Fungsi Tab Page Layout Microsoft Excel 2013

Microsoft Excel icon=


Fungsi Tab Page Layout Microsoft Office 2013 merupakan artikel lanjutan dari postingan sebelumnya yang berjudul Fungsi Tab Insert Microsoft Excel 2013, saya merekomendasikan kepada kamu agar membacanya terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke artikel ini,
Fungsi Tab Insert Microsoft Excel 2013
Tab Page Layout pada umumnya adalah kumpulan-kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur tata letak maupun tampilan lembar kerja pada microsoft Excel, didalam Tab ini ada 5 group icon, diantaranya Themes, Page Setup, Scale to Fit. Sheet Options, Arrange, perhatikan gambar dibawah ini



Mari kita bahas satu persatu icon yang ada pada tiap-tiap group

Penjelasan Menu Tab Page Layout di Microsoft Excel 2013

  1. Themes

    Adalah sekumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja, tema yang terdapat pada microsoft excel ini masih bisa dicustom sesuka hati meskipun secara default sudah di sediakan oleh pihak pengembang, ada beberapa icon didalam group ini, diantaranya:
    1. Themes, untuk mengatur tampilan lembar kerja sesuai yang telah disediakan, baik font dan warna lembar kerja. Fitur ini dapat memberikan nuansa artistik selayaknya orang yang sudah profesional dalam hal desain layout, sehingga ketika di printout, dokumen menjadi semakin baik dalam segi pengaturan warna dan heading.
    2. Colors, untuk mengatur warna tema di lembar kerja. jika didalam tema yang telah disediakan belum membuat kamu puas (khusus warna), kamu bisa mengatur padua warnanya sesuai kesukaan kamu.
    3. Font, untuk mengatur jenis font (tulisan) tema di lembar kerja, jika font yang di berikan oleh themes belum pas menurutmu, kamu bisa mengubahnya lewat pengaturan ini.
    4. Effect, untuk mengatur efek shape yang digunakan pada lembar kerja. Biasanya shape yang digunakan secara default belum memuat unsur efek, dengan memakai fitur ini shape yang kamu masukkan didalam lembar kerja akan mempunyai efek seperti bayangan maupun efek 2d atau 3d.
  2. Page Setup

    Adalah kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur tata letak halaman seperti Margin (ukuran sisi kanan, kiri, atas, bawah), orientation (letak lembar kerja portrait atau landscape), ukuran kertas, Print are dan lain-lain. Group ini merupakan fitur paling penting dalam membuat suatu dokumen atau lembar kerja agar sesuai antara tampilan di layar monitor dan printout, ada beberapa icon yang mempunyai fungsi masing-masing, diantaranya:
    1. Margins, untuk mengatur ukuran lebar (batas) pada keempat sisi lembar kerja, sisi yang dimaksud adalah sisi kanan, kiri, atas dan bawah. didalam microsoft excel 2013 sebenarnya sudah di cantumkan setting default ukuran batas margin, namun kamu bisa mengaturnya sesuai keinginan.
    2. Orientation, untuk mengatur posisi lembar kerja (kertas), apakah berdiri (portrait) atau tidur (landscape)
    3. Size, untuk mengatur ukuran lembar kerja sesuai dengan dokumen yang akan dibuat, sebagai pertimbangan, jika kertas yang kamu gunakan untuk printout adalah kertas A4, maka atur size didalam Excel kamu menjadi A4 juga.
    4. Print Area, untuk menentukan lembar kerja yang akan di print didalam sheet aktif sesuai kebutuhan kamu, dengan fitur ini jika kamu hanya ingin melaukan printout pada bagian tertentu dalam sheet aktif, maka fitur ini bisa membantumu.
    5. Breaks, digunakan untuk memisahkan halaman, kolom teks, dll. Di dalamnya terdapat beberapa perintah yang mendukung untuk memisahkan halaman, memisahkan kolom teks, bahkan untuk mengakhiri seksi tulisan. Selain itu, juga menyediakan fasilitas untuk men-sett nomor halaman, juga berisi perintah untuk melanjutkan kembali format yang telah di-break sebelumnya.
    6. Background, untuk menyisipkan gambar di latar belakang pada lembar kerja
    7. Print Titles, digunakan untuk mencetak baris atau kolom judul pada setiap page/halaman pada jumlah lembar yang banyak, sehingga tidak perlu membuat kolom judul pada setiap lembar pada M.S Excel.
  3. Scale to Fit

    Adalah Kumpulan perintah yang berfungsi untuk mengatur Lebar, tinggi dan skala dalam lembar kerja. Didalam group ini telah disediakan pengaturan secara otomatis, namun masih bisa untuk di customisasi. Scale to fit termasuk kedalam group Page Setup, namun pihak pengembang aplikasi menaruhnya di ribbon agar memudahkan kita dalam bekerja.
  4. Sheet options

    Adalah kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur kondisi lembar kerja dalam satu sheet. perhatikan gambar diatas:
    1. Gridlines, adalah garis bantu yang ada didalam lembar kerja, garis bantu tersebut bisa dihilangkan dengan menghilangkan centang View di bawah Gridlines, Seperti sifatnya yang merupakan garis bantu, secara default garis tersebut tidak ikut keluar jika di printout, namun jika kamu ingin menampilkannya di printout, centanglah kotak Print dibawah Gridlines.
    2. Heading, adalah huruf berurutan (atas) dan angka berurutan (samping kiri) yang berguna untuk memberikan alamat pada satu cell. untuk menghilangkannya dari tampilan monitor, klik kolom view dibawah heading. Secara default heading tidak keluar jika diprintout, namun jika kamu ingin menampilkannya pada hasil printout, silahkan centang kolom print dibawah heading.
  5. Arrange

    Adalah kumpulan icon aktif yang memiliki fungsi untuk mengatur letak  posisi objek di antara teks, posisi objek dengan objek lainnya, mengatur aliansi objek di halaman dokumen. 
Selesai, Nah demikianlah penjelasan tentang Fungsi Tab Page Layout Microsoft Excel 2013, semoga bermanfaat buat kalian. jangan lupa tinggalkan komentar jika ada yang belum dimengerti.

Disqus Comments