Cara Cepat dan Mudah Transfer File Andorid ke Android dan Komputer

Cara Transfer File dengan Wifi. Era modern selalu dibarengi dengan perkembangan teknologi, kian hari kian banyak ditemukan inovasi yang lebih unggul dari penemuan-penemuan teknologi sebelumnya, hal ini jelas sangat dipengaruhi oleh keinginan manusia untuk menciptakan alat atau mesin yang dapat membantu mempermudah aktivitas manusia. Tidak terkecuali inovasi untuk mengirimkan file dari satu handphone ke handphone lain, dari handphone ke komputer atau sebaliknya.

Bagi pengguna gadget, tentu sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa pada mulanya aktivitas transfer file antar gadget dimulai dari era kabel ke era nirkabel. Di era nirkabel dimulai dengan penemuan inframerah (itu lo pengiriman file adu jangkrik), tidak lama kemudian ditemukan bluetooth yang ternyata menjadi momok bagi inframerah sehingga membuatnya benar-benar tenggelam. Bluetooth sempat bertahan beberapa tahun karena bisa memberikan kemudahan dalam bertransaksi file. Dan sekarang ternyata bluetooth sudah tidak menjadi meinstream lagi lantaran ada fasilitas yang lebih memudahkan orang dalam mengirim serta menerima file.

Cara cepat dan mudah transfer file andorid ke android dan komputer ini dipelopori oleh penemuan baru berupa wifi dan hotspot. Wifi adalah adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer. Sedangkan hotspot adalah suatu istilah bagi sebuah area dimana orang atau user bisa mengakses jaringan internet, asalkan menggunakan PC, laptop atau perangkat lainnya dengan fitur yang ada WiFi (Wireless Fidelity).

Transfer file berupa gambar, musik, video atau konten lainnya akan lebih cepat dan mudah bila menggunakan wifi dan hotspot. Tidak seperti mengirim file dengan menggunakan bluetooth yang cenderung hanya bisa tranfer secara dua arah, wifi memberikan kemudahan bagi orang untuk bisa mengirim dan menerima file dari beberapa perangkat.

Kita sebenarnya bisa membuat sendiri kemudahan ini, asalkan komputer dan handphone ada wifi nya. Secara sederhana mekanisme pengiriman dan penerimaan file ini bisa saya jelaskan begini: hotspot adalah induk yang dapat menerima sambungan jaringan dari berbagai perangkat, sedangkan wifi adalah anak jaringan yang berguna untuk bisa tersambung ke hotspot. Akan tetapi untuk membuat hotspot area yang bisa disambung oleh wifi tidak semua orang bisa menggunakannya. Dan masalah ini dimanfaatkan oleh perusahaan bernama SHAREit Technologies Co.Ltd, perusahaan tersebut membuat sebuah aplikasi yang dapat mempermudah pengguna gadget untuk bertukar file. Nama aplikasinya adalah SHAREit.

SHAREit, adalah alat transfer file (berkas) Cross lintas platform yang dapat mempermudah penggunanya untuk bertukar file melalui jaringan wifi. Beberaoa kelebihan SHAREit adalah:
  1. Tidak perlu menyambung ke Internet, tidak perlu aliran data, kamu bisa berbagi di mana saja dan kapan saja. 
  2. Kecepatan transfer adalah 200 kali Bluetooth, puncak kecepatan bisa sampai 20M/s lebih. 
  3. Dapat digunakan di seluruh perangkat seperti ponsel & komputer & tablet dengan sistem operasi android, iOS, Windows Phone, Windows XP/7/8. 
  4. Berbagi apa saja yang di ponsel: foto, video, musik, aplikasi dan berkas dalam kartu SD. 
  5. Dapat dioperasikan dengan sangat mudahT 
  6. Dapat melakukan backup handphone lama ke handphone baru. Seperti backup kontak di buku alamat, SMS, MMS, musik, video,aplikasi dan berkas semua dipindah ke ponsel baru dengan satu tekan. 
  7. Dapat tersambung dengan komputer untuk mengakses data yang ada pada keduanya 

Menurut saya, SHAREit adalah teknologi terbaru yang dapat mempermudah manusia untuk memenuhi kebutuhan transfer data dengan mudah. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini silahkan instal aplikasinya.

Untuk pengguna android, kamu bisa mendapatkan aplikasinya melalui Playstore (Klik di sini). Dan bagi pengguna komputer dan operating system lain langsung bisa mendapatkan melalui situs resminya, Klik di sini.

Era kemudahan telah tiba, mari kita gunakan dengan sebaik-baiknya. Terimakasih sudah membaca artikel mastrigus.com yang berjudul Cara Cepat Transfer File Andorid ke Android dan Komputer

Disqus Comments