Cara Mudah Menghidupkan Handphone saat Tombol Power Rusak

Cara menghidupkan HP android tanpa tombol power ternyata sangat mudah dilakukan, yang penting kita tahu caranya, haha ya iyalah. Cara ini berhasil saya test di merk handphone samsung dan mungkin juga bisa untuk semua jenis handphone android.

Solusi kali ini saya temukan ketika handphone merk samsung tipe galaxy young tiba tiba mengalami kerusakan pada tombol power, tombol yang semula mudah untuk ditekan ternyata menjadi sulit untuk ditekan, bahkan tidak ada  bunyi "tek" saat ditekan. Bunyi "tek" tersebut bisa menjadi tanda bahwa panel power masih bekerja dengan normal.

Usut punya usut ternyata tombol power mengalami aus, mungkin karena keseringan di hidupkan dan matikan. Bagi saya yang baru saja mengalami masalah ini, merasa kesulitan ketika ingin menghidupkan handphone. Seperti yang kita ketahui bahwa tombol power merupakan tombol yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan handphone.

lantas bagaimana cara menghidupkan handphone yang tombol powernya sudah tidak lagi berfungsi Nah dari sinilah akhirnya cara ini saya temukan, berbekal dari pengalaman saya sering melakukan flash handphone maka saya melakukan uji coba. Nah begini caranya:

  1. Siapkan charger, 
  2. Colokkan charger dengan stop kontak,
  3. Ambil handphone yang tombol powernya rusak,
  4. Tekan tombol HOME dan tombol VOLUME BAWAH secara bersamaan,
  5. Sambungkan charger dengan handphone,
  6. Ketika handphone menyala, segera lepas charger dari hanphone,
  7. Ingat jangan melepaskan tangan dari tombol HOME dan VOLUME BAWAH sebelum muncul layar mode aman,
  8. Setelah muncul, tekan tombol sesuai instruksi. Misal tekan volume bawah untuk restart
  9. Nah dari sini handphone melakukan restart dan hidup.

Cara ini sudah saya praktekkan di handphone merk samsung tipe galaxy young dan terbukti berhasil. Untuk merk handphone lain, jika cara ini tidak bisa, lakukan try and eror. Maksudnya lakukan percobaan-percobaan lain sampai kamu bisa menemukan layar handphone yang bertuliskan restart handphone.

Misalnya dengan menekan tombol HOME dan VOLUME ATAS, lakukan step by step seperti cara yang sudah saya tulis di atas.

Sebagai tambahan, jika tombol power kamu rusak, setelah handphone dapat dihidupkan, segera instal aplikasi yang berfungsi sebagai tombol power, di playstore banyak kok. Supaya kamu bisa gunakan untuk menutup layar aktif seperti layaknya fungsi tombol power.

Nah demikian tutorial saya, semoga dapat membantu. Terimakasih sudah membaca artikel "Cara Menghidupkan Handphone saat Tombol Power Rusak".

Disqus Comments