nggalek.co - Media dari Trenggalek yang Berani Tampil Beda

Nggalek adalah sebutan lain dari Trenggalek, kabupaten yang berada di seberang Australia ini berbatasan langsung dengan kabupaten Tulungagung (sebelah timur), kabupaten Ponorogo (sebelah utara), Kabupaten Pacitan (sebelah barat) dan samudera hindia (sebelah selatan).

Berdasarkan uraian di atas, dengan mengambil nama pendek dari Trenggalek, yakni nggalek, maka beberapa orang Trenggalek yang pernah ngopi bersama (Ceritanya di sini: Sepuluh Cangkir Kopi Hitam Untuk Trenggalek) akhirnya menggunakan nama nggalek sebagai nama media daring nggalek.co. Lebih dari itu, nggalek.co diciptakan untuk berbagi informasi yang dapat dibaca dan ditulis oleh siapa saja (khususnya warga Trenggalek).

nggalek.co lebih menonjolkan kualitas jurnalisme daring dari pada sekedar media berbagi informasi, mengingat sudah banyak media yang lebih menonjolkan sisi kabar dari pada sisi jurnalismenya, hal ini bisa dipahami bahwa, Trenggalek mempunyai SDM yang bisa dikatakan handal dalam hal jurnalisme. Sumber daya manusia tersebut kini sebagian menjadi pelopor literasi yang ada di Trenggalek, sebut saja Bonari Nabonenar dan Misbahus Surur, mereka adalah orang-orang yang sudah cukup familier dengan dunia baca dan dunia tulis.

Jurnalisme daring adalah sebuah metode baru penyajian informasi dan fakta dengan menggunakan bantuan atau perantara teknologi internet. Dengan dibuatya media nggalek.co bisa dikatakan sebagai media online yang dapat memfasilitasi warga Trenggalek yang mempunyai bakat menulis dan beropini. Semakin banyak orang-orang Trenggalek baik yang sedang ada di Trenggalek maupun di luar Trenggalek yang menulis tentang Trenggalek, semakin besar peluang Trenggalek untuk dikenal lebih luas lagi.

Yang menarik dari Nggalek.co adalah penyajian informasinya ditata secara apik dan terperinci dengan menggunakan kaidah jurnalisme. Setiap artikel dikelompokkan berdasarkan kategori. ini membuat nggalek.co berbeda dengan situs berita online lainnya dan yang membuatnya unik adalah penggunaan kata-kata dan tata Bahasa disesuaikan dengan istilah lokal yang popular di Trenggalek. Dengan ini para pembaca mudah paham dengan informasi yang disampaikan oleh nggalek.co.

Kendati masih berumur 2 bulan, namun artikel yang disajikan sudah lebih dari 60 artikel, Bisa dikatakan bahwa setiap hari nggalek.co memposting artikel yang berkualitas. Bahkan menurut kabar terbarunya, nggalek.co membuka satu kategori lagi yaitu kategori cerita pendek. 2 bulan di publish sudah memiliki lebih dari 20 penulis yang secara aktif mengirimkan tulisannya. Dengan begini, para penulis Trenggalek yang sebelumnya tidak terlalu terlihat, kini semakin terlihat. Ternyata Trenggalek memiliki banyak penulis.

Disqus Comments