Fungsi Tab Insert Microsoft Excel 2013

Microsoft Excel icon=


Fungsi Tab Insert Microsoft Excel 2013. selamat berakhir pekan sobat semua, kembali Mas Trigus mengulas tentang Tutorial Cara Cepat Belajar Microsoft Excel 2013, pada artikel sebelumnya Mas Trigus menulis tentang Fungsi Home, seilahkan dibaca pada link ini
Fungsi Tab Home Microsoft Excel 2013
Secara umum Tab Insert adalah fasilitas yang diberikan developer untuk menyisipkan suatu obyek kedalam lembar kerja, obyek yang dimaksud bisa berupa gambar, diagram, chart, smart art, maupun shapes dan banyak lagi yang bisa dimasukkan kedalam lembar kerja microsoft excel 2013. Jadi pada prinsipnya Microsoft Excel tidak hanya terfokus pada penghitungan aritmatika dan statistika, lebih dari pada itu aplikasi Excel memberikan kemudahan kepada penggunanya agar bisa menyajikan data secara akurat dan ilustratif secara visual. 

Sebelum membahas satu-persatu fungsi icon yang ada di Menu Insert, perhatikan gambar dibawah ini
Fungsi Tab Insert Microsoft Excel 2013
Tab insert terbagi menjadi 11 group windows (jendela), dimulai dari Tables, Illustrations, Apps, Charts, Report, Sparklines, Filters, Links, Text, Symbol dan disetiap group memuat beberapa icon yang semuanya berfungsi jika digunakan dengan benar. Yuk kita pelajari satu persatu.

Penjelasan Menu Tab Insert di Microsoft Excel 2013

  1. Tables
    Group ini berisi icon-icon yang berfungsi untuk membuat tabulasi data atau istilah saya adalah untuk membuat group data, ada beberapa icon didalam group tables:
    1. Privot Table, Disini terdapat dua icon perintah Pivot Table sendiri dan Pivot Chart. Pivot Table digunakan untuk menyisiipkan lembar kerja baru yang berisi ringkasan dari kolom dan baris. Perintah ini digunakan untuk mengkompilasi atau mengelompokkan data sesuai dengan field atau judul tabel di alamat kolom atau di baris cell.
    2. Recommended Privot Tables, berfungsi untuk membuat privot table sesuai template yang telah disediakan oleh pengembang.
    3. Table, icon ini digunakan untuk menyisipkan tabulasi (table) dari data yang sudah dipilih sehingga data tersebut menjadi lebih mudah untuk disortir atau disaring berdasarkan kriteria tertentu. baik dari urutan abjad A-Z atau Z-A, waktu dll.
  2. Ilustrations
    Adalah sekumpulan icon yang digunakan untuk menyisipkan objek visual ke dalam lembar kerja. ada beberapa icon didalam group ini, diantaranya:
    1. Pictures, berfungsi untuk menyisipkan gambar kedalam lembar kerja, sebagai pertimbangan kamu, karena excel bukanlah aplikasi untuk pengolah gambar, usahakan jangan melakukan insert gambar yang berukuran besar, karena dapat memperlambat proses kerja Ms, Excel.
    2. Online Picture, fungsinya hampir sama dengan icon picture, namun fungsi ini menyisipkan gambar secara online, sehingga kamu harus tersambung ke internet sebelum menggunakan icon ini, selain itu kamu juga dianjurkan untuk login sesuai username yang telah kamu daftarkan di akun microsoft.
    3. Shapes, umumnya memiliki beberapa bentuk geometris yang berguna untuk menyiyisipkan bentuk-bentuk geomatris tersebut kedalam lembar kerja. (klik shapes pada icon microsoft excel 2013 untuk memunculkan seperti gambar dibawah ini):
    4. SmartArt, berfungsi untuk menyisipkan objek hierarkis kedalam lembar kerja berdasarkan data yang telah di input, bentuk-bentuknya sudah ditetukan, kamu hanya perlu mengisi datanya saja. (klik SmartArt pada icon microsoft excel 2013 untuk memunculkan seperti gambar dibawah ini)
    5. Screenshot, berfungsi untuk menangkap tampilan layar aktif pada windows untuk disisipkan kedalam lembar kerja, screensot defaul biasanya akan menampilkan seluruh halaman aktif (maximize), untuk membuat screenhot sesuai keinginanmu gunakan screen clipping (klik screenshot dan pilih Screen Clipping.
  3. Apps for office
    Gunakan hanya jika kamu mempunyai aplikasi Microsoft Office premium
  4. Charts
    Adalah kumpulan icon yang berfungsi untuk menampilkan data numerik kedalam grafik maupun bentuk grafik lainnya meliputi Column, Line, Pie, Bar, Area, X Y (scatter), Radar dan Combo. Chart hanya berfungsi jika ada data yang telah di input sebelumnya. (nanti akan dijelaskan). perhatikan gambar dibawah ini:
    1. Privot Chart, fungsinya hampir sama dengan privot table, perbedaannya hanya pada tampilan, jika privot table mengelompokkan data berdasarkan kategori tertentu, maka privot chart mengelompokkan data untuk ditampilkan kedalam bentuk grafik.
  5. Reports
    Berfungsi membuat lembar laporan kedalam bentuk yang lebih profesional, cara ini bisa digunakan dengan mengaktifkan Power View terlebih dahulu. selain itu agar fungsi ini dapat bekerja dengan baik, kamu harus mengintsal Silverlight di komputermu (ada pembahasan lanjut).
  6. Sparklines
    Adalah kumpulan icon yang berfungsi untuk menampilkan mini chart kedalam cell. jadi Sparklines merupakan versi mini dari chart karena hanya membutuhkan ruang satu Cell saja. cara menggunakannya cukup mudah, namun tidak saya jelaskan disini, (ada pembahasan lanjut).
  7. Filters
    Fungsi ini merupakan fungsi yang paling saya gemari, karena saya dapat membuat filtering data yang cantik, fungsi Slicer dan Timeline merupakan paduan dari privot tables yang memungkinkan kita untuk bisa membuat dashboard pengolahan data. (ada pembahasan lanjut)
  8. Link / Hyperlink
    Adalah fungsi yang memungkinkan para pengguna untuk membuat link internal maupun ekternal dalam lembar kerja, link yang bisa di masukkan hampir tidak terbatas.
  9. Text
    Adalah sekumpulan icon yang berfungsi untuk mengatur menyisipkan obyek dalam bentuk Text, ada beberapa fungsi yang di berikan, seperti, 
    1. Text Box, menyisipkan kotak yang berisi teks, fungsi ini tidak terikat oleh cell.
    2. Header & Footer, Lazimnya untuk menyisipkan obyek di atas dan dibawah halaman, header footer berfungsi untuk memberikan nomor pada halaman lembar kerja.
    3. WordArt, berfungsi untuk menyisipkan model text yang artistik, juga tidak terikat oleh cell.
    4. Signature Line, berfungsi menyisipkan tanda tangan digital (biasanya dalam bentuk teks) kedalam lembar kerja.
    5. Object, berfungi untuk menyisipkan obyek dengan mengintregasikan aplikasi lain kedalam lembar kerja, nah fungsi ini bisa digunakan untuk membuat barcode namun di komputer kamu harus terintasl aplikasi Corel Draw.
  10. Symbols
    Kumpulan icon yang berfungsi untuk menyisipkan berbagai simbol kedalam lembar kerja. ada dua jenis simbol yang bisa dimasukkan.
    1. Equation, menyisipkan simbol-simbol matematika kedalam lembar kerja.
    2. Symbol, menyisipkan simbol-simbol yan ada didunia kedalam lembar kerja.
Nah sudah selesai pembahasan mengenai Fungsi Tab Insert Microsoft Excel 2013, untuk beberapa pekan ini Mas Trigus mencoba untuk lebih mengenalkan fungsi Ms. Excel 2013 kepada kamu, semoga dapat memberikan manfaat.

Disqus Comments