Menikmati Sensasi Jaring Tarik di Pantai Konang Trenggalek

Pantai Konang Trenggalek tepatnya berada di Desa Nglebeng Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Merupakan salah satu destinasi wisata Trenggalek yang patut anda kunjungi. Selain pantai Konang panggul juga mempunyai banyak tempat wisata loh seperti Pantai Pelang dengan panorama ciamik serta di hiasi air terjun yang dapat anda gunakan untuk mandi, ada tempat penangkaran penyu langka tepatnya di daerah pesisir Kili-kili dan masih banyak destinasi wisata lain yang memang belum pernah diberitakan. Nah kali ini MTB akan mengajak anda untuk menikmati sensasi jaring tarik di pantai konang.

Apa itu jaring tarik? Jaring tarik adalah salah satu cara para nelayan untuk menangkap ikan laut dengan menggunakan jaring panjang kurang lebih sekitar 300 meter yang ditempatkan memanjang sekitar 500-700 meter dari garis pantai lalu ditarik rame rame ke daratan. Jaring tarik atau juga disebut tarik jaring ini sudah ada sejak lama. Nah jaring tarik ini sebenarnya tidak hanya ada di pantai konang, namun di Pantai Prigi Watulimo pun juga ada. Namun dikarenakan ada peraturan yang melarang penggunaan jaring ini, kegiatan narik jaring together ini lama-lama ditinggalkan.

BACA: Ini Dia Tempat-Tempat Wisata yang Ada di Munjungan, Keyeeen!

Baru kemarin saya tau kalau di pantai konang ada kegiatan jaring tarik, maklumlah karena baru kemarin saya menjejakkan kaki disana, cukup takjub dengan panorama yang ada di panti konang. Hamparan pasir yang cukup luas (melebihi luas pantai prigi) dengan hiasan ombak yang cukup besar (ada himbauan bagi pendatang supaya tidak berenang dipantai ini), serta deretan warung-warung bambu yang menjajakan ikan bakar serta ikan mentah rasanya memang pas kalau dijadikan sebagai tempat nyantai sambil bakar ikan.

Jaring tarik tidak selalu mendapatkan ikan, memang seperti itu karena waktu penyebaran jaring nya tidak selalu berada di area berkumpulnya ikan, paling-paling para nelayan menggunakan filling dimana ikan berada. So. meskipun terkadang hasil dari jaring tarik ini tidak membuahkan hasil, tapi semangat para nelayan ini tidak pernah padam, mereka tetap memasang jaring.

Nih saya kasih lihat foto-foto kegiatan para nelayan waktu melakukan prosesi jaring tarik:










Memanfaatkan pantai konang sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di kecamatan panggul memang baik, namun jika hanya mengandalkan pemandangan panorama nya saja rasanya masih kalah dengan pantai-pantai lain, sebut saja pelang, diakui atau tidak pantai pelang keindahannya memang jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan pantai konang.

Namun pantai pelang tidak memiliki aktivitas jaring tarik seperti yang dilakukan oleh masyarakat pesisir pantai konang, dan ngomong-ngomong nih ternyata jaring tarik ini memiliki daya tarik kuat di mata para pengunjung. Pernyataan ini memang belum ada penelitian khusus dari MTB, namun sudah banyak bukti yang menunjukkan pada ketertarikan mereka.

Jaring tarik ini mampu menjelaskan bagaimana proses penangkapan ikan langsung dari darat kepada masyarakat luas, meskipun ada aturan yang menyebutkan bahwa jaring tarik dapat merusak ekosistem yang ada dibawah laut, namun itu juga belum terbukti kuat. So sebelum larangan benar-benar di berlakukan ada baiknya kita sebagai masyarakat trenggalek mengkaji lebih jauh terkait dampak-dampak yang terjadi dari jaring tarik ini. So kalau MTB lebih yakin, mempopulerkan Pantai Konang dengan jaring tariknya akan lebih cepat tersebar dari pada mengenalkan pantai konang dengan keindahannya. Yakin deh!

Disqus Comments