCACENATE, namun Flash Fill bisa kamu gunakan lebih mudah lagi.
    3. Remove Duplicate, berfungi untuk menghilangkan value ganda atau baris yang terduplikasi.
    4. Data Validation, melakukan cek dan mencegah data yang tidak sah (valid) didalam cell.
    5. Consolidate, berfungsi untuk menyatukan beberapa range kedalam satu range.
    6. What-If Analysis, berfungsi untuk mencoba beberapa alternatif nilai pada formula.
  5. Outline
    Pada umumnya berfungsi untuk mengelompokkan beberapa baris cell menjadi kelompok yang lebih sederhana, ada 3 icon aktif didalam group ini:
    1. Group, berfungsi untuk mengelompokkan beberapa baris cell  panjang menjadi kelompok yang lebih pendek.
    2. Ungroup, kembalikan dari group, berfungsi untuk menampilkan baris data yang sebelumnya sudah di group.
    3. Subtotal, berfungsi untuk menghitung total beberapa baris data yang berhubungan.
Selesai, demikian penjelasan tentang Fungi Tab Data Microsoft Excel 2013 dari Mas Trigus, semoga bermanfaat bagi kita semua. untuk selanjutnya Mas Trigus akan menulis tentang Fungsi Tab Review Microsoft Excel 2013. ditunggu ya! Terimakasih. 

Disqus Comments