Bukan Sekedar Kopdar, Niponk Benar-benar Melakukan Aksi Nyata Menjaga Lingkungan

Beberapa minggu ini MTB sengaja menulis postingan mengenai NIPONK, bukan karena saya adalah anggota dari kelompok tersebut, melainkan demen dengan aksi-aksi nyata yang dilakukan secara bergerombol. Seperti yang telah saya tulis di artikel sebelumnya, Niponk adalah sekumpulan pemuda watulimo yang mendeklarasikan dirinya sebagai anak-anak pecinta alam (meskipun yang disebut anak-anak itu sudah berumur 40+) memang menjadi salah satu kelompok favorit mastrigus.com waktu kecil.

“Kebersihan mutlak bukan tanggung jawab salah satu pihak. Harus semuanya. Pemerintah dan masyarakat harus bergerak bersama menjaga kebersihan.”

Coba saja intip beberapa aksi yang telah dilakukan niponk melalui artikel dibawah ini, rangkaian kegiatan dari tahun ketahun telah mereka lakukan tanpa harus menunggu support dari pemerintah. Jelas membuktikan ke-solid-an Niponk dalam melakukan pengorbanan atas cintanya kepada lingkungan, bukan hanya sekedar mengeksploitasi alam namun juga berusaha untuk mereboisasi supaya bisa tampil lebih anggun lagi.

Kembali berulah! Niponk Kembali Menggerakkan Masa-nya Membersihkan Segoro Kidul
NIPONK. Kegiatan Bersih Pantai Selatan Sukses, Dinas Pariwisata Menyumbang 3 Kardus Air Mineral

Saya mencoba melirik sejarah pergerakan Niponk di tahun milenium ini, tepat pada bulan Desember 2014 kemarin, Niponk telah melakukan aksi nyata menanam beberapa ratus pohon ketapang di sekitaran wisata pantai Simbaronce, ya 2 tahun yang lalu kegiatan ini sempat diabadikan oleh itu situs pama.or.id dan koran jawa pos (dibahas guna sebagai kritik terhadap dinas terkait yang terkesan alot dalam mengembangkan kawasan wisata serta menjaga kebersihan wisata).

Sekali lagi bukan hanya sekedar kegiatan grudak-gruduk , seperti yang telah kita ketahui tanaman yang ditanam tentu tidak semuanya bisa tumbuh. Ada yang hidup dan ada yang mati, ada yang subur dan ada yang kerdil (BACA: Ketapang Kita Sudah Tumbuh Kawan). Dan sekali lagi Niponk tetap mempedulikan tanamannya, buktinya di tahun 2016 ini mereka melakukan aksi tanam dan menyulami ketapang yang tidak beruntung tersebut.

Entah berapa lama, tapi memang butuh waktu. Semoga saja apa yang kita lakukan bisa menjadi pelopor dan inspirasi bagi mereka untuk peduli dan menjaga kebersihan lingkungan lokasi pariwisata ini.” Tulis Roin (anggota niponk) di akun Facebooknya.

Ini pantas disebut sebagai pengorbanan yang mulia kawan, karena Niponk telah mengambil peran sebagai masyarakat yang peduli dengan kelestarian lingkungan, dengan melakukan kegiatan yang sebenarnya bukan menjadi tupoksi pekerjaan wajib mereka. Justru yang makan gaji dengan tanggung jawab mengembangkan kelestarian lingkungan area wisata saja tidak se-sadar mereka. Mungkin saja maindset yang tertanam adalah bagaimana cara mengeksploitasi wisata menjadi penghasilan sebesar-besarnya. Hufft

Benar apa yang dikatakan Wawan salah satu anggota Niponk. Dengan sangat sadar dia mengatakan “Kebersihan mutlak bukan tanggung jawab salah satu pihak. Harus semuanya. Pemerintah dan masyarakat harus bergerak bersama menjaga kebersihan.” persis dengan apa yang ditulis di group facebook Niponk. Weladalah ternyata bukan hanya sekedar kopdar ya, Anggota Niponk sudah menanamkan kesadaran untuk mencintai lingkungan semenjak mereka di doktrin sebagai anggota, ya mereka adalah manusia yang mencintai alamnya. Gokil.

Disqus Comments