Bantu saya menjaga blog ini tetap hidup. Ingin sedekah pulsa? di nomor ini: 0812 3175 6711

Cara Mudah Membuat Dual Aplikasi di Handphone

Mastrigus-AMP. Banyak orang menginginkan untuk bisa memiliki dua aplikasi yang sama pada HP nya dengan berbagai alasan. Ada yang menginginkan untuk alasan kerja, ada yang beralasan untuk memisahkan aplikasi pribadi dan umum, atau menginginkan untuk dapat bermain game dengan akun berbeda. Malah yang lebih parah, mereka menginginkan dual aplikasi untuk membedakan mana aplikasi untuk chat pacar dan aplikasi untuk chat selingkuhan. Nah kurang ajar bener kan orang mode begini.

Dual aplikasi memang bisa dibuat, bahkan di handphone sekelas Redmi 2/prime, memang ada fitur untuk membuat dual aplikasi. Keren kan?

Sebelum membahas ini lebih lanjut, kamu sudah tahu belum apa itu dual aplikasi? Jika sudah langsung saja beranjak ke step pembuatan. Dan jika belum, silakan melanjutkan membaca tutorial keren ini.

Dual aplikasi adalah, aplikasi yang di cloning menjadi dua, sehingga kita bisa memperlakukan fungsi sebenarnya dari aplikasi tersebut seperti layaknya memiliki dua hanphone. Misal. Membuat whatsapp menjadi dua buah di satu Hp, membuat aplikasi facebook menjadi dua buah di satu hanphone, membuat BBM, membuat line dll.

Dual aplikasi sangat diperlukan oleh para pebisnis pemula yang biasanya minim modal, misalnya: ingin membedakan mana Whatsaap untuk pribadi dan mana whastapp untuk bisnis (sebagai layanan customer service), jika harus membeli dua HP. modalnya minim, oleh karenanya, lebih baik memaksimalkan potensi dari hanphone yang sudah dimiliki.

Ada aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu guunakan untuk membuat dual aplikasi, namun karena di sini saya ingin membahas cara membuat dual aplikasi di Xiaomi redmi 2/prime, maka saya hanya fokus di sini.

Beberapa waktu lalu, pihak pengembang MIUI telah menambahkan fitur dual aplikasi yang bisa ditemukan di menu seting. Namun, tidak semua jenis HP mendapatkan fitur ini, karena alasan resource kecil pada HP tertentu. So saya yang sejak semula memakai redmi 2, bisanya cuman gigit jari.

Namun, kekecewaan tersebut tidak berlangsung lama setelah secara tidak sengaja saya mengganti rom stable ke rom developer (Baca: Perbedaan MIUI Stable Rom dan MIUI Developer Rom), saya menemukan fitur dual aplikasi dan juga menemukan fitur second space di menu seting.

Karena sebelumnya sudah dikecewakan oleh beberapa mastah yang menyatakan tidak ada fitur dual aplikasi di redmi 2, saya tidak berusaha untuk mencari tahu lagi sehingga secara kebetulan menemukannya di MIUI 8 versi developer rom.

Nggak kebayang kan senengnya saya, karena sebenarnya sangat membutuhkan dual aplikasi ini.

Nah, bagi kamu yang menginginkan dual aplikasi tersebut, bisa kamu pelajari langsung dari artikel saya sebelumnya. Karena caranya sama antara memunculkan fitur second space dan fitur dual apps.

So, langsung saja ikuti link ini: Cara Mudah Membuat Dual Aplikasi di Handphone

Disqus Comments