Sinyal Hilang Setelah Update MIUI di Redmi 2 Prime, ini Dia Cara Ampuh Mengatasinya!

Xiomi. Memang menyebalkan jika suatu ketika kita telah melakukan sesuatu terhadap handphone kesayangan namun hasilnya tidak seperti yang diinginkan. Mungkin yang kita lakukan hanya sekedar upgrade MIUI nya saja, namun karena segala sesuatu yang dibuat manusia tidak ada yang bisa prefect alias sempurna, ihwal eror pada frimeware pun bukan sesuatu yang perlu kita anggap istimewa.

Hal ini juga baru saja terjadi pada ku. Itung-itung dengan niat ingin menjajal performa dari Xiomi Redmi 2 Prime yang konon katanya "hingga artikel ini saya tulis" terus mengalami peningkatan harga. Tidak tanggung-tanggung setelah membuka si Redmi saya hidupkan dan langsung melakukan updgrade ke MIUI 7 (awalnya MIUI 6). Nah sampai disini masalah baru bermula, kenapa bisa begitu? Ya karena saya melakukan upgrade sebelum melakukan cek dan ricek kenormalan hp, termasuk sinyal yang baru saya ketahui hilang setelah memasukkan simcard pasca melakukan update. Seharusnya saya melakukan pengecekan sinyal sebelum upgrade, jadi bisa ditukar lagi sama conternya. Mungkin ini bisa kalian gunakan sebagai pengalaman brooh.

Nah saya tidak terlalu ambil pusing mengenai masalah ini, karena sebelum-sebelumnya aku juga pernah mengalami masalah yang seperti ini (khusus untuk sofware ya, kalau hardware saya angkat tangan). contohnya artikel ini Flash Asus Zenfone 5 (succeeded) saya tulis juga berdasarkan pengalaman.
Ok kawan langsung saja ke TKP. Kemungkinan besar sinyal hilang di Xiomi Redmi 2 Prime ini dikarenakan Redmi 2 Prime yang hadir di Indonesia merupakan versi China (tidak diedarkan di indonesia) sehingga saat digunakan atau melakukan update ditemui masalah No Network Signal atau Sinyal Hilang di ponsel Redmi 2 Prime ini. Nah jangan kawatir kawan, ini bisa diatasi kok. caranya juga cukup mudah hanya memasukkan modem Redmi 2 HM2014813. Modem ini bertugas untuk membaca sinyal. Selanjutnya silahkan simak.
HARDWARE YANG WAJIB ADA!
  • 1 buah laptop segala ukuran.
  • 1 buah kabel data (itu yang di charger).
  • Internet wajib ada.
SOFTWARE YANG WAJIB ADA!
  1. Tool MIUI ROM Flashing (silahkan download disini )
  2. Modem Redmi 2 HM2014813 (silahkan download disini ) atau cari yang sesuai dengan handphone kamu
  3. Yakin dan Percaya jika cara ini berhasil
Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Hilang Setelah Update MIUI di Redmi 2 Prime
  • Silahkan Instal Tool MIUI ROM Flashing tadi (jika sudah ada abaikan saja ya men)... selesai 
  • Copy file Modem Redmi 2 HM2014813, pastekan file ini di (jika versi windows kamu 64-bit) C:\Program Files (x86)\Xiaomi\MiPhone\Google\Android atau (jika versi windows kamu 32-bit) C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\Google\Android. 
  • Masih di dalam folder diatas silahkan tekan tombol Shift (di keyboard) + Klik kanan (di mouse) akan keluar dialog baru, silahkan klik Open command window here. Ini akan membuka cmd yang langsung terlamatkan di pada folder diatas. 
  • Setelah cara ketiga selesai, jangan ditutup ya cmd nya, tinggalkan sejenak dan beralih ke Handphone kamu. silahkan matikan HP (sampai benar-benar mati). Selanjutnya masuk ke mode fastboot caranya tekan TOMBOL VOLUME BAWAH dan TOMBOL POWER secara bersamaan kemudia lepaskan saat ponsel bergetar. Handphone masuk dalam mode fastboot ditandai dengan gambar robot hijau dan tulisan fastboot. sudah kan? 
  • Colok Kabel data ke Komputer dan Handphone kamu. nah sampai disini kalau berhasil bisa melanjutkan ke step berikutnya. 
  • Kembali ke CMD tadi, silahkan ketik tulisa ini fastboot flash modem NON-HLOS.bin (kalau malas ngetik ya copi saja terus pastekan di cmd "pastenya pakek klik kanan loh, bukan Ctrl+V) 
  • Tekan enter yaaah. nekannya gak usah lebay, santai saja! nanti cmd akan melakukan proses upload file NON-HLOS.bin dari komputer ke handphone. gambarnya seperti ini


  • Kalau cara cmd nya sudah ada keterangan finished. total time: bla bla bla. berarti file sudah masuk di hanphone. Biasanya ada handphone yang langsung melakukan restart sendiri, tapi kalau tidak restart ya matikan lalu hidupkan sendiri gan. gitu saja kok rebot, eh repot. Pengalaman saya sinyal yang semula tidak ada menjadi ada. pokoknya Normal kembali.

CATATAN: Jika waktu melakukan perintah di cmd mendapatkan keterangan waiting device, silahkan matikan handphone (kabel data dalam keadaan nancap) lalu ulangi cara masuk ke mode fastboot. dengan cara ini cmd akan berjalan seperti yang diinginkan.
BACA JUGA:  Mengatasi Xiaomi Terkunci Sendiri Setelah Ganti Tema
Nah kawan itu tadi sekedar turorial untuk mengembalikan sinyal yang hilang di Xiomi Redmi 2 Prime setelah melakukan upgrade MIUI. Semoga dapat membantu agan dan sista semua. Jika ada yang kurang jelas sailahkan bertanya di kolom komentar. Terimkasih sudah mampir.

Setelah melakukan perbaikan dengan cara ini, banyak laporan yang masuk pada saya bahwa muncul berbagai masalah baru seperti: xiaomi redmi 2 prime terjebak pada mode lockscreen, tidak bisa membuka pengaturan, tidak bisa uninstal aplikasi. Untuk itu jika kamu belum melakukan cara ini. Cobalah untuk upgrade Xiaomi Redmi 2 Prime kamu ke MIUI 8 versi cina. IKUTI LINK INI

Disqus Comments