Karaoke Smule

Tips Karaoke Smule. Trend penelusuran kata kunci "Karaoke Smule" pada bulan juni sudah melebihi angka 1 juta penelusuran, angka dua kali lipat dari trend penelusuran bulan sebelumnya. Dan ini merupakan bukti yang telah direkam oleh google search bahwa, ada kemungkinan para pengguna android semakin banyak menggunakan aplikasi Smule dari bulan-bulan sebelumnya. Bisa juga dikatakan bahwa, karaoke melalui smartphone menjadi sesuatu yang sangat diminati oleh manusia, itu juga berarti telah menjadi trending topic.

Saya suka karaoke, bahkan saya juga mempunyai akun di smule, silahkan saja akses alamat ini http://www.smule.com/MasTrigus, sampai artikel ini saya tulis, saya sudah mempunyai 344 lagu yang sudah saya nyanyikan. Tentu saja suaranya tidak enak didengar, untuk itu jika pembaca merupakan orang yang alergi dengan suara sumbang dan fales, tidak perlu diklik tautan di atas, saya takut menyakiti gendang telinga kamu.

Menyanyi merupakan sarana untuk meluapkan emosi, menggambarkan suasana hati dan juga untuk memberikan hiburan bagi orang lain. Menyanyi di smule juga bisa berkaitan erat dengan beberapa aspek yang telah saya sebutkan di atas. Pengguna smule bisa saja ingin mencari hiburan, atau ingin meluapkan emosi lantaran bertengkar dengan pacar, atau memang si pengguna sangat menyukai olah vokal. Apapun itu, tidak ada larangan bagi pengguna smule untuk menyuarakan suara melalui alunan nada. Selam yang dikeluarkan suaranya, itu sah-sah saja karena memang seperti itu kegunaan aplikasi smule, namun apabila yang dikeluarkan adalah "gunung kembar" dan juga gambar seronok serta goyangan geol-geol ala penari ular, itu sudah lain ceritanya.

Musik adalah hipnotis abadi, begitulah saya mengakuinya. Tidak percaya? saya sudah mengamati banyak orang yang bisa terhipnotis oleh musik. Contoh paling sederhana begini, jika ada sekumpulan orang yang berkumpul, lalu ada salah satu dari mereka bernyanyi (mungkin hanya sepenggal lagu saja) dan menyudahi nyanyian tersebut, pasti beberapa detik kemudian bakal ada yang menirukan nyanyian tersebut. Kenapa bisa begitu? ya karena musik adalah kumpulan nada yang paling banyak kita dengarkan saben harinya.

Kita nonton TV pasti mendengar musik, mendegarkan radio pasti juga mendengarkan musik, ke pasar mendengarkan musik (banyak diputar oleh abang-abang penjual CD). Apalagi kalau naik bus, wadoh, dari kita mulai naik sampai berhenti di terminal selanjutnya musik selalu didendangkan. Musik ada di mana-mana bray, di kondangan hajatan manten saja full music dua hari berturut-turut tanpa jeda.

Itulah sebabnya kenapa manusia suka sekali bernyanyi. Mulai dari musik aliran kroncong, dangdut, pop, jazz, rock, dangdut koplo dan jenis aliran musik lain. Semua orang suka bernyanyi, entah menyanyi di panggung, di ruang karaoke, di dalam kamar mandi, di wc atau bahkan di dalam mimpi.

Perbedaan orang yang vulgar menunjukkan hobi bernyanyi dan orang yang suka malu-malu bernyanyi bisa dilihat dari kebiasaannya. Pertanyaannya, dimana orang tersebut berani mengekspresikan suaranya? Bagi maniak musik yang punya nyali, kebanyakan mengaktualkan hobinya melalui panggung (jenis orang seperti ini selalu kegatelan kalau ada konser musik dangdut koplo/campursari sekelas kondangan). Untuk orang yang malu-malu, biasanya lebih suka bernyanyi di kamar, kamar mandi dan di dalam hati. Kalau kebetulan punya uang, tipikal orang ini suka diam-diam pergi ke rumah penyedia jasa karaoke.

CARA BERKARAOKE DENGAN SMULE
Secara sederhana, karaoke dengan memakai smule itu cukup mudah. Akan tetapi membuat suara supaya bisa pas dan enak didengar merupakan persoalan teknik yang harus panjenengan ketahui. Oh ya, kamu sudah punya aplikasi smule apa belum? kalau belum punya aplikasinya silahkan instal melalui playstore. Ada beberapa pembaharuan fasilitas aplikasi yang bisa kita gunakan. Fasilitas ini pun juga hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang telah meng-update smule nya sampai versi terakhir.

Di antara fasilitas yang parlente dan berkelas layaknya dapur rekaman, smule telah mengikhlaskan editor suara "studio" bagi pengguna yang masih free member. Jika dahulu sebelum diupdate, smule hanya menambahkan fasilitas editor suara "studio" hanya untuk pengguna VIP, kini smule sudah membuka untuk pengguna Free. Jadi perbedaan yang paling dominan antara free member dan VIP member hanya terletak pada penggunaan lagu. Jika kamu sudah VIP member, kamu bisa menyanyikan lagu sesuka hatimu, tapi jika kamus masih free member, hanya diperbolehkan joint pada member VIP. Dan keduanya tetap sama-sama bisa digunakan untuk bernyanyi.

Nah ada cara yang bagus supaya suara kita saat rekaman terdengar bagus, simak tips dari saya ini:
  1. Buka aplikasi smule, pilihlah lagu yang kamu sukai. Jika kamu starting (yang menyanyi pertama kali untuk dijoint) pilihlah lagu sesuai dengan tipikal suara kamu. Misalnya kamu tipikal orang dengan suara bass, maka pilihlah lagu dengan penggunaan nada yang rendah. Misalnya, lagunya Derby Romero atau iwan fals. Ingat ini hanya menyesuaikan dengan kuat dan tidak kuat kamu mengejar tangga nada. Dan jika kamu merupaka pe-Joint, pilihlah penyanyi dengan suara yang pas dan terdengar merdu.
  2. Sebelum menyanyi, pastikan kamu menggunakan headset yang bagus. Misalnya headset bawaan hp Oppo, saya menggunakannya dan terdengar lebih bagus dari pada headset yang terjual bebas di pasaran. Akan lebih bagus jika kamu membeli headset yang khusus digunakan untuk bernyanyi.
  3. Pilih tempat yang tidak terlalu ramai, misalnya di dalam kamar dengan pintu tertutup rapat (ini jika kamu serius bernyayi). Usahakan jangan menyanyi di tempat-tempat ramai, ingat kamu sedang memakai headset. Jangan sampai orang bingung melihat kamu teriak-teriak bernyanyi tapi orang tidak mendengar musiknya, itu akan terdengar aneh. Selain itu, menyanyi di tempat ramai sangat mempengaruhi kualitas suara (reduksi dan noise).
  4. Setelah siap, menyanyilah dengan santai. Posisikan penangkap suara headset berjarak beberapa centimeter, agak jauh dari mulut supaya suaranya tidak gembredek. Saat menyanyi dengan nada tinggi, agak jauhkan penangkap suaranya, jika nada rendah agak dekatkan penangkap suaranya. Kalau kamu pernah melihat charly SETIA BAND bernyanyi, ya seperti itu teknik yang benar.
  5. Setelah kamu selesai bernyanyi, atur ketepatan suara. Misalnya volume suara, usahakan tidak terlalu keras dan tidak terlalu lemah. Untuk ketepatan suara, kamu bisa mempercepat atau memperlambat suara kamu menyesuaikan dengan nada. Usahakan yang tepat ya, soalnya, kalau tidak sesuai, sangat tidak enak didengarkan. Jangan lupa pilih editor suara "Studio" (berwarna merah).
  6. Setelah itu simpan, dan selamat suara kamu sudah enak didengar.
Nah itu tadi sekedar cerita dan tips cara berkaraoke dengan smule, saya bukan penyanyi, tapi saya suka bernyanyi. Kualitas suara yang kita miliki tidaklah sama, jangan pernah kecewa jika kamu mempunyai suara yang tidak seindah suara Anggun, juga tidak secetar suara Judika. Suara adalah anugerah, jika tidak percaya, tanyakan pada orang tunawicara. Kamu akan tahu betapa suara itu merupakan nikmat dan keberuntungan yang diberikan Gusti Alloh kepadamu. Selamat berkaraoke dengan smule

Disqus Comments