Rumus Dasar pada Microsoft Excel 2013


Fungsi rumus (formula) dasar adalah untuk melakukan penghitungan terhadap data yang ada di Microsoft Office  Excel  2013.  Setiap  penggunaan  formula  dasar,  kita  harus  mengawalinya dengan  tanda sama dengan (=). Tanda sama dengan (=) dimaksudkan untuk mengawali sebuah fungsi di Microsoft Office Excel  2013.  Yang  perlu  diperhatikan  adalah  alamat  dari  data tersebut, jika  salah mengetikkan alamatnya, maka data tersebut akan bernilai salah (#VALUE). Fungsi-fungsi dasar tersebut antara lain.

Aritmatika Dasar  : Fungsi penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), dan pembagian (/).

SUM: Berfungsi untuk menjumlahkan data.


Terdapat  sebuah data Barang yang terdiri dari Spidol, Penghapus, Penggaris, Pensil, dan  Buku Tulis.Masing-masing barang tersebut memiliki jumlah yang tidak sama dengan barang yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari berapa jumlah barang secara keseluruhan, kita dapat menggunakan rumus SUM. Dengan mengetikkan alamat C2 sebagai data pertama, hingga C6 sebagai data terakhir sehingga dapat diketahui keseluruhan jumlahnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut penggunaan rumus SUM, silahkan mengunjungi link ini 

MIN: Berfungsi untuk mencari nilai terendah dari kumpulan data.


Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Mahasiswa dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari nilai terendah dari semua nilai adalah menggunakan fungsi MIN. Dengan mengetikkan alamat C2 sebagai data pertama, hingga C9 sebagai data terakhir sehingga dapat diketahui berapakah nilai terendahnya.

MAX: Berfungsi untuk mencari nilai tertinggi dari kumpulan data.


Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Mahasiswa dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari nilai tertinggi dari semua nilai adalah  menggunakan fungsi MAX. Dengan mengetikkan alamat C2 sebagai data pertama, hingga C9 sebagai data terakhir 
sehingga dapat diketahui berapakah nilai tertingginya.

AVERAGE: Berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dari kumpulan data.


Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Mahasiswa dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari nilai rata-rata dari semua nilai adalah menggunakan fungsi  AVERAGE.  Dengan  mengetikkan  alamat  C2  sebagai  data  pertama,  hingga  C9  s ebagai data terakhir sehingga dapat diketahui berapakah nilai rata -ratanya.

Untuk mengetahui lebih lanjut penggunaan rumus AVERAGE, silahkan mengunjungi link ini 

COUNT: Berfungsi untuk menghitung banyaknya data.


Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Mahasiswa dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari jumlah mahasiswa jika kita menghitung dari jumlah nilainya adalah menggunakan fungsi COUNT. Dengan mengetikkan alamat C2 sebagai data pertama, hingga C9 sebagai data terakhir sehingga dapat diketahui berapakah jumlah mahasiswanya. 

Untuk mengetahui lebih lanjut penggunaan rumus COUNT, silahkan mengunjungi link ini

CONCATENATE  : Berfungsi untuk menggabungkan data antar kolom.


Untuk  menggabungkan  data  pada  kolom  Subjek  dan  Domain,  maka  diperlukan  fungsi 
CONCATENATE untuk menggabungkannya.

Demikian tulisan Mas Trigus tentang Rumus Dasar pada Microsoft Excel 2013, semoga bermanfaat bagi kita semua, apabila ada yang belum jelas, kamu bisa bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.


Disqus Comments