Fungsi Tab Home Microsoft Excel 2013

Mas Trigus Image=


Fungsi Tab Home Microsoft Excel 2013 ini Mas Trigus tulis sebagai lanjutan dari pembahasan artikel sebelumnya, jika belum membacanya, silahkan buka artikel tersebut melalui link dibawah ini
Mengenal Tampilan dan Fungsi Lembar Kerja Microsoft Excel
Untuk bisa menggunakan aplikasi Microsoft Excel, tentunya kita harus mengetahui dulu fungsi-fungsi yang telah disediakan dalam aplikasi ini. Agar kita mudah dalam memahami fungsi tombol-tombolnya, Mas Trigus akan menjelaskan satu persatu.

Pembahasan kali ini adalah mengenai Fungsi Tab Home Microsoft Office 2013 yang terletak di Menu Bar. Secara default Menu Bar Tab Home terbagi menjadi 7 menu bagian, yaitu: Clipboard, Font, Alignment, Number, Styles, Cells dan Editing, dan kita akan mempelajarinya tahap demi tahap
  1. Clipboard, (klik panah di pojok kanan bawah untuk melihat versi lengkapnya)
    Secara umum Clipboard adalah kumpulan icon yang berfungsi dalam urusan tempel menempel obyek, baik berupa teks maupun image, pada bagian ini ada beberapa sub menu, seperti
    1. Paste (Ctrl + V), Berguna untuk menempelkan obyek pada suatu tempat (cell). Perintah paste bisa digunakan jika sebelumnya sudah menggunakan Cut atau Copy.
    2. Cut (Ctrl + X), berfungsi untuk mengeksekusi sutau obyek baik berupa teks atau image dengan menghilangkan obyek aslinya.
    3. Copy (Ctrl + C), fungsinya hampir sama dengan Cut, namun untuk tombol ini tidak menghilangkan obyek aslinya. Untuk menggunakan fungsi diatas lazimnya dengan urutan seperti ini. Select Obyek (teks atau image) - Copy / Cut - Paste.
    4. Format Painter, berfungsi untuk menirukan format yang telah disetting sebelumnya, penjelasannya adalah, jika kamu ingin menerapkan setting pada obyek baru tanpa harus setting ulang, letakkan kursor pada obyek yang telah disetting dan tekan Format Painter lalu pindahkan cursor pada obyek yang ingin di samakan setingnya dan tekan Format Painter kembali.
  2. Font. (klik panah di pojok kanan bawah untuk melihat versi lengkapnya)
    Secara umum Font adalah icon yang berfungsi untuk mengatur format penulisan suatu obyek, baik jenis tulisan, ukuran tulisan, warna tulisan, dan lain-lain, Mas Trigus akan menjelaskannya
    1. Font, Font adalah jenis tulisan yang dipakai, umumnya Font default lembar kerja MS. Excel 2013 adalah Calibri, jika kamu ingin mengubah jenis tulisannya, klik tanda panah dan pilihlah Font sesuai keinginan kamu, lazimnya sebuah tulisan memakai jenis Arial, Times News Romas, Tahoma.
    2. Font Size. adalah icon yang berfungsi untuk menentukan ukuran Font, secara default berukuran 11.
    3. Increase Font Size, menentukan besar font dalam sekali klik (1 tingkat pembesaran Font)
    4. Decrease Font Size, menentukan kecil font dalam sekali klik (1 tingkat pengecilan Font)
    5. Bold (Ctrl + B), icon B berguna untuk mengatur ketebalan font.
    6. Italic (Ctrl + i), icon I  berguna untuk mengatur font menjadi miring kekanan.
    7. Underline (Ctrl + U) icon U berguna untuk memberikan garis bawah pada tulisan
    8. Borders, berfungsi untuk memunculkan garis pada Cell, bagian ini mempunyai banyak pilihan, kamu bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.
    9. Fill Color, berfungsi untuk memberikan warna pada Cell, kamu bisa memilih berbagai pilihan warna yang telah disediakan.
    10. Font Color, berfungsi untuk memberikan warna pada Font. kamu bisa memilih berbagai pilihan warna yang telah disediakan.
  3. Alignment. (klik panah di pojok kanan bawah untuk melihat versi lengkapnya)
    Secara umum adalah kumpulan icon yang mengatur tata letak penulisan pada Cell serta mengatur Cell itu sendiri, ada beberapa icon seperti
    1. Top Align, mengatur posisi teks pada cell tepat di atas
    2. Middle Align, mengatur posisi teks pada cell tepat di tengah
    3. Bottom Align, mengatur posisi teks pada cell tepat di bawah
    4. Align Left, mengatur posisi teks pada cell rata kiri
    5. Center, mengatur posisi teks pada cell tepat ditengah
    6. Align Right, mengatur posisi teks pada cell rata kanan.
    7. Orientation, mengatur posisi teks dari kiri kekanan, bawah keatas, atas kebahwah, diagonal dll
    8. Decrease Indent, memindahkan teks dalam cell ke kiri
    9. Increase Indent, memindahkan teks dalam cell ke kanan
    10. Wrap Text, berfungsi untuk menentukan letak teks sesuai ukuran cell
    11. Merge & Center, berfungsi untuk menggabungkan beberapa cell menjadi 1 
  4. Number Semua icon perintah yang terdapat di group Number digunakan untuk mengatur data nomor dalam suatu cell. Group Number terdiri dari: (1) Number Format, (2) Accounting Number Format, (3) Percent Style, (4) Comma Style, (5) Increase Decimal, dan (6) Decrease Decimal.
    1. Number Format, digunakan untuk mengatur format tertentu pada data jenis numerik yang terdapat dalam cell. Disini user dapat memilih opsi format data numeruk sesuai kebutuhan. Ada format Percentage untuk format persentase, dengan format jenis ini user dapat langsung menampilkan nilai persentase suatu data numerik tanpa perlu memasukkan rumus tertentu ke dalam cell.
    2. Accounting, digunakan untuk mengatur format harga sesuai dengan spesifikasi mata uang. Dengan format ini user tidak perlu sibuk lagi mengetik Rp (untuk rupiah). Seleksi daerah cell tertentu, lalu pilih salah satu opsi mata uang tertentu disini. Maka cell yang dipilih tadi akan menampilkan secara otomatis karakter mata uang.
    3. Percent Style, digunakan untuk memformat suatu data numerik dengan gaya persentase, nilai persentase akan muncul secara otomatis pada sel yang telah diformat.
    4. Comma Style, digunakan untuk menampilkan angka desimal sebagai angka bulat.
    5. Increase Decimal, digunakan untuk menambah jumlah digit setelah koma dalam bilangan angka desimal. Misal, 1200 –> 1200,0 –> 1200,00 dan seterusnya.
    6. Decrease Decimal, digunakan untuk mengurangi jumlah digit setelah koma dalam angka desimal. Ini berfungsi kebalikan dari Increase Decimal. Bila dalam satu range terdiri dari angka desimal dengan separasi yang berbeda, user dapat menyeragamkannya dengan perintah ini. Misal, {3,9}{3,5}{8,12} maka setelah di-Increase Decimal akan menjadi {3,90}{3,50}{8,12} sehingga separasi desimal menjadi sepadan.
  5. Styles
    Berfungsi untuk pemformatan cell. Dalam group ini terdapat 3 menu utama: (1) Conditional Formatting, (2) Format as Table, dan (3) Cell Styles.
    1. Conditional Formatting, digunakan untuk memformat cell sebagai diagram dari data yang terdapa di dalam cell tersebut. User dapat memvisualisasikan data dalam cell secara langsung di cell yang bersangkutan. Jadilah visualisasi sederhana dari dari data dalam cell. User dipersilahkan memilih jenis visualisasi data yang diinginkan. Blok range data, klik Conditional Formatting ini, maka kondisi data akan tervisualisasikan di dalam cell itu sendiri.
    2. Format as Table, dengan menu ini user dapat memformat cell sebagai tabel dengan segala tema dan warna yang spektakuler, namun tetap memberikan kesan estetika formal, sebagai ciri khas officer, tidak norak, sederhana, simpel, dan yang penting, nilai artistik akan terbentuk.
    3. Cell Styles, menu ini berfungsi untuk memformat suatu setiap cell sesuai sesuai dengan kondisi dan klasifikasinya. Dengan nemu opsi ini user mendesain lembar kerja dengan cell yang terklasifikasi dengan menggunakan warna sebagai kode hierarki. Setiap warna dapat menjelaskan berbagai kondisi dan status dari tiap. cell. Bila menu Conditional Formatting bertugas untuk tujuan visualisasi data number saja di dalam cell, maka Cell Styles ini bertugas untuk men-setting cell tanpa melihat, apakah data number atau karakter. Sehingga user dapat memberikan klasifikasi cell dengan warna tertentu. Lagi-lagi user ditawari sebuah solusi untuk memberikan kesan bahwa ia bukanlah officer yang monoton, Kesan artistik dan estetik bisa didapat disini, tentunya prosedur yang ditawarkan disini sesuai dengan misi Microsoft sebagai aplikasi yang menitikberatkan efisiensi waktu bagi para user-nya.
  6. CellsMenu parintah di group Cells ini digunakan untuk melakukan properti seputar sel yang terdapat di lembar kerja Excel. Dalam group ini terdapat 3 icon perintah: (1) Insert, (2) Delete, (3) Format.
    1. Insert, digunakan untuk menyisipkan kolom atau baris sel di tengah-tengah sel yang sudah terisi data. Ini sangat berguna bagi user yang merasa perlu menambahkan barisan sel atau kolom lagi di tengah data yang telah berjejer.
    2. Detele, dugunakan untuk menghapus baris sel maupun kolom aktif. Ini sangat berguna saat user merasa perlu menghapus barisan kolom maupun range data lainnya di tengah lembar kerja. Bila dalam masalah ini user menggunakan tombol Delete di keybord, maka yang akan terhapus hanya data dalam sel saja, sementara selnya tidak ikut terhapus. Dengan perintah Delete disini maka yang terhapus data dan sel terpilih secara bersamaan.
    3. Format, digunakan untuk melakukan properti seputar sel dan kolom yang sedang terpilih. Dengan perintah ini user memungkinkan untuk mengatur lebar sel maupun lebar kolom yang terseleksi. Suatu kasus yang terjadi, misalnya sel sudah tidak dapat lagi menampung karakter yang ukurannya lebih besar dibanding ukuran sel tersebut. Persis seperti “gajah masuk kandang kambing.” atau “baju bayi dipakai dewasa bertubuh tambun.” Agar tidak seperti itu maka user perlu melakukan setting lebar kolom maupun sel.
Demikianlah pejelasan singkat Fungsi Tab Home Microsoft Excel 2013, semoga bermanfaat untuk kita semua yang memerlukan.

Disqus Comments