Fix com.google.android.gms yang Sering Force Close di Android

com.google.android.gms adalah nama lain dari aplikasi google play services atau Layanan Google Play yang terkadang mengalami force close sehingga aktivitas kita dalam mengoperasikan gadget kesayangan menjadi terganggu. Biasanya force close (terpaksa berhenti) terjadi pada handphone semua merk atau handphone berbasis android yang telah di oprek (root). Tidak hanya itu, force close terhadap com.google.android.gms bisa terjadi setelah melakukan update ke versi yang lebih baru.

APA ITU GOOGLE PLAY SERVICES ?

Menurut si pembuatnya, aplikasi ini adalah:

Google Play services is used to update Google apps and apps from Google Play. This component provides core functionality like authentication to your Google services, synchronized contacts, access to all the latest user privacy settings, and higher quality, lower-powered location based services. Google Play services also enhances your app experience. It speeds up offline searches, provides more immersive maps, and improves gaming experiences. Apps may not work if you uninstall Google Play services.

Kamu ngertikan maksudnya apa? hahaha, kalau tidak mengerti berarti kita sama. Tapi sedikit banyak dengan menggunakan fitur google translate saya bisa sedikit memahami apa maknanya.

Jadi begini kawan, aplikasi ini meskipun secara nyata tidak sering kita buka dan kita gunakan, namun sejatinya aplikasi inilah yang paling kita butuhkan. Google play services mengatur segala tetek bengek manajemen akun yang telah kita pasang di android kesayangan.

Kamu membuka youtube, kamu mensinkronkan kontak handphone ke email (backup), kamu membuka game, kamu melakukan aktivitas apapun di android, pasti si com.google.android.gms ini selalu cawe-cawe. Coba saja kamu uninstal aplikasinya (bisa jika handphone sudah di root), pasti kamu akan selalu diarahkan ke google play untuk mendownload kembali aplikasi google play services. Dan sayangnya, karena aplikasi ini adalah bagian dari aplikasi system yang berjalan di latar belakang, jika sudah terlanjur uninstal, kamu tidak bisa melakukan instal ulang hanya melalui google play saja.

KENAPA com.google.android.gms FORCE CLOSE?

Saya tidak tahu dengan pasti, namun menurut pileng saya, force close terjadi karena adanya benturan dengan aplikasi lain, atau mungkin karena ada bugs. Biasanya terjadi setelah kita melakukan update ke versi yang lebih baru. Pokoknya force close ini bisa membuatmu sakit hati lantaran setiap beberapa menit, layar handphone akan mengeluarkan peringatan seperti ini "sayangnya com.google.android.gms telah berhenti".

BAGAIMANA CARA MENGATASI com.google.android.gms FORCE CLOSE?


Cara yang akan saya beritahukan ini adalah cara yang sebelumnya sudah saya praktekkan dan terbukti work, jadi saya tidak sekedar ngomong. So, lakukan cara ini dengan baik.

  1. Buka menu pengaturan / setting / setelan 
  2. Buka Pengaturan aplikasi / apl sistem 
  3. Cari dan buka Google play services atau Layanan Google Play 
  4. Setelah terbuka silahkan lakukan penghapusan cache dan data, atau file dari update terbaru 
  5. Selesai NB: kalau perlu tidak usah di update lagi 

Nah itu tadi cara untuk memperbaiki com.google.android.gms yang mengalami force close, semoga artikel ini bisa membantu memecahkan masalah kamu. Terimakasih sudah mampir di blog saya.

Disqus Comments