Fungsi Tab Review Microsoft Excel 2013

Microsoft Excel icon=

Fungi Tab Review Microsoft Excel 2013 merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Fungsi Tab Data Microsoft Excel 2013, jika kamu belum membaca, saya persilahkan untuk membacanya melalui link dibawah ini
Fungsi Tab Data Microsoft Excel 2013
Fungsi Tab Review secara umum adalah icon aktif yang berfungsi untuk memeriksa ejaan penulisan, menterjemahakan bahasa penulisan kedalam bahasa lain, memberikan catatan (penjelasan) didalam cell dan melindungi (protect) cell, sheet maupun workbook dengan password, untuk selanjutnya mas trigus akan membahas lebih detail bagaimana cara melindungi data excel kamu agar aman.

Didalam menu bagian Review ini terbagi menjadi beberapa group icon aktif yang memiliki fungsi masing-masing, perhatikan gambar dibawah ini:

Tampilan Tab Review
Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa Tab Review memiliki 4 group icon aktif, diantaranya Proofing, Language, Comment dan Changes. Seperti biasanya Mas Trigus akan menjelaskannya satu persatu fungsi dari masing-masing icon.

Penjelasan Menu Tab Review di Microsoft Excel 2013

  1. Proofing
    Berfungsi untuk melakukan control bahasa yang digunakan didalam sheet, baik untuk mengecek kesalahan penulisan , mencari arti kata (terjemah), dan mencari kata dari data lain. ada 3 icon aktif, diantaranya:
    1. Spelling, berfungsi untuk mengecek ejaan teks yang benar sesuai kamus di microsoft excel 2013, secara default kamus yang telah disediakan berbahasa inggris, namun kamu dapat melakukan penambahan bahasa indonesia.
    2. Research, berfungsi menampilkan kotak dialog (terletak dikanan jika diklik) kamus untuk dijadikan refernsi penulisan ejaan yang benar.
    3. Thesaurus, berfungsi untuk menampilkan alternatif kata dari teks yang diketikkan di cell.
  2. Languange
    Berfungsi untuk menterjemahkan kata-kata yang telah di masukkan didalam cell, dari bahasa satu ke bahasa lain, kamu harus menginstal kamus bahasa indonesia terlbih dahulu didalam excel jika ingin menterjemahkan kata kedalam bahasa indonesia.
  3. Comment,
    Berfungsi untuk menyisipkan komentar atau catatan didalam cell, icon ini sangat berfungsi sekali jika kamu sedang membuat dokumen untuk digunakan orang lain agar dapat mengoperasikan dokumen sesuai maksud kamu. ada beberapa icon diantaranya:
    1. New Comment, berfungsi untuk menambahkan komentar baru didalam cell yang belum ada komentarnya.
    2. Delete, berfungsi untuk menghapus komentar yang ada di cell (jika sebelumnya sudah dimasukkan).
    3. Previous, berfungsi untuk melihat komentar sebelumnya.
    4. Next, berfungsi untuk melihat komentar selanjutnya.
    5. Show/Hide Comment, berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan komen yang telah dibuat agar tampil tanpa harus diklik atau mendekatkan cursor.
    6. Show All Comment, berfungsi untuk menampilkan semua komen yang telah dibuat agar tampil tanpa harus di klik atau mendekatkan cursor.
    7. Show Ink, menampilkan atau menyembunyikan ink didalam cell.
  4. Changes
    Berfungsi melindungi sheet atau workbook dengan password sesuai kriteria yang diinginkan oleh user, ada beberapa icon aktif didalam group ini:
    1. Protect Sheet, berfungsi untuk mengunci Sheet dengan password.
    2. Protect Workbook, berfungsi untuk mengunci workbook dengan password.
    3. Share Workbook, berfungsi untuk berbagi workbook sehingga memungkinkan untuk di edit oleh beberapa orang.
    4. Allow User to Edit Ranges, berfungsi untuk memberikan hak akses kepada pengguna lain untuk bisa melakukan editing range.
    5. Track Changes, berfungsi untuk untuk menelusuri perubahan yang dilakukan jika worbook digunakan bersama-sama.
Selesai, demikian penjelasan tentang Fungi Tab Revies Microsoft Excel 2013 dari Mas Trigus, semoga bermanfaat bagi kita semua. untuk selanjutnya Mas Trigus akan menulis tentang Fungsi Tab View Microsoft Excel 2013. ditunggu ya! jangan lupa komentar. Terimakasih.

Disqus Comments