Mengubah Kapitalisasi huruf yang tepat (normal) di Microsoft Excel 2013

Mengubah Kapitalisasi huruf yang tepat (normal) di Microsoft Excel 2013

Mengubah Kapitalisasi Huruf di Microsoft Excel 2013 ternyata memiliki kerumitan tersendiri dibandingkan dengan merubah besar kecil atau kapitalisasi huruf di Microsoft Word, jika di MS Word terlah disediakan menu untuk mengubah kapitalisasi huruf dengan sekali klik, namun di MS Excel kita harus menggunakan rumus agar bisa merubah kapitalisasi huruf dengan tepat.

Ketika sedang mengetik tulisan di komputer banyak dari kita melakukan beberapa kesalahan penulisan kapitalisasi, misalnya huruf yang di awal penulisan seharusnya diawali dengan huruf besar namun kita menulisnya dengan huruf kecil. Namun hal ini sudah diantisipasi oleh pembuat aplikasi, didalam microsoft excel 2013 terdapat formula yang bisa merubah kondisi seperti ini yakni:
  • Fungsi PROPER – menjadikan huruf pertama di setiap kata menjadi huruf besar
  • Fungsi UPPER – mengubah teks menjadi huruf besar semua
  • Fungsi LOWER – mengubah teks menjadi huruf kecil semua
Untuk menggunakan fungsi diatas silahkan perhatikan gambar dibawah ini:
Mengubah teks menjadi huruf besar, huruf kecil, atau kapitalisasi font yang tepat (normal)
Mengubah teks menjadi huruf besar, huruf kecil, atau kapitalisasi font yang tepat (normal)
Dengan menggunakan fungsi rumus PROPER, UPPER dan LOWER kita bisa lebih mudah melakukan pembetulan terhadap penulisan kata yang salah tanpa harus mengetik setiap kata satu persatu. Selain cara diatas kita juga bisa menggunakan fungsi isian flash di microsoft excel 2013, cara ini juga lebih mudah di terapkan tanpa harus menggunakan rumus.

Apa itu ISIAN FLASH?
Adalah fungsi yang disediakan oleh pengembang MS Excel untuk mengenali aktifitas pengetikan yang kita lakukan di MS Excel, sebagai contoh, ketika saya mengetik kata "mastrigus blog" di salah satu cell, MS Excel melakukan record aktifitas tersebut, dan ketika saya akan mengetikkan kata "mastrigus blog" di cell lain, secara otomatis excel menyajikan rekomendasi kata tersebut tanpa kita minta. saya rasa kalian pernah menemui fasilitas ini.

Bagaimana cara menerapkan ISIAN FLASH untuk merubah kapitalisasi huruf? 
Contoh: Kamu telah mengetik nama-nama orang yang ada di kelas A kedalam fotmat yang disediakan dengan menggunakan huruf besar semua, padahal menurut petunjuk kolom nama harus di tulis dengan mengunakan huruf Besar di setiap awal kata, agar kamu tidak bekerja dua kali, manfaatkan Isian Flash mengikuti cara sesuai gambar dibawah ini

Mengubah Kapitalisasi huruf yang tepat (normal) di Microsoft Excel 2013 menggunakan isian flash
Mengubah Kapitalisasi huruf yang tepat (normal) di Microsoft Excel 2013 menggunakan isian flash
Dari penjelasan diatas dapat disimpulan bahwa untuk mengubah Kapitalisasi huruf yang tepat (normal) di Microsoft Excel 2013 bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama dengan memakai fungsi rumus PROPER, UPPER dan LOWER dan yang kedua dengan memanfaatkan Isian Flash. semoga artikel Mengubah Kapitalisasi huruf yang tepat (normal) di Microsoft Excel 2013 bermanfaat bagi semua.

Disqus Comments