Kisi-kisi Tes Wawancara Calon Petugas Sensus Ekonomi Tahun 2016


Kisi-Kisi Tes Wawancara Calon Petugas Sensus Ekonomi Tahun 2016. Sebelum membahas Kisi-Kisi Tes Wawancara Calon Petugas Sensus Ekonomi Tahun 2016, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu SE Ekonomi 2016, apa saja cakupannya dan bagaimana cara kerja Petugas Sensus Ekonomi.

APA ITU SENSUS EKONOMI, KENAPA HARUS DILAKUKAN?
Sensus Ekonomi adalah Sensus yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik yang dilakukan setiap 10 tahun sekali. Sensus Ekonomi dilakukan untuk mendapatkan informasi potret utuh perekonomian bangsa sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

APA TUJUAN SENSUS EKONOMI?
Adalah untuk mendapatkan informasi utuh perekonomian bangsa sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional. Pendataan seluruh sektor usaha akan mampu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi non-pertanian, berikut informasi dasar dan karakteristiknya. Selain itu juga akan diketahui daya saing bisnis di Indonesia serta kebutuhan informasi usaha.

Adapun point-point yang akan diperoleh dari Sensus Ekonomi adalah:

  1. Pemetaan potensi (level) ekonomi menurut wilayah, jenis dan pelaku usaha.
  2. Bencmaking PDB/PDRB*, ketenagakerjaan dan lain-lain.
  3. Tersedianya Sampling frame untuk berbagai kegiatan survey dibidang ekonomi.
  4. Terbangunya basis data dan Bencmark Updating Business Register.
  5. Karakteristik usaha menurut skala usaha.
  6. Karakteristik Unik usaha; Franchise, e-commerce/on-line business, multy level marketing dll.
  7. Pemetaan daya saing menurut wilayah.
  8. Tinjauan prospek bisnis dan perencanaan investasi di Indonesia.

*Penjelasan PDB/PDRB
Adalah salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu negara salam suatu periode tertentu, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan. PDB pada dasarnya merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi.

APA METODELOGI SE 2016?
Metode Listing Usaha/Perusahaan. Pencacahan dilakukan diseluruh wilayah NKRI mencakup seluruh usaha ekonomi
Metode Pendataan Karakteristik Usaha Mikro Kecil. Pencacahan dilakukan secara sampel berdasarkan master frame hasil listing SE 2016.
Metode Pendataan Karakteristik Usaha Menengah Besar. Dilakukan sensus untuk seluruh usaha /perusahaan dengan skala usaha menengah besar.

Oh ya, apa kalian tau apa itu SENSUS? Samakah Sensus dengan Survey? kalau belum silahkan bertanya dikolom komentar. BACA JUGA: Hasil Seleksi Ujian Tulis Petugas Sensus Ekonomi 2016 BPS Kabupaten Trenggalek

Kisi-Kisi Tes Wawancara Calon Petugas Sensus Ekonomi Tahun 2016 ini saya tulis berdasarkan "asumsi" sendiri dengan memakai kaidah standar tes wawancara. Bukan berdasarkan hasil bocoran atau hasil pemberitahuan dari pihak BPS. Biasanya hal pokok didalam wawancara, pewancara akan menanyakan pertanyaan seperti ini:

  1. Motivasi anda mengikuti tes ini dan Kesanggupan anda ditempatkan dimana saja
  2. Pengetahuan anda tentang Sensus Ekonomi 2016
  3. Pengalaman anda terkait sensus maupun survey atau pengalaman kegiatan lapangan
  4. Apa profesi anda sehari-hari
  5. Posisi yang anda minati, PML atau PCL. Kenapa anda memilih itu

Nah kelima point diatas sangat mungkin ditanyakan kepada anda? jadi silahkan belajar dengan tekun dan mari berkompetisi secara suportif. Jangan lupa ketika menghadiri wawancara usahakan berpakaian yang rapi dan menarik, pakai kemeja (jangan kaos) pakai celana hitam (bukan jins) dan bersepatu (bukan sepatu sport). Semoga anda diterima dan semoga proses serta hasil dari Sensus Ekonomi ini sesuai yang diharapkan semua orang. Ayo Kerja.

Disqus Comments