Mendahulukan Kualitas Blog Dari Pada Mendahulukan Uang

Kualitas blog

Saat pertama kali mengenal blogger banyak dari kita berpikiran tentang uang dan akhirnya memutuskan untuk menggeluti dunia blog dengan harapan mendapatkan uang, yah mungkin saja banyak dari para blogger yang termotivasi untuk mendapatkan uang dari pekerjaan ngeblog ketimbang motivasi untuk membangun blog yang berkwalitas agar bisa dinikmati oleh para pengguna internet.

Membangun blog untuk mendapatkan uang sebenarnya sah sah saja, tidak ada larangan untuk itu, namun acapkali dampak dari motivasi ini mengakibatkan seorang blogger menjadi terlena dan kalap untuk segera mendapatkan uang dengan cepat, akhirnya cara-cara yang mungkin saja akan mengakibatkan turunnya kwalitas blog  dilakukan, seperti melakukan copy paste sembarangan, memasang iklan iklan pop up yang menggangu atau sekedar memasang aplikasi untuk meningkatkan jumlah trafik secara ilegal.

Ditahun 2005 disaat ngblog masih dianggap asing dan masih mudah untuk diterima Google Adsense (GA), seorang teman saya membangun blog dengan niche sofware seperti crack sofware, keygen maker dan sofware premium yang di bajak sehingga seseorang bisa mendapatkan software premium secara cuma-cuma. Tentu tujuan dari teman saya itu adalah untuk mendapatkan uang sebanyak banyaknya dari blog, dengan akun GA yang telah di approve dia melakukan optimasi terhadap blognya sehingga tampak tidak wajar, banyak pop up, banyak iklan, artikel copas, dan tentunya sofware bajakan. 

Usahanya pun membuahkan hasil, karena dalam sebulan ditahun 2005 dia sudah mendapatkan gaji dari GA sebesar Rp. 5.000.000,- dan berlaku sampai beberapa tahun lamanya. Sebenarnya cara ini juga benar, bahwasanya dengan fokus pada sesuatu maka dia akan mendapatkan sesuatu. Namun teman saya tidak mengindahkan dampak apa yang akan dia terima. Akhirnya google menghapus akun GA nya beserta earning yang belum diambil, yang lebih parah lagi blog yang sudah bertahun tahun dia bangun ikut dihapus oleh google.

Fenomena ini tentunya bisa kita ambil sebagai pelajaran, lebih baik mana Mendahulukan Kualitas Blog dengan Mendahulukan Uang? itu semua tergantung pada kebijaksanaan masing-masing, apakah dia memilih untuk senang melakukan (maaf= kecurangan) atau dia ingin melakukan tahap demi tahap membangun blog sehingga menjadi blog yang bisa bertahan sampai kapanpun.

CIPTAKAN MEANING

Membuat blog yang setiap hari update artikel asli tulisan sendiri itu memang sulit, apalagi jika aktifitas ngeblog adalah sampingan, tidak bisa dipungkiri bahwa ini adalah pilihan sulit dibandingkan dengan copas hasil tulisan orang untuk diposting di blog sendiri. Kendati demikian kemabilah pada niat ngeblog, untuk apa sih kita ngeblog?

Kalau saja pilihannya untuk mendapatkan uang, coba renungkan kembali akan kejadian yang menimpa teman saya diatas, sebagai  seorang blogger saya sangat yakin jika kita semua menginginkan blog yang kita buat bisa tetap eksis selamanya. tidak was-was akan pinalty dari google, hanya saja kita memang perlu tekun, mendapatkan uang dari blog itu perkara mudah, asalkan kita bisa membuat blog yang benar-benar berkwalitas.

MENDAPATKAN UANG DARI BLOG BERKWALITAS

Bukan perkara gampang sobat, namun juga bukan perkara yang mustahil. kunci dari kualitas blog adalah sabar, tekun dan dinamis. Sabar dalam arti harus bisa menerima trafik sesedikit mungkin jika blog kita masih berumur 2 minggu, Tekun dalam menulis artikel yang berkwalitas agar orang senang datang ke blog yang kita bangun, dan dinamis dalam memahami perkembangan dunia internet. so kalau niat sudah sangat yakin ingin ngeblog, kenapa tidak membuat blog yang berkwalitas sekalian.

Saya sendiri juga belum profesional dalam ngeblog, dan juga belum mempunyai blog yang berkwalitas, namun saya telah berniat untuk mewujudkan itu semua. jangan dikiran saya ini tidak pernah copas, di awal awal saya ngeblog postingan saya hasil kopas semua.

Namun kini dunia telah berubah, proses pendewasaan dari ngeblog sudah mulai terasa, untuk apa duduk berjam jam di depan komputer hanya untuk menciptakan blog yang suatu saat akan di banned oleh google. Nah untuk membuat blog berkwalitas mungkin cara-cara dibawah ini bisa dipakai:
  1. Hentikan copy paste. adakah seorang blogger yang bisa sempurna dari artikel hasil copas, mungkin sekarang ada, tapi saya rasa besok sudah tidak ada. seperti teman saya itu, disaat dia sedang dipuncak kejayaan saya rasa dia terbaik, namun ketika blognya dihabisi oleh google saya menganggapnya sebagai sebuah keberuntungan saja.
  2. Memulai menulis sederhana namun asli. Menulis itu mudah saja jika kita sudah terbiasa, seperti waktu kita berjalan tentunya saat pertama kali melangkahkan kaki akan sangat terasa sulit, namun karena terus berusaha akhirnya menjadi terbiasa, sekarang kita bisa lari bukan. ini sama halnya dengan menulis atau kegiatan apapun, asalkan sudah terbiasa semua pasti terasa mudah.
  3. Mencari tutorial blog dari sang ahli blog, ada satu tutorial yang di posting ulang menjadi ribuan posting, dan pastinya saat kita sedang mencari tutorial di google search akan diarahkan kepada salah satu artikel tersbut, tahukah kalian mana yang asli dan mana yang cuma hasil copas. saya sendiri juga kesulitan mendapatkannya, untuk itu tidak ada salahnya jika kita bergabung di dalam forum blogger. carilah mana orang yang benar benar mastah. seperti blog juragancipi.com, mas-sugeng.com atau kompiajaib.com itu adalah orang-orang yang ahli dalam bidangnya.
Ketiga cara diatas hanyalah alternatif pilihan, sudah banyak para mastah menulis kiat-kiat membangun blog berkwalitas dan silahkan dicari sendiri. oh ya. dari sekian banyak karya. hanyalah karya kegiatan bloginglah yang mudah untuk disajikan kepada orang lain. jadi banggalah untuk berkarya sendiri


Disqus Comments