Mengobati Asam Lambung dengan Bahan Herbal Alami

Mastrigus.com. Asam Lambung merupakan zat cair asam yang berada di dalam lambung yang berfungsi untuk mencerna makanan. Dengan adanya asam lambung, makanan yang telah dikonsumsi oleh manusia dapat dengan mudah dicerna. Asam lambung bisa dikatakan juga sebagai cairan yang dapat melunakkan makanan manusia sehingga mudah dicerna oleh usus.

Kendati asam lambung sangatlah penting bagi manusia, namun pada jumlah produksi tertentu malah dapat membahayakan bagi manusia. Jumlah asam lambung berlebihan bisa menyebabkan penyakit lain dalam tubuh sehingga menyebabkan manusia sakit. Untuk itu menjaga supaya asam lambung tidak sampai melebihi taraf normal, kita perlu untuk selalu menjaga kesehatan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menjaga asupan makanan.

Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung, di antaranya:

  1. Minuman bersoda. Minuman soda merupakan jenis minuman yang paling banyak mengandung asam. Mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebih dapat menyebabkan naiknya asam lambung secara cepat.
  2. Minuman beralkohol. Selain minuman yang mengandung soda, minuman yang mengandung alkohol juga dapat menyebabkan produksi asam lambung berlebih.
  3. Makanan berlemak. Yang dimaksud di sini bukanlah makanan berupa daging, akan tetapi makanan berlemak seperti es krim, keju, kue dan lainnya. Fakta menunjukkan jika makanan berlemak dapat menjadi sebab meningkatkan kadar asam lambung.
  4. Coklat. Kendati memakan coklat dipercaya dapat mengembalikan semangat pada perempuan, namun mengkonsumsi coklat pada malam hari ternyata dapat meningkatkan asam lambung.
  5. Kopi. Meminum kopi terlalu banyak dan tidak dibarengi dengan meminum air putih juga dapat menyebabkan asam lambung. Untuk itu, minumlah kopi sewajarnya saja. Dan jangan lupa minum air putih yang banyak setelah meminum kopi.


Beberapa makanan di atas terbukti dapat menyebabkan semakin banyaknya asam lambung. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa, keseimbangan itu sangat penting, segala sesuatu di dalam tubuh telah teratur secara seimbang, untuk itu pola konsumsi sehat harus menjadi prioritas utama supaya tubuh tetap terjaga dengan baik.

Ciri-ciri kelebihan asam lambung pada tubuh


  1. Perut terasa nyeri dan perih
  2. Sering muntah-muntah (terasa masam
  3. Sering bersendawa
  4. Muncul rasa panas di dada dan perut

Tidak ada penyakit yang tidak bisa diobati, begitu juga dengan asam lambung. Ada beberapa bahan herbal alami yang dapat dijadikan sebagai obat.

Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Asam Lambung


  1. JAHE. Jahe dipercaya dapat mengurangi asam lambung hanya dengan dosis kecil. Usahakan mengkonsumsi jahe antara 2 4 gram saja supaya tidak menimbulkan efek lain, misalnya mag kambuh. Selain dapat mengobati asam lambung, jahe juga dapat digunakan sebagai minuman kesehatan untuk menolak masuk angin.
  2. LIDAH BUAYA. Tidak ada obat yang enak, obat selalu bertolak belakang dari keinginan kita, namun karena obat dapat menyembuhkan, sebisa mungkin untuk tetap kita gunakan, meskipun menjijikan. Lidah buaya dikenal sebagai obat untuk penyakit mag. Dengan mengkonsumsi lidah buaya, asam lambung serta penyakit mag bisa disembuhkan secara berkala. Selain itu, lidah buaya juga dapat melancarkan uang air besar.
  3. KUNYIT. Kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, orang tua jaman dulu selalu mengandalkan kunyit untuk kesehatan anak. Ternyata kunyit juga bisa digunakan sebagai obat asam lambung. Cara menggunakannya seperti ini:
  • Ambil kunyit secukupnya, tumbuk sampai memar.
  • Rebus dengan 1,5 liter air selama 15 menit.
  • Saring air rebusan dan minumlah
  • Agar lebih nikmat tambahkan madu dan gula merah.

Nah, demikian artikel tentang asam lambung, semoga asam lambung anda bisa segera teratasi. jangan lupa, sebelum menggunakan bahan-bahan ini, upayakan untuk konsultasi pada orang yang berpengalaman. Terimakasih sudah membaca artikel "Mengobati Asam Lambung dengan Bahan Herbal Alami"
Disclaimer: Artikel dalam blog mastrigus.com ini sepenuhnya hasil karya pribadi yang ditulis dengan ketulusan dan cinta. Tidak diperkenankan mengambil isi artikel tanpa izin ke pemilik. Jika butuh, silakan hubungi saya di 081231756711 (WA ONLY).

BACA ARTIKEL LAINNYA: