Perbedaan MIUI Stable Rom dan MIUI Developer Rom yang Harus Kamu Ketahui

MIUI Stable dan MIU Developer merupakan 2 jenis rom MIUI yang bisa dinikmati oleh para pengguna XIOMI atau jenis handphone lainnya. Kedua jenis MIUI ini sama-sama bentukan tim developer MIUI yang di luncurkan dengan mengatas namakan official alias resmi. Jadi bagi pengguna MIUI Stable rom dan MIUI developer rom tidak perlu kawatir dengan keresmian rom tersebut, karena keduanya merupakan versi rom yang resmi.

Berbicara mengenai MIUI tentu yang paling ramai dibicarakan saat ini adalah MIUI 7, dimana update yang diberikan ini benar-benar bisa dirasakan perbedaannya oleh para pengguna. Untuk perbandingan antara MIUI 6 dan MIUI 7, anda bisa membacanya sendiri di artikel ini.

Ketika pertama kali membeli perangkat XIOMI, tentu rom yang dipasang didalam devices adalah versi MIUI Stable, dimana versi rom yang satu ini dipercaya memberikan update paling final dari perbaikan bug. Berbeda dengan MUI Developer, update perbaikan bug serta penambahan fasilitas rom diberikan setiap minggu (setiap hari jum'at).

Secara lebih detail perbedaan dan persamaan antara kedua rom tersebut adalah:
  1. Stable Rom. Seperti namanya, versi ini lebih mempertahankan stabilitas. Dirilis sekali dalam sebulan (bahkan lebih) via OTA. Jadi secara umum, stable build dirilis jika semua bug yang ada telah diperbaiki. Pengguna juga dapat melihat detail Update yang tersedia untuk setiap update. 
  2. Secara umum, Stable Rom akan melewati berbulan-bulan masa uji coba development (yang akan menambahkan fitur baru dan fix/tweak terhadap fitur yang sudah ada), serta stabilisasi (yang akan difokuskan setelahnya) sebelum stable build dirilis. Karena alasan inilah stable rom memiliki waktu update yang realtif lebih lama. 
  3. Developer Rom. berbeda dengan saudaranya, versi ini lebih fokus pada rilis mingguan. Setiap hari Jumat, versi terbarunya juga akan dirilis via OTA. 
  4. Perbandingan antara stable build dan developer build hanya pada tingkat stabilnya. Dan pada setiap build selalu memiliki titik kelebihan dan kekurangan. 
  5. Stable rom dan developer rom sama-sama produk resmi MIUI. 
  6. Update keduanya juga sama-sama melalui OTA

Yang perlu diperhatikan adalah, jika kamu menggunakan rom versi stable, kamu masih bisa melakukan migrasi ke rom versi developer. Cara untuk melakukan migrasi juga sangat mudah, bisa baca melalui TULISAN INI.

Disqus Comments