Fungsi Rumus OR di Microsoft Excel 2013


DESKRIPSI
Rumus OR adalah formula excel yang berfungi untuk menghasilkan TRUE jika beberapa argumen bernilai benar dan FALSE jika semua argumen bernilai salah

PENULISAN RUMUS
Biasanya rumus OR ditulis seperti ini =OR(LOGICAL1;LOGICAL2;……..) dengan asumsi: Logical1 diperlukan, sedangkan nilai logika selanjutnya adalah opsional (tergantung pilihan). Kondisi 1 hingga 255 yang ingin kamu uji apakah TRUE atau FALSE. Namun sebenarnya rumus OR bisa di kombinasikan dengan rumus lain seperti IF. 

Sifat dari rumus ini bisa dijelaskan melalui tabel dibawah ini:
RumusDeskripsiHasil
=OR(TRUE)Satu argumen TRUETRUE
=OR(1+1=1,2+2=5)Semua argumen  FALSEFALSE
=OR(TRUE,FALSE,TRUE)Sedikitnya satu argumen TRUETRUE

CONTOH
Perhatikan tabel dibawah ini, dengan mengkombinasikan rumus OR dengan rumus IF untuk digunakan mempermudah menentukan peryataan apakah LULUS atau HER dari dua hasil nilai ujian siswa.
NAMANILAI-1NILAI-2HASILPENULISAN
AGUS9080LULUS=IF(OR(F2<60;G2<60);"HER";"LULUS")
WINA7045HER=IF(OR(F3<60;G3<60);"HER";"LULUS")
DIANA8067LULUS=IF(OR(F4<60;G4<60);"HER";"LULUS")
FREDI5060HER=IF(OR(F5<60;G5<60);"HER";"LULUS")

Yang perlu diperhatikan adalah mengenai ketepatan penulisan rumus, karena jika ada kesalahan dalam penulisan semua rumus excel bisa dipastikan tidak berfungsi dengan baik.

Demikian tulisan Mas Trigus tentang Cara Memakai Rumus OR di Microsoft Excel 2013, semoga dapat membantu kita dalam mengerjakan tuigas-tugas dengan menggunakan microsoft excel, semoga bermanfaat. jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom komentar,

Disqus Comments