Kisi-Kisi Pertanyaan Seleksi Wawancara Calon PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan)


Beberapa saat yang lalu iseng-iseng Mas Trigus menulis artikel yang berjudul Bocoran Soal Ujian Tulis PPK Kabupaten Trenggakek tahun 2015, tidak disangka bahwa trafik yang dihasilkan dari tulisan seperti itu sangat banyak, padahal artikel yang saya tulis bukanlah soal bocoran, melainkan hanya tulisan Fun (humor) saja, namun melihat banyaknya pengunjung yang membuka artikel tersebut Mas Trigus menjadi merasa bersalah, seharusnya saya tidak menulisnya seperti tapi, tapi lebih kepada kisi-kisi yang termaktup dalam undang-undang (kisi-kisi soal sebenanrnya dijelaskan didalam uindang-undang PKPU No 3 Tahun 2015).
KISI-KISI SOAL TES TULIS PPK (versi beneran)
Untuk membayar rasa penyesalan tersebut, Mas Trigus berniat untuk berbagi kisi-kisi pertanyaan yang akan di tanyakan oleh komisioner saat tes wawancara pemilihan PPK. Kisi-kisi ini bukanlah bocoran melainkan isi dari undang-undang PKPU.

Didalam Pasal 29 PKPU No 3 Tahun 2015 berbunyi:

Ayat (1) berbunyi:
KPU/KIP Kabupaten/Kota melakukan seleksi wawancara pada calon PPK  yang lulus seleksi tertulis sebagaimana dimaksud dalam pasal 28 ayat (6).

Ayat (2) berbunyi:
Materi seleksi wawancara sebagaimana dimaksud pada ayat (1)  meliputi:
  • Rekam jejak calon anggota PPK;
  • Pengetahuan tentang pemilihan, yang mencakup tugas, wewenang, dan kewajiban PPK, penelitian syarat dukungan Pasangan Calon Perseorangan, teknis pemungutan suara, penghitungan perolehan suara, dan rekapitulasi penghitungan perolehan suara.
  • Klarifikasi tanggapan masyarakat.
UU PILKADA TERBARU 2015 (LENGKAP)
Nah hanya itu saja sih pertanyaan-pertanyaan yang bakal keluar dari para komisioner, cakupan kisi-kisi yang akan ditanyakan sebenarnya sudah di jelaskan secara gamblang, namun adakalanya pertanyaan jebakan terkadang juga diberikan, makanya hati-hati.

Bagi yang sebelumnya belum pernah mengikuti tes wawancara, mungkin artikel ini bisa membantu kamu, baca melalui link dibawah ini
15 Pertanyaan jebakan saat Wawancara
Demikianlah tulisan Mas Trigus tentang Kisi-Kisi Pertanyaan Seleksi Wawancara Calon PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) semoga bisa membantu dan menambah kePEDEan kamu saat wawancara seleksi PPK. Terimakasih

Disqus Comments