Menghapus Postingan Blog yang Direkomendasikan Google

mastrigus.com. Pernahkah kalian membuat postingan blog yang isinya tidak memenuhi standar webmaster namun memperoleh trafik pengunjung luar biasa? dan karena alasan tertentu sobat ingin menghapus postingan yang telah terindex oleh google tersebut dari search engine dan blog tentunya.

Seperti saya sendiri, blog mastrigus.com ini sebelumnya banyak memposting artikel yang tidak mematuhi standar webmaster ayang telah ditentukan, namun trafik yang saya peroleh lumayan banyak, dan seiring berjalannya waktu akhirnya saya memutuskan untuk menghapus sebagian artikel tersebut. Alasannya cukup jelas, blog ini telah insaf (cie yang sok alim) dari mempublikasikan konten yang tidak mendidik bagi masyarakat, meskipun hanya sekedar foto (agak sedikit vulgar) namun bisa-bisa dianggap menyalahi aturan dari google sehingga menyebabkan blog terhapus ataupun iklan GA yang terhapus, tentunya sangat disayangkan jika itu harus terjadi.

Urusan hapus menghapus artikel yang sudah terindeks oleh google search ternyata harus memenuhi kaidah standar yang telah ditentukan supaya efek negatif tidak berimbas kepada blog sendiri, karena jika kita hanya melakukan penghapusan artikel dari menu blogger bisa menyebabkan terdepaknya blog dimata google, kenapa bisa begitu? ya karena hasil pencarian orang melalui google search yang mengarah ke blog kita ternyata tidak ada apa-apanya alias Broken Link, Error Crawl, dan 404 Not Found. Meskipun sepel namun bisa membuat blog kita dikategorikan sebagai blog yang tidak SEO.

Nah untuk itu, jika sobat ingin melakukan penghapusan kepada salah satu atau banyak postingan dari blogger, saya sarankan untuk mengajukan permintaan kepada google supaya menghapus juga link atau tautan blog yang dihapus dari google indeks. caranya cukup mudah:


  1. Silahkan login ke Google Webmaster Tools,
  2. Pilih Blog yang postingannya akan sobat hapus
  3. Pada sidebar sebelah kiri pilih Hapus URL
  4. Disebelah kanan pilih Buat permintaan penghapusan baru, Ketikkan URL yang ingin dihapus (peka huruf besar kecil). Supaya tidak perlu mengetikkan URL yang ingin dihapus, silahkan buka daftar postingan yang ada menu blooger kemudian copy tautan atau link artikel lalu pastekan di form permintaan penghapusan.
  5. Konfrimasi dengan cara menekan Terus.
  6. Setelah itu akan keluar kolom halaman dialog berisi: http://www.mastrigus.com/bla..bla..bla ini akan menghapus semua kemunculan http://www.mastrigus.com/bla..bla..bla dari hasil penelusuran Google, Untuk penghapusan permanen, konten harus dicekal oleh robot.txt. lalu tekan Kirim Permintaan.
  7. Tunggu sampai 1x24 jam, artikel anda yang telah di hapus melalui webmaster tool tadi akan hilang dari google search.
  8. Setelah 24 jam cek apakah url postingan tadi sudah hilang dari google searc, apabila sudah kamu bisa melakukan delete postingan dari blogger.
Dengan cara ini kita bisa mengantisipasi terjadinya Broken Link, Error Crawl, dan 404 Not Found sehingga bisa meminimalisir nounce rate. Selamat mencoba sobat MTB.

Disqus Comments