Blog Mas Trigus Valid AMP (Accelerated Mobile Pages)

Mastrigus.com. Sejak 2012 saya bermain blog, meskipun begitu, sampai saat ini penguasaan saya terhadap ilmu blog masih juga sedikit, artinya dari 4 tahun yang lalu penguasaan terhadap ngeblog masih belum bisa dikatakan mumpuni, apalagi mastah. Sungguh terlalu.

Bayangkan, untuk menulis kode HTML saja saya masih belum bisa, dan untuk mengantisipasi ini saya memilih untuk terus megikuti blog-blog para mastah supaya jika ada update pengembangan blog terkini, saya tidak ketinggalan.

Berawal dari iseng-iseng sampai akhirnya jadi kebiasaan, ngeblog bukanlah salahs atu pekerjaan yang bisa saya andalkan. Kamu yang suka ngeblog tentu tahu apa alasannya? Iya benar. Saya hampir kere karena mentlateni blog. Walah bahasane njowo metu.

Belum juga pintar mengelola blog dengan ketikan HTML sendiri, baru-baru ini google sudah menerapkan kebijakan baru lagi. Dan sayangnya kebijakannya ini sangat membuatku frustasi. Kepana bisa begitu? Ya karena saya tidak paham dengan kebijakannya.

Pertama kali mengetahui kebijakaan baru ini, saya mendapatkan info dari Bang Adhy Suryadi. Waktu itu bliao sering menyebut kata AMP. Yang ku kira AMP kepanjangan dari Aku Masih Perjaka (AMP). Namun setelah saya menguntit terus artikel di blognya Bang Adhy, saya jadi tahu apa yang disebut dengan AMP.

AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages yang apabila diterjemahkan secara jujur melalui google translate didapati arti Pages Ponsel dipercepat. Tahu kan maksudnya? Jadi maksudnya adalah mempercepat loading web melalui smarphone (kira-kira begitu).

Kelebihan dari AMP jika dibandingkan web bukan AMP adalah, saat membuka laman web yang valid AMP, maka akan dimuat 4 kali lebih cepat dan 10 kali lebih hemat data internet. Jadi pastinya projek baru dari google ini ingin memberikan pelayanan dan pengalaman bagi para pengguna smartphone. Biar mereka jadi lebih puas gitu maksudnya.

Dengan adanya kebijakan google AMP itu, otomatis bagi para penjaja konten melalui blog wajib melakukan perombakan besar-besaran pada blognya.

Kalian para blogger tahu sendirilah kalau kita ini adalah orang yang tidak merdeka dalam mentlateni pekerjaan ngeblog. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus tetap patuh terhadap kebijakan google. Ya dari pada kita tidak mendapatkan trafik pengunjung.

Akhirnya, karena satu-satunya mastah terpercaya yang saya kenal adalah Bang Adhy Suryadi, saya menghubungi bliao, alih-alih sudah membuat tempalte blog yang sudah valid AMP.

Kebetulan sekali, ternyata bliao telah membuat template kompi flexible menjadi valid AMP, sebelumnya saya memang menggunakan templat kompi flexible yang ciamik, pokoknya saya suka.

Nah, tidak ingin membuang kesempatan, dan mumpung belum banyak blogger yang mengubah blognya hingga valid AMP, akhirnya saya membeli templat kompi flexible valid AMP dengan harga miring. Memang baik sekali mastah favorit saya itu.

Dan hasilnya, saat ini blog mastrigus.com sudah valid AMP. Bisa kamu rasakan perbedaannya melalui handphone.

Namun pekerjaan tidak cukup hanya dengan mengganti templatenya saja. Jika kita ingin mengubah blog menjadi valid AMP, berarti kita harus melakukan edit seluruh post yang sudah kita buat. Satu persatu bro, tidak bisa enggak.

Dan hari-hari berikutnya, saya akan sibuk melakukan edit posting supaya valid AMP. Tidak banyak sih sebenarnya, cuma sekitar 400 posting saja. Ada yang mau bantu?

Disqus Comments