Paditren.com - Solusi Digital Marketing Bagi UMKM Trenggalek

Paditren.com - Dunia semakin modern, hal ini ditunjang dengan adanya fasilitas internet yang sudah digunakan hampir seluruh masyarakat dunia. Hal ini tentu juga mempengaruhi berbagai kondisi yang ada di dunia. katankalah promosi produk, jika dahulu kala masih menggunakan cara-cara konvensional, sekarang sudah lebih mudah lagi. Misalnya promo menggunakan facebook ads atau google ads.

Perubahan ini juga mempengaruhi cara pikir manusia, seperti halnya manusia yang sudah termanjakan oleh berbagai teknologi, maunya serba mudah dan terpercaya. Ini dibuktikan dengan adanya berbagai fasilitas yang memang memudahkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya untuk membeli tiket, jika dahulu kita harus mendatangi tempat agen-agen tiket, sekarang semua itu bisa dilakukan melalui smartphone.

Tidak ketinggalan juga dalam dunia bisnis, dikutip dari situs startupbisnis.com, dijelaskan bahwa data dari lembaga riset ICD memprediksi bahwa pasar e-commerce di Indonesia akan tumbuh 42% dari tahun 2012-2015. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan negara lain seperti Malaysia (14%), Thailand (22%), dan Filipina (28%).

Sebut saja beberapa diantaranya adalah raksasa Lazada dan Zalora, Berrybenka, Tokopedia, Bilna, Saqina, VIP Plaza, Ralali dan masih banyak lagi. Mereka adalah sebagian contoh dari perusahaan e-commerce yang sukses dan berhasil dalam memanfaatkan peluang pasar e-commerce di Indonesia yang sedang naik daun.

Dibuatnya marketplace semacam itu tentu untuk tujuan bisnis yang menyasar pada kebutuhan manusia akan kemudahan. Tidak bisa dipungkiri, dalam waktu yang relatif singkat, para startup dibanjiri oleh antusiasme masyarakat yang membutuhkan kemudahan.

Membicarakan jual beli, tidak bisa meninggalkan aspek promosi, karena sudah jelas bahwa promo membantu untuk menaikkan penjualan produk. Bagi para penjual yang sudah akrab dengan kehadiran internet, tentu lebih mudah memahami bagaimana marketplace semacam Lazada atau Bukalapak dapat digunakan untuk memberikan value bagi bisnisnya. Dengan fasilitas bebas daftar dan bebas penjualan, mereka para penjual ini dapat lebih mudah mempromosikan produknya melalui marketplace.

Ini menjadi tantangan sendiri bagi kalangan UMKM. UMKM, usaha mikro, kecil dan menengah saat ini menjadi perhatian  pemerintah. Mau tidak mau mengakui, UMKM sudah terbukti dapat menjaga kesetabilan ekonomi suatu daerah. Itu disebabkan karena adanya kemandirian masyarakat dalam menciptakan pekerjaan baru.

UMKM secara jelas memuat tiga unsur pelaku usaha, yakni: Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Usaha Menengah. Di Kabupaten Trenggalek, keberadaan UMKM masih didominasi oleh para pelaku usaha mikro. Menurut pantauan yang saya lakukan, kelemahan yang ada pada pelaku usaha mikro ini berada pada masalah kualitas produk, packaging dan juga marketing. Namun untuk masalah semangat, para pelaku usaha mikro dan kecil mengaku semangat untuk memajukan bisnisnya.

Paditren.com
Seperti yanh telah saya jelaskan di atas bahwasanya, UMKM Trenggalek mengalami kendala daalam hal pemasaran. Untuk itu paditren.com hadir untuk memberikan solusi bagi pemasaran UMKM Trenggalek. Sebenarnya ada banyak kendala yang menghalangi tumbuh kembangnya UMKM di sini, namun, untuk mengatasi masalah pemasaran UMKM, paditren.com adalah jawaban yang tepat.

APA ITU PADITREN.COM
Paditren.com adalah media online berbentuk market place yang berfungsi untuk memberikan solusi bagi UMKM Trenggalek dalam hal pemasaran. Namun meskipun berbentuk marketplace, namun tidak seperti marketplace pada umumnya. Paditren mengelola segala jenis produk yang terdisplay di situsnya. Jadi tidak seperti bukalapak atau tokopedia yang mengizinkan penggunanya untuk berjulalan barang secara bebas (bebas dalam arti, bebas meletakkan gambar langsung dari produsen atau pengguna bebas mendsiplay barangnya), paditren melakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap produsen satu persatu.

Hal ini dimaksud untuk menjaga kualitas produk yang dijual melalui paditren. Selain itu, UMKM Trenggalek seyogyanya belum banyak yang familiar dengan model pemasaran melalui marketplace, meskipun ada beberapa yang sudah memanfaatkan marketplace.

Jadi secara sederhana, sistem rekrutmen penjual di paditren adalah:
  • Melakukan list UMKM yag ada di Trenggalek, data bisa diambil melalui Dinas terkait atau melalui form pendaftaran langsung paditren di www.paditren.com/daftar.
  • Paditren melakukanferivikasi data dengan terjun langsung kelapangan. Artinya, tim paditren mendatangi satu persatu pelakuusaha untuk memastikan bahwa produk mereka memang ada dan layak untuk dijual.
  • Setelah verifikasi berhasil, kemudian paditren membuat jadwal pemotretan. produk UMKM difasilitasi untuk dibuatkan konten produk terbaik.
  • Paditren dan pelaku usaha melakukan pendetailan terhadap setiap produk yang telah di foto. Mulai dari nama produk, harga produk, berat produk, ukuran produk dan data lainnya. Apabila pelaku usaha belum memiliki, maka pihak paditren membantu mereka sampai tuntas.
  • Jika sudah selesai dalam pembuatan konten, paditren mendisplay gambar di situs paditren.com. Selanjutnya akan dilakukan promosi atau pengiklanan baik di facebook, instagram, google dan media sosial lainnya.
  • Semua ini dilakukan tanpa mengambil biaya dari pelaku usaha alias Free atau gratis.
Kemudahan ini diharapkan dapat memberi semangat kepada para pelaku usaha pada umumnya dan pelaku usaha khusus di Trenggalek. Supaya mereka tidak terlalu terbebani oleh masalah pemasaran.

Ada layanan mudah serta gratis begini, kira-kira ada yang tidak tertarik untuk bergabung nggak ya?

Disqus Comments