Membuat Toko Online Agar Mudah Memasarkan Produk

ilustrasi toko online

Toko online adalah toko yang di gunakan untuk menjual barang dan jasa melalui internet. Dengan memanfaatkan toko online seorang penjual bisa menawarkan barang atau jasa yang dijual tanpa harus bertemu langsung dengan pembeli. Dan pembeli pun bisa melihat terlebih dahulu barang atau jasa yang hendak ia beli melalui toko online yang telah dibuat oleh penjual.

APA MANFAAT TOKO ONLINE?
Program pemasaran produk melalui toko online biasanya lebih menekankan untuk menciptakan content (isi) yang menarik, hal ini diperlukan untuk mengajak pembaca agar tertarik dan mau membagi/ menyebarkan pilihan barang yang ada di toko online melalui jejaring sosial (social network). Pesan yang menyebar dari satu pengguna ke pengguna lain ini semakin lama akan menyebar ke banyak orang melalui internet, kalau saya asumsikan jika ada 1000 orang yang melihat barang-barang yang ditawarkan melalui internet kemungkinan ada 1 sampai 10 orang yang tertarik untuk membeli produk tersebut. Jadi model pemasaran seperti toko online ini keberhasilan nya digerakkan oleh informasi dari satu orang ke orang lain, dari satu akun ke akun lain dan bukan karena membayar iklan kepada pengiklan.
Jual beli barang hanya dengan sentuhan? tidak ada yang mustahil jika anda punya toko online
Secara sederhana dengan membuat toko online seseorang akan menjadi lebih mudah dalam memasarkan barang, tidak perlu duduk ditoko menunggu pembeli seharian selama sehari penuh, bahkan tidak perlu repot melayani pembeli untuk memilih barang barang ditoko, karena hal tersebut sudah ada di dalam toko online, jika ada pembeli yang menginginkan barang tersebut, sang penjual hanya perlu mengirimkan barang yang diinginkan pembeli melalui jasa kirim barang, tentunya setelah uang ditransfer loh.

Selain itu, membuat toko online juga memberikan manfaat signifikan bagi pebisnis online, diantaranya adalah:
  • Mudah untuk memulai usaha 
Zaman dulu proses mendirikan usaha memerlukan waktu yang relatif lama. Dari memulai mengembangkan konsep sampai dengan menjalankan usaha tentu tidak bisa dilakukan hanya dalam hitungan minggu, jika usaha dilakukan serius bahkan bisa mencapai waktu 1 tahun untuk bisa mendirikan usaha yang baik. Namun di zaman yang serba modern ini hanya dibutuhkan waktu yang sangat pendek untuk memulai usaha, sebuah survey yang dilakukan oleh aliansi Konsultan Bisnis BDS (Business Development Service) menyatakan bahwa rata-rata dibutuhkan waktu hanya 3 bulan dari konsep bisnis menjadi agar menjadi usaha real. Hal ini sangat memungkinkan karena berbagai informasi untuk memulai usaha sudah tersedia di internet dan cara berbisnis, model bisnis dan cara pemasaran tidak lagi terpaku pada aturan-aturan lama.
  • Usaha tidak harus dari kantor atau toko 
Sudah umum terjadi sekarang bahwa siapa saja yang punya akses internet akan bisa memulai usaha dan menjalankan usaha mereka dari mana saja, tidak harus dengan mempunyai toko atau kantor. Bisnis menggunakan toko online dari mulai menjual barang, layanan, sampai jasa konsultasi pun sudah bisa dilakukan melalui internet. Tersedianya berbagai platform untuk membuat blog toko online, adanya media sosial seperti Facebook, Youtube dan Twitter membuat pemasaran menjadi semakin mudah, terjangkau, terfokus dan juga mendunia.
  • Tidak memandang usia pebisnis 
Sekarang ini kebanyakan pelaku usaha adalah anak muda yang pandai memanfaatkan internet dan media sosial, bentuknya seperti toko online. Usia pelaku bisnis pemula juga semakin muda, seringkali anda menemukan cerita anak-anak di bangku SMU sudah memulai usaha mereka dengan memanfaatkan toko online. 

KENAPA PEMASARAN DI TOKO ONLINE MUDAH?
Toko online adalah platform yang mudah diakses oleh siapa saja yang memiliki internet, meningkatnya layanan seseorang yang dilakukan akan memperkuat brand awareness (eksistensi merek) dan juga memudahkan untuk meningkatkan layanan pelanggan. Terlebih lagi toko sosial juga merupakan jalan pintas usaha yang relatif murah, sehingga siapa saja bisa melakukan tanpa harus mempunyai modal banyak.

Menurut data Kominfo, jumlah pengguna internet di Indonesia melebihi angka 80 juta orang, termasuk pengguna Facebook dan Twitter maupun media sosial yang lain. Bisa dibayangkan betapa banyak kesempatan yang bisa diraih oleh para pebisnis online, saya rasa ini adalah sarana yang sangat mudah untuk melakukan pemasaran produk yang anda miliki.

Mengetahui beberapa alasan yang sangat masuk akal diatas seharusnya membuat anda tergiur, tidak ada salahnya mencoba asalkan dengan tingkat keseriusan tinggi, rencana usaha memang tidak bisa ditinggalkan begitu saja, jika anda memang serius ingin membuat toko online, ada baiknya konsultasi terlebih dahulu kepada pakar toko online, anda bisa mencoba menghubungi jejualan.com misalnya.

Toko online adalah sarana yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan banyak dari para pengguna internet, kalau saya menyebutnya seperti ini, "Jual Beli Barang hanya dengan Sentuhan Jari". Jadi tunggu apalagi, kalau anda punya barang yang layak untuk dijual, kenapa tidak mencoba toko online. Kalau ada yang mudah kenapa harus repot. Dibawah ini adalah salah satu situs yang menyediakan pembuatan toko online profesional, penasaran? yuk lihat langsung penjelasan mereka

Disqus Comments