Aplikasi Pemantau Kinerja DPR di Berbagai Tempat

Aplikasi Pemantau Kinerja DPR di Berbagai Tempat

Kira-kira apa ya yang dilakuin para anggota DPR saat ini ya, kok jarang sekali muncul di permukaan, eh sekali muncul selalu ada kontroversi, kebanyakan sih yang dimuat adalah berita tentang kemakmuran mereka seperti mobil harus baru dan mahal, gajinya digedein, korupsi uang negara, malah baru baru ini muncul kasus prostitusi. walah apa itu memang benar ya?

Tidak seperti waktu kampanye dulu, demi untuk mendapatkan dukungan suara dari masyarakat, para anggota DPR yang sudah jadi ini rela bersusah susah menuruti keinginan rakyat nya, ada yang ngasih bantuan, menghadiri pengajian, sering jadi pembicara, bahkan rela untuk datang di tempat kotor yang ada dipelosok desa. Namun setelah mereka jadi hampir sebagian masyarakat merasa kehilangan sosok calon DPR ini, mereka tidak lagi tampak di permukaan. Namun tenang dulu rakyat, sekaang udah ada aplikasi yang bisa buat memantau kegiatan para DPR ini.

Nama aplikasinya “DPR KITA” adalah aplikasi dari Perludem (Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi) yang memiliki semangat dan tujuan untuk semakin mendekatkan hubungan antara anggota DPR dengan masyarakat di daerah pemilihannya melalui komunikasi dua arah. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat berinteraksi secara langsung dengan para wakilnya di parlemen. Anggota DPR juga dapat menanggapi dan memberikan perkembangan terbaru dari aktifitas yang dilakukan selama masa kerjanya. Secara lebih spesifik fitur-fitur aplikasi yang dimiliki DPR KITA adalah sebagai berikut:

1. Geo Tagging
Aplikasi ini juga menggunakan sistem berbasis lokasi (location based system) sehingga memungkinkan masyarakat untuk langsung melihat Anggota DPR dari dapil secara realtime berdasarkan tempat dibukanya aplikasi. Sehingga anggota DPR yang muncul dihalaman user ialah anggota DPR yang berasal dari daerah pemilihan dimana aplikasi ini dibuka.

2. Biodata Anggota DPR
Melalui fiitur ini masyarakat dapat mengenal lebih jauh anggota DPR melalui biodata lengkap dari anggota DPR mulai dari riwayat pendidikan, perjalanan politik, organisasi, dan pekerjaan. Sumber data dari biodata ini adalah dari situs KPU dan Wiki DPR

3. Update Status dan Foto Untuk Anggota DPR
Melalui fitur ini setiap anggota DPR dapat mempublikasikan berbagai bentuk kegiatan maupun informasi lainnya melalui update status ataupun dalam bentuk visual seperti foto-foto kepada masyarakat. Bahan dari fitur ini adalah update langsung dari anggota DPR

4. Aspirasi
Dalam fitur aspirasi masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada anggota dewan yang berasal dari daerah pemilihanya dalam bentuk status/foto yang terhubung langsung dengan anggota DPR. Sehingga anggota DPR dapat membalas dan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat yang memberikan aspirasi kepada dirinya.

5. Berita dan Infografis
Melalui fitur berita masayrakat dapat melihat update berita yang terkait dengan anggota DPR secara individual dan juga berita-berita terkait dengan fungsi-fungsi dari DPR secara kelembagaan seperti pembahasan undang-undang tertentu. Di dalam fitur ini juga terdapat fitur infografis yang akan memberikan pendidikan sosial dan politik pada pengguna aplikasi dan menampilkan data dengan tampilan menarik

6. Agenda
Dalam fitur agenda masyarakat dapat melihat berbagai jadwal kegiatan di DPR seperti jadwal persidangan.

7. Dukung
Melalui fitur dukung, user atau masyarakat dapat langsung berlangganan terhadap update/postingan dari anggota DPR terntentu sesuai dengan preferensi mereka.

Bagaimana sobat tertarik untuk mendapatkannya, silahkan cari di Playstore dengan keyword DPR Kita (By Perludem) dan silahkan pasang diponsel kamu, untuk Info lebih lanjut, silahkan kunjungi http://dprkita.org dan http://perludem.org. Terimakasih

Disqus Comments