Bingung Menulis Artikel? Coba Trik Mudah Menulis ini

mastrigus.com. Menulis didalam blog yang kita miliki supaya mendapatkan trafik pengunjung tinggi hukumnya memang harus wajib bagi setiap blogger, karena jika kita mempunyai blog lalu tidak kita isi dengan tulisan atau konten yang lain terus mengharapkan pengunjung datang itu namanya mustajab bin mustahil alias tidak mungkin atau ora mungkin. Konsekuensi membuat blog memang seperti itu apalagi jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih kita harus menulis artikel setiap hari minimal satu, heemmmm bayangin tuh gak enak kan jadi seorang blogger, akan tetapi kalau sudah mendapatkan hasilnya, boro-boro bilang gak enak, bilang nyesel aja berat.

Bingung Menulis Artikel? Coba Trik Mudah Menulis ini

Seperti yang saya katakan diatas, mengisi blog dengan tulisan fresh setiap hari sangat direkomendasikan oleh para mastah blogger dan webmaster, alasannya cukup sederhana, memberikan kesan baik kepada pengunjung atau pembaca bahwa kita sebagai pemilik blog benar-benar konsisten dan mampu menyuguhkan informasi terbaik bagi mereka, sehingga mereka tidak merasa rugi telah mengunjungi blog kita, masuk akan bukan?

Namun urusan menulis bukanlah sesuatu yang mudah, butuh pengetahuan, butuh ketlatenan, butuh konsistensi, butuh dana atau modal (buat temen menulis biasanya harus menyediakan rokok + kopi + koneksi internet + komputer dan yang paling penting, butuh inspirasi untuk kita tuangkan dalam tulisan yang kemudian disuguhkan kepada para pengguna internet) dan yang terakhir butuh sabar. Semuanya harus kita kuasai supaya kita sebagai seorang bisa memberikan informasi terbaik bagi para pembaca.

Alasan klasik yang paling banyak menghantui para blogger adalah bagaimana mengisi blog dengan tulisan segar setiap hari? faktanya apa yang kita ketahui sangatlah terbatas, belum lagi apa yang kita ketahui tersebut belum tentu kita sukai, alhasil meskipun banyak informasi yang bisa kita tulis didalam blog namun karena tidak kita sukai akhirnya mengurungkan niat untuk menulis, jadi sampai disini sudah gagal. Oh ya meskpiun didalam kepala kita ada ide yang sudah siap untuk ditulis, apabila tidak kita kuasai ide tersebut malah menjadikan kita terlihat seperti orang yang sok tau, hehe (mudah-mudahan tulisan ini tidak sok tau ya).

Ada ide namun tidak menguasai topik tersebut? ini mudah untuk dipecahkan, triknya adalah, sejauh mana niatan kita untuk menulis topik tersebut apabila kita sudah niat, pasti akan menjadi sebuah tulisan apik, maka yang perlu dipersiapkan adalah?
  • Pastikan apakah topik tersebut sudah sesuai dengan blog kamu?
    Mastah bilang ini berkaitan dengan niche. Niche adalah suatu tema bahasan yang kamu terapkan di blog, ada banyak sekali niche yang bisa di terapkan, kalau mastrigus.com sendiri niche gado-gado alias campuran, karena memang blog ini konsen pada publikasi pengalaman mas trigus setiap hari, diskripsinya saja kan experience sharing media, berarti blog ini sebagai media tempat berbagi pengalaman, nah kembali ke pokok masalah. apabila kamu sudah mempunyai ide untuk ditulis di dalam blog kamu dan kamu sudah yakin kalau itu sudah sesuai dengan niche, maka secarang waktunya:
  • Mencari informasi mengenai topik tersebut. Referensi tulisan itu sangat diperlukan sobat, karena terkadang kita tidak tahu informasi yang benar mengenai topik tersebut, misalnya kamu menerapkan niche tentang android didalam blog kamu, lalu ada produk android baru yang akan kamu jadikan topik bahasan, jika kamu tidak mencari informasi mengenai hal tersebut dan langsung saja menulisnya, rasanya mustahil akan menjadi tulisan yang baik dan menarik.
  • Berbicara dengan orang yang menguasai topik tersebut. Jika dengan mencari informasi melalui internet atau buku masih saja tidak mengerti, ada baiknya kamu melakukan diskusi dengan orang lain yang kamu anggap mumpuni dengan topik tersebut. Dari obrolan ini kemungkinan besar kamu akan mendapatkan informasi yang lebih dan mendapatkan inspirasi lain, jadi cara ini bisa anda gunakan.
  • Jika masih kurang paham, saya sarankan untuk meninggalkan topik yang lahir dari ide mu tersebut. Cobalah untuk mencari ide yang lain yang masih sesuai dengan niche blog kamu.
  • Masih saja bingung? ini cara terkahir namun kamu harus berkorban dengan mengeluarkan modal lagi, belilah buku yang membahas sesuai dengan niche kamu. Ini cara yang saya tempuh apabila sudah benar-benar tidak mempunyai ide untuk ditulis. Misalnya saya bingung mau menulis tentang kesehatan yang membahas obat-obat herbal, karena saya awam dengan hal tersebut sedangkan keinginan untuk menulis tentang kesehatan begitu kuat, saya bela-belain untuk membeli buku. Meskipun saya hanya mengambil bagian cara membuat ini dan itu namun itu sudah cukup untuk dijadikan bahan untuk menulis.
Menulis itu memang berat, namun apabila sudah terbiasa maka akan menjadi ringan bahkan bisa menyebabkan ketagihan. Namun kesabaran harus selalu dalam mode on, apabila kesabaran dalam mode off, bisa-bisa virus copas bisa berbisik kepada telinga anda untuk melakukan copas dari hasil tulisan orang lain, kasihan bukan. Jadilah penulis yang bijak. Nanti pasti akan kita dapatkan hasilnya, SETUJU? 

Disqus Comments