Membangun Personal Branding Melalui Blog - Belajar dari maxmanroe.com

Personal Branding. Maxmanroe.com adalah blog yang membahas tentang internet marketing beserta bahasan lain yang tidak kalah penting, seperti halnya blogging, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi. Sesuai dengan nama blog, ternyata nama pemilik blog maxmanroe sebenarnya adalah Marixon Manurung dengan alamat URL maxmanroe.com. Kalau saya kait-kaitkan dengan ilmu bisnis, Mas Max ini memakai blognya sebagai Personal Branding.

Untuk membuktikan bahwa perlu untuk membangun personal branding didalam blog seperti yang telah dilakukan oleh Max, bisa dengan cara memakai analogi sebagai berikut. Nama saya adalah Trigus, maka saya membuat blog dengan judul tidak terlalu jauh dengan nama saya, pilihan jatuh pada nama Mas Trigus. Supaya orang lebih mudah menghafal blog yang telah kita bangun, saya buat alamat blog dengan menggunakan nama saya, yaitu mastrigus.com Jadi ada korelasi antara nama sendiri, nama blog dan alamat blog.

Sekarang coba perhatikan maxmanroe.com. Pemilik nya bernama Marixon Manurung, membuat blog dengan nama yang tidak terlalu jauh dengan namanya yaitu maxmanroe dengan alamat maxmanroe.com. Jadi korelasinya adalah Max adalah namanya, maxmanroe adalah blognya, maxmanroe.com adalah alamat blognya, simpel. Kalau punya saya sendiri seperti ini Trigus adalah namaku, Mas Trigus Blog adalah nama blog ku dan mastrigus.com adalah alamat blog ku. heheheh, saya memang senang mengkait-kaitkan blogger profesional dengan milik ku sendiri. biar ketularan maksudnya.

Sudah jelas bukan bagaimana personal branding itu penting untuk diciptakan. Dengan memakai kaidah ini kita akan mendapatkan keuntungan, baik keuntungan nama pribadi yang semakin populer dan juga mempermudah orang untuk mengingat nama kita.

Namun itu masih pada tahap awal saja kawan. Untuk membuat blog dengan nama kita sendiri justru sangat sulit untuk dikembangkan. Kenapa bisa begitu? karena ada beban untuk tetap menjaga nama baik blog supaya nama kita sendiri tidak tercemari dengan isu-isu negatif. Coba perhatikan, apakah kamu siap memakai nama blog dengan nama kamu sendiri sedangkan kontennya berbau SARA dan P**O? jadi memperhatikan kualitas dan kuantitas blog demi terciptanya personal branding yang baik juga perlu unutk dilakukan. Saya sendiri sudah tobat menulis tentang hal negatif. Simak bagaimana cerita saya tobat Disini

Para mastah blogger yang membangun personal branding untuk namanya sendiri juga banyak, sebut saja kangismet.net asumsi saya nama pemiliknya adalah Ismet, ada lagi mangyono.com pemiliknya bernama Yono, ada lagi sugeng.id pemiliknya bernama Sugeng. Dan lain lain. Jadi memang benar jika didalam buku Pedoman Praktis menjadi Konsultan Bisnis dijelaskan bahwa, salah satu jalan untuk membangun personal branding adalah melalui Blog.

Membangun personal branding di dalam blog tidak harus memakai nama pribadi untuk menamai blog. Lain maxmanroe.com lain lagi dengan kompiajaib.com. Kompi ajaib tidak memakai nama pribadinya sebagai nama blog. Namun untuk tulis menulis dia selalu memakai author dengan nama aslinya. Untuk mengenali pemilik blog kompiajaib.com tidak terlalu sulit, karena nama Adhy Suryadi selalu ditampilkan sama dengan nama yang ada di media sosial seperti facebook, google plus, twitter, disqus dan lain-lain. Dari sinipun kita bisa belajar lebih banyak lagi.

Selain menempatkan nama kita didalam blog, tentu ada hal lain yang harus dilakukan supaya niat untuk membangun personal branding bisa lebih maksimal. Sekarang kan jamannya media sosial. media sosial sangat bagus untuk media marketing, selain itu juga sangat bagus untuk melakukan personal branding. Contoh mudahnya adalah Facebook, jika kamu adalah seseorang yang sangat ingin mengenalkan nama yang telah diberikan ibumu kepada dunia luar, baik untuk tujuan bisnis atau tujuan cari jodoh (hehe) salah satu cara adalah dengan membuat nama facebook yang sama juga dengan nama blog. Lakukan hal yang sama dengan akun media sosial mu yang lain.

Jadi contohnya seperti ini, Nama saya Mas Trigus, saya membuat blog dengan nama Mas Trigus Blog, Alamat urlnya mastrigus.com, saya juga membuat facebook dengan nama Mas Trigus, di Twitter nama saya @mastrigus, di google plus nama saya Mas Trigus, di Linkedin nama saya Mas trigus juga, di disqus nama saya juga Mas trigus, dan seterusnya. Coba hitung berapa nama yang telah kamu sematkan di beberapa media sosial. Sebarkan tulisan atau konten yang positif kepada orang lain, lalu lihat pengaruhnya.

Namun seperti yang telah saya katakan diatas, supaya personal branding ini tidak menjadi bumerang bagi kamu sekalian, lakukanlah hal positif di internet dengan memanfaatkan blog dan media sosial. Sekali kita melakukan kesalahan fatal, pengaruh yang akan kita terima dari kesalahan tersebut juga sangat terasa. Seperti orang tidak percaya atau orang tidak respek terhadap kita. Ini lah yang patut dijaga oleh dari seorang blogger apabila memutuskan untuk membuat blog dengan nama sendiri. So tetap fokus dan teruslah berkarya. Bukankah begitu Max?

Disqus Comments