Kesuksesan Ngeblog Seorang Navia Dengan Niche Resep Masakan


Sobat MTB yang sedang berbagia, sudah pada tahu dengan Navia belum? ituloh serial drama keluarga dari negara india yang ditayangkan di salah satu Stasiun  TV Indonesia, tepatnya di chanel ANTV, tayang setiap hari mulai pukul 18.00 s/d 18.30 WIB. di Indonesia serial drama ini cukup diminati oleh kalangan wanita, tidak tahu kenapa, mungkin karena ingin belajar dan meniru Navia dalam bersabar menghadapi cobaan yang begitu keras menerpanya.

Sedikit cerita saja sobat, navia ini adalah cewek cantik yang lahir dari keluarga sederhana yang menikah dengan pemuda ganteng bernama Anan yang lahir dari keturunan ningrat, pernikahan mereka dilandaskan dengan kisah cinta yang lumayan romantis, namun karena di India sana masih berlaku sistem Kasta, menjadikan pernikahan mereka ini setengah tidak direstui oleh keluarga dari sang lelaki. 

Berbagai cara jahat dilakukan oleh para sesepuh Anan agar pernikahan mereka bubar, mulai dari intimidasi kepada Navia, persekongkolan terselubung antar anggota keluarga, sampai fitnah-fitnah yang diharapkan mampu me-renggang-kan kisah kasih antara Anan dan Navia, namun karena drama berseri ini ingin lebih menonjolkan kekuatan cinta sehingga membuat hubungan suci mereka semakin renggang saja.

Lalu apa hubungannya dengan nge-Blog? kok MTB menulis judul Kesuksesan Ngeblog Seorang Navia Dengan Niche Resep Masakan, apa memang ada hubungannya antara ngeblog dan sinetron?.

Jadi begini kawan MTB semua, singkat cerita ibu mertua Navia ini mempunyai bakat dalam hal mengolah masakan, namun karena tradisi yang masih tidak mengindahkan emansipasi wanita, membuat ibu mertua Navia ini juga tidak dihormati didalam rumah, termasuk suaminya sendiri, mertua lelaki Navia.

Meskipun ibu mertuanya ini pernah berbuat tidak baik kepada nya, namun karena kesabaran Navia ini sungguh tiada batas, maka Navia berunding dengan Anan untuk bisa mengangkat keahlian sang ibu dalam memasak kedalam dunia maya, akhirnya mereka memutuskan untuk membuat blog dengan niche resep makanan, tujuannya cukup jelas, jika saja blog tersebut bisa menjadi trend bagi masyarakat disana, tentu ibu mertua Navia akan lebih di hormati didalam rumahnya.

Lalu Navia dan Anan membuat blog tersebut, pertama kali masih posting satu artikel saja, harapan Navia adalah ingin agar 1 postingan-nya tersebut mendapat tanggapan (like) dari pembaca, Namun sampai tengah malam tidak ada satu tanggapan pun yang menghampiri blog tersebut, merak berdua akhirnya tidur.

Keesokan harinya Navia membuka kembali laptopnya dan meng-koneksi-kan ke internet, dengan terburu buru dia membuka blog hasil ciptaannya, dengan harapan penuh agar ada tanggapan dari pembaca. Ternyata ada 1 tanggapan dari pembaca, 1 aja lo yah bukan 10 atau 100, namun 1 tanggapan tersebut membuat Navia menjadi luar biasa senangnya, semangatnya menjadi berkobar dan berniat untuk memposting artikel artikel lain yang bertemakan resep masakan.

Jadi didalam sinetron tersbut, dalam jangka waktu 3 hari Navia berhasil mendapatkan 2500 komentar pada postingan yang belum genap 10. Sumpah kawan MTB, saya sangat sangat sangat terharu dan meneteskan airmata, tega bener film tersebut mengejek upaya ku selama ini. Saya perlu waktu 1 bulan untuk mendapatkan pengunjung dan komentar, itupun belum sampai pada angka 2500 komentar.

Namun upaya dan semangat Navia tersebut dapat diambil pelajaran loh, MTB tidak berbicara mengenai SEO nya atau tentang Submit blog ke webmaster dan Bing, atau melakukan blog walking untuk mendapatkan backlink, ataupun teknik share artikel ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Gplus dll. Namun yang MTB maksud adalah fokusnya si Navia dalam membuat blog.

Fokus pertama terletak pada niche yang dia tentukan, yaitu hanya mengulas tentang resep masakan, tidak gado gado seperti MTB, yang kedua adalah bagaimana dia bisa terus berharap kedatangan pengunjung meskipun itu hanya sebuah harapan, Ketiga,Navia selalu mencari ide kreatif untuk posting artikel, mungkin yang diposting adalah resep yang diberi ibunya, namun hal tersebut malah sangat bagus untuk kita tiru, artinya carilah sumber tulisan dari yang memang benar benar ahli dalam bidangnya, dan terakhir meskipun ini hanya film saja dan terlihat seperti mustahil, tujuan dari membuat blog bukan hanya sekedar uang, melainkan ke-berguna-an-nya bagi orang lain. MTB rasa ini adalah kunci ngeblog yang sederhana namun sering kita temukan dari artikel artikel mastah yang menulis tentang SEO blog. awesome

Disqus Comments