Flash Asus Zenfone 5 (succeeded)


Flash Asus Zenfone 5 (succeeded). Jangan dikira postingan ini adalah hasil copas dari blog blog lain gan. Saya sendiri juga enek mencari cara Flash Asus Zenfone 5 kesana kemari tapi malah nyangkut di blog yang sukanya copas namun tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap harapan saya sendiri. 

Kemarin saya dimintai tolong sama keponakan untuk membetulkan Asus Zenfone 5, katanya beberapa konter hp lokal sudah pada angkat tangan untuk membetulkan ini HP, dan mereka dengan gagah berani merekomendasikan untuk membawa ke Asus Service, heem nyesek kan, belum berusaha udah gitu.

Aku merasa tertantang untuk ikut memecahkan teka teki ini, akhirnya aku lihat HP nya, weeh ternyata Asus Zenfone 5 versi TW (Taiwan) itu menurut cerita keponakan sendiri sih, hehe, memang dia baru pulang dari taiwan. setelah kuselidiki, usut punya usut saya mengindikasikan bahwa HP nya itu mengalami gagal loading alias stuk. untung sebelumnya saya punya pengalaman ngeflash Asus Zenfone 4 milik saya sendiri dan sukses. Namun untuk perkara Zenfone 5 saya tidak mau sok tau, karena ini adalah masalah pertama dari si zeni 5. oh ya udah baca cara ngeflas asus zenfone 4 belum? baca disini aja.

BACA JUGA:
Cara Terbaru Flash Zenfone 4 Dijamin Sukses
Cara Flash Asus Zenfone C Dijamin Sukses

Saya langsung menyanggupinya, karena saya yakin jika masalah software tidak ada yang tidak bisa jika saya tekun dan teliti serta sabar untuk menelitinya. Kalian tau apa yang kulakukan pertama kali setelah menerima kasus ini, seperti layaknya seorang detektif saya langsung berselancar didunia maya untuk mencari pemecahan masalah dari kasus ini. Namun kawan, saya dikecewakan oleh ulah para blogger yang memainkan keyword dan copas dalam meraup trafik. hampir seluruh tutorial yang saya temukan tidak memberikan cara yang benar untuk memecahkan masalah.

Kalau hanya menulis tutorial ringan tanpa memberikan alternatif pilihan jika gagal saja anak kecil juga bisa (anak kecil yang pinter blogging). Step by step saya mengikuti tutorial yang saya temukan di google search namun hasilnya nihil. Bahkan tutorial hasil copas yang isinya sama (benar benar sama) tetap saya ikuti, jadi berulang ulang kali saya mengikuti tutorial namun HP Asus Zenfone 5 menolak cara-cara itu.

Akhirnya dengan melakukan penerawangan dan olah batin (saking gue sudah stress dan diambang pintu menyerah) langsung saja saya gunakan cara trial and error sehingga menemukan cara jitu untuk menghidupkan si Zeni 5 ini. saya berikan tutorialnya untuk kalian.

HARDWARE UNTUK ALAT TEMPUR
  1. 1 buah laptop segala ukuran.
  2. 1 buah kabel data (itu yang di charger).
  3. Internet wajib ada.
SOFTWARE UNTUK ALAT TEMPUR
  1. Download USB Driver disini (kalau udah punya ya gak usah)
  2. Download ADB Fastboot tool disini (link punya orang, kalau udah punya ya gak usah denlod)
  3. Download Stok room nya disini. Ingat kawan, sesuaikan tipe zenfone kamu. Apakah keluaran Taiwan (TW), World Wide (WW), China (CN) atau CHT. itu semua bisa kalian ketahui melalui menu about di hp atau lihat kardus HP kamu, agtau lihat dibalik chasing. Kalau punya saya versi TW jadi saya download UL-ASUS_T00F-TW-2.21.40.30-user.zip. Perhatikan juga fersi T nya, karena ada bermacam macam seperti T00J, T00F dll. dan untuk versi firmware nya akan lebih baik jika sobat tau versi firmare dari pabriknya, atau jika tidak tau download versi terbarunya (tutorial ini menggunakan versi terbaru)
Jika semua sudah siap, kita sudah bisa melakukan flashing Zeni 5, ikuti langkah langkah nya.
  • Instal USB Driver (yang tadi sudah kamu denlod)
  • Ekstrak ADB Fastboot tool dari winrar, sehingga menjadi folder saja
  • Ekstrak juga Firmware nya dari  UL-ASUS_T00F-TW-2.21.40.30.zip. menjadi UL-ASUS_T00F-TW-2.21.40.30-user.zip. (karena ada rar didalam rar). letakkan hasil ekstrak ke folder ADB Fastboot tool.
  • Buka UL-ASUS_T00F-TW-2.21.40.30-user.zip dan carilah file yang bernama recovery.img, klik kanan terus esktrak without confirmation. file recovery.img hasil ektrak otomatis berada di dalam folder ADB.

Nah sampai disini apakah saudara saudara sudah mengikuti dengan benar, mudah mudahan sudah seperti yang saya katakan tadi
  • Matikan (Power Off) Zenfone 5.
  • Masuk ke Mode "Zenfone Fastboot Mode" dengan cara menekan tombol power dan volume up secara bersama-sama. Setelah itu akan terdapat menu Zenfone Fastboot mode diantaranya, yaitu : Reboot Droidboot, Reboot, Recovery, Factory Reset, dll
  • Kalau sudah masuk ke menu fastboot mode, sekarang kita akan memindahkan (replace) file recovery.img dari komputer ke Handphone sobat. caranya sambungkan Handphone dan komputer terlebih dahulu melalui cable data (saya yakin sobat sudah paham dan tau agar Zenfone Asus bisa terhubung dengan Komputer dengan baik, jadi saya tidak perlu membahasnya).
  • Jika sudah terhubung, sekarang buka CMD di komputer sobat, agar CMD langsung mengarah kedalam folder masuk kedalam folder ADB tadi, tekan dan tahan tombol Shift + klik kanan mouse dan pilih Open Command window here.

  • didalam CMD, untuk memasukkan file recovery.img ketikkan fastboot flash recovery recovery.img. (ingat Handphone masih didalam fastboot mode)
  • Perhatikan Hanphone kamu, apa ada pergerakan, keberhasilan ditandai dengan pergerakan di CMD yang menyatakan succes dan juga pergerakan  di HP yang menyatakan sukses.
  • Recovery.img sudah masuk kedalam HP, sekarang waktunya kita masuk kedalam menu recoveri.
  • Didalam fastboot mode pilih menu "recovery". 
  • Nanti kita akan dihadapkan pada gambar robot android yang terlentang dengan tulisan "No Command" atau tidak ada tulisan, hanya gambar robot android terlentang dengan tanda seru merah diatasnya. Nah, pada tahap ini anda diharuskan untuk masuk ke mode "Android System Recovery" dengan cara menekan dan menahan vol down (tekan tahan), lalu menekan tombol vol up (tekan lepas), maka kita akan dihadapkan pada mode "Android System Recovery" dengan pilihan menu "reboot system now", "apply update from adb", "wipe cache", dll.
  • Pilih apply update from adb
  • Sekarang kita tes apakah komputer dan handphone sudah terhubung dengan baik (seharusnya sudah, kan tadi fastbootnya udah jalan) ketikkan adb devices. kalau nyambung bakalan terlihat keterangan di cmd bahwa handphone kamu tersambung, cirinya itu ada kumpulan angka.
  • Sekarang ketikkan adb sideload UL-ASUS_T00F-TW-2.21.40.30-user.zip. yang saya tandi merah itu menyesuaikan dengan nama firmware kamu.
  • Lihat CMD apa ada loading angka yang diiukuti %. jika ada berarti sedang prose copy file dari Komputer ke HP. tungu sampai 100%.
  • Jika sudah 100% dengan otomatis HP akan melakukan updating data, proses ini sangat menentukan keberhasilan dari proses flash, karena stres saya muncul pada proses ini, jika gagal tentu kita cari cara lain, namun proses yang saya tulis ini adalah yang sudah saya praktekkan dengan hasil SUCCEEDED.
  • Udah selesai proses flashnya? kalau sudah didalam recoveri mode akan muncul pilihan menu untuk reboot, namun pastikan kalian tidak menemukan pesan eror (ingat kalau eror segera cari cara lain)
  • Setelah reboot tunggulah beberapa saat sampai HP benar-benar melewati loading menuju tampilan awal. kalai sudah masuk tampilan awal berarti cara ini sudah berhasil. dan selamat
Cara Flash Asus Zenfone 5 (succeeded) ini sudah saya praktekkan sendiri dan berhasil, namun jangan langsung down ketika tidak berhasil, ingat saya hanya membagikan pengalaman, jika ada kesalahan dalam melakukan flashing dengan cara saya ini, saya tidak bisa dimintai pertanggung jawaban. banyak sekali kemungkinan eror pada hp jadi kenali dulu apakah masalah kita sama. terimakasih kawan. 

Disqus Comments