Cara Membuat Video Time Lapse dengan Kamera Xiaomi MIUI 8

Video Time Lapse. Pernahkah kamu melihat video yang menampilkan pergerakan matahari, misalnya matahari terbit yang berlangsung begitu cepat jika dibandingkan dengan waktu aslinya, atau melihat pergerakan mendung yang cepat jika dibandingkan dengan pergerakan mendung sebenarnya? Jika kamu pernah melihat model video yang demikian, berarti kamu sudah tahu apa itu Video Time Lapse atau Time Lapse Video.

Time Lapse Video adalah sekumpulan obyek gambar yang diambil dalam periode waktu beraturan untuk mempersingkat penayangan pergerakan sebuah proses, sehingga proses yang sebenarnya lama atau lambat untuk dilihat, dapat dilihat dengan waktu singkat atau sebaliknya. Misalnya proses terjadinya matahari terbit sampai terbenam, jika waktu yang sebenarnya proses tersebut terjadi kurang lebih selama 12 jam, namun dengan menggunakan Time Lapse Video, itu bisa diringkas menjadi 5 menit, misalnya.

Untuk contoh video time lapse, kamu bisa lihat melalui youtube dengan keyword "Time Lapse Video", sudah banyak orang yang telah membuat model video model beginian. Nah, lazimnya, video ini bisa dibuat oleh kamera sekelas DSLR, namun untuk handphone ber-OS android pun nyata-nyata sudah bisa digunakan untuk membuat vide time lapse. Begitu juga dengan aplikasi android khusus untuk membuat model video ini, di playstore banyak aplikasi semacam ini.

Namun untuk pengguna Xiomi Redmi 2, Xiomi Redmi 2 Prime, Xiomi Redmi 3 dan xiomi di atasnya, khusus bagi yang telah melakukan upgrade MIUI 8, kita tidak perlu lagi mendownload aplikasi Time Lapse Video dikarenakan pihak pengembang telah menanamkan fiture Time-Lapse di Xiaomi Redmi.

Bagi kamu yang belum melakukan upgrade MIUI, dan ingin mempunyai handphone yang memiliki fitur Time-Lapse, buruan segera update. Kalau belum tahu cara update xiaomi, silakan baca artikel ini:  Cara Upgrade Xiaomi ke MIUI 8. Dan bagi kamu yang ingin melakukan pengaturan setting kamera xiaomi sehingga berasa kamera DSLR, bisa kamu baca artikel ini: Cara Mengoptimalkan Kamera Xiaomi Seperti Kamera DSLR.

Lantas bagaimana cara menggunakan fitur Time-Lapse pada Xiaomi Redmi? Caranya cukup mudah saja. Kamu tinggal membuka aplikasi kamera, kemudia pilih perekaman video, pilih Mode kemudian pilih lagi Time-Lapse. Sangat simple sekali. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil rekaman yang maksimal, tidak se simple cara menggunakan fitur Time-Lapse. Ada kiat-kiat khusus yang harus kamu lakukan. Nih saya kasih tipsnya:
  1. Sebelum berniat mengambil obyek, pastikan baterai handphone kamu penuh, karena proses ini memerlukan waktu yang cukup lama.
  2. Pilihlah obyek bergerak, namun tidak semua obyeknya bergerak supaya telihat bagus. Misalnya nih, obyeknya kamu, kamu berdiri di pinggir jalan raya membelakangi orang yang hilir mudik. Nah, video Time-Lapse model seperti ini bagus. Solanya, kamu bisa menampilkan lajunya orang berkendara, sedangkan kamu sebagai obyek utamanya hanya diam berdiri.
  3. Perbandingan waktu antara waktu sebenarnya dengan waktu Time-Lapse 2:1, jadi 2 detik menjadi 1 detik. So ini masih bisa kita percepat lagi.
  4. kamu haru sabar dan tlaten menunggu proses. Oh ya, usahakan kamera kamu tidak gerak-gerak supaya hasilnya bagus. Lebih bagusnya lagi kamu pakai tripod. Cukup letakkan handphone pada posisi yang bagus sesuai dengan letak obyek. Kemudia rekam dan kamu bisa melakukan apa yang kamu mau.
Ok deh, cukup sekian artikel dari saya. Ada kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih sudah membaca artikel berjudul Cara Membuat Video Time Lapse dengan Kamera Xiaomi MIUI 8. Kehadiranmu di blog ini, sangat berkesan buat saya. Thanks

Disqus Comments