Cara Mudah Convert 100 File Word, Excel, Power Point ke PDF Dengan Sekali Proses

mastrigus.com Bagi orang-orang yang setiap hari pekerjaannya memegang komputer, nama file bereksistensi word, excel, power point dan pdf bukanlah sesuatu yang tabu, karena aplikasi ini merupakan aplikasi standar yang dijadikan basic dalam pengoperasian data-data perkantoran, hampir di setiap kantor yang mempunyai komputer, aplikasi microsoft office  dan  aplikasi PDF Reader bisa dipastikan sudah terinstal di komputer tersebut. Sebenarnya selain aplikasi tersebut juga ada aplikasi yang sejenis yang kegunaannya hampir sama dan bisa digunakan untuk mengolah data, namun bagi kebanyakan orang aplikasi besutan microsoft lah yang paling familiar dan paling banyak diminati.

Hampir disetiap kesempatan, kita selalu bersinggungan dengan microsoft word, aplikasi pengolah kata-kata ini memang sangat bagus untuk digunakan, misalnya saja untuk membuat draft surat menyurat, membuat laporan kerja, membuat makalah ataupun membuat skripsi, begitu juga dengan microsoft excel, aplikasi yang memang dikhususkan untuk mengolah data numeric ini sudah tidak perlu diragukan lagi jika harus berurusan dengan angka, dengan banyaknya formula didalam aplikasi ini sehingga dapat memanjakan kita untuk mengolah angka dengan mudah, BACA: Tutorial Cara Cepat Belajar Microsoft Excel 2013.

Namun menggunakan aplikasi besutan microsoft tersebut juga belum cukup, untuk jenis pekerjaan tertentu kita perlu memproteksi data dari word, excel maupun power point supaya tidak berubah saat diberikan kepada orang lain, salah satu jalan untuk bisa membuat proteksi ini supaya tidak berubah adalah dengan cara merubah ekstensi word, excel dan power point kedalam format pdf. PDF merupakan kepanjangan dari Portable Document Format, itu artinya PDF membuat file seperti excel dan word menjadi portable, portable bisa diartikan sebagai file yang bisa dibuka tanpa harus repot, jadi sekali buka langsung bisa ditampilkan.

Contoh sederhana! pernahkah kamu mengetik dokumen didalam microsoft word dengan menggunakan versi word terbaru, misalkan MS Office 2013, suatu ketika komputer kamu rusak, namun untungnya dokumen tadi sudah kamu simpan di flashdisk. Kamu meminjam komputer teman kamu untuk membuka dokumen word tadi, kebetulan teman kamu masih memakai versi MS Office 2003, nah dokumen yang kamu buat di word versi 2013 tadi tidak bisa kamu buka di word versi 2003. pasti yang keluar adalah sekumpulan kode.

Nah jika saja kamu sudah merubah dokumen tadi ke format pdf, kamu tidak perlu susah lagi, karena file pdf bisa dibuka dengan memakai pdf reader versi berapa saja, namun sayangnya apabila kita telah merubah file word atau excel ke pdf, untuk mengembalikan ke format sebelumnya tentu juga akan mengalami kesulitan, namun dengan kekurangan ini justru ada kegunaan positif dari pdf, yaitu untuk memproteksi data word dan excel yang telah kita buat supaya tidak dapat dirubah oleh orang lain. 

CARA MEMBUAT FILE PDF
Membuat file PDF itu sangat mudah, bahkan kita bisa membuat atau meng-convert file seperti excel dan word atau file dari MS Office dengan MS Office sendiri, versi MS Office terbaru memang sudah memberikan fasilitas export to pdf, jika kamu belum tau, silahkan membaca artikel ini Convert Microsoft Word 2013 to PDF. Selain itu kamu juga bisa memakai aplikasi lain yang bisa untuk meng-convert ke PDF, coba cari melalui link ini. Cara-cara yang sering dipakai oleh kebanyakan orang memang mudah, yaitu bisa mengkonversi word atau excel ke pdf, namun sayangnya kebanyakan hanya bisa melakukan konversi file tunggal saja, apabila file yang akan kita convert berjumlah banyak, bisakah kita melakukan itu dengan mudah? jawabnya bisa.

Cara Mudah Convert 100 File Word, Excel, Power Point ke PDF Dengan Sekali Proses
mastrigus.com bisa melakukan ini dengan memakai aplikasi NITRO 10 PRO, aplikasi ini memang berbayar namun anda bisa mencari yang versi trial saja, untuk mendapatkan versi Pro, anda bisa mencari nya di google atau melalui link ini, NITRO 10 Pro

Dengan memakai aplikasi ini kamu dapat merubah 100 file dengan format word atau excel ke pdf hanya dengan sekali klik, jadi kamu tidak perlu repot lagi. lalu bagaimana cara memakainya?
  • Pertama silahkan menginstal aplikasi NITRO 10 Pro di komputer kamu
  • Siapkan beberapa file yang akan kamu convert sekaligus, sebaiknya letakkan dalam satu folder
  • Buka NITRO PDF yang telah kamu instal tadi
  • Masuk ke menu HOME - pilih PDF - cari dimana file yang ingin anda convert - Drag file kamu lalu klik open - setelah itu file masuk ke NITRO PDF - Klik Create tunggu beberapa menit file kamu akan segera jadi.
Supaya lebih mudah silahkan ikuti petunjuk gambar dibawah ini

Cara Mudah Convert 100 File Word, Excel, Power Point ke PDF Dengan Sekali Proses
Gambar 1. Cara memakai NITRO 10 PDF
Cara Mudah Convert 100 File Word, Excel, Power Point ke PDF Dengan Sekali Proses
Gambar 3. Cara memakai NITRO 10 PDF

Cara Mudah Convert 100 File Word, Excel, Power Point ke PDF Dengan Sekali Proses
Gambar 2. Cara memakai NITRO 10 PDF

Gimana saudara-saudara, mudah banget bukan, dengan cara ini kamu tidak perlu lagi capek klik klik mouse untuk mengkonversi banyak file ke pdf, jadi waktu anda bisa digunakan untuk keperluan lain. Selamat mencoba. jika ada yang salah mohon maaf, silahkan saya dikritik.

Disqus Comments