Tips Sederhana yang Harus Anda Lakukan Sebelum Menyewa Apartemen di Jakarta

Ada beberapa pilihan yang bisa Anda tentukan sebelum memutuskan untuk tinggal di Jakarta dalam jangka waktu lama. Pertama, memilih hunian berupa kos yang membuat Anda hidup mirip seperti saat kuliah. Kedua, memilih kontrakan yang bisa Anda gunakan dengan teman-teman atau keluarga. Terakhir, menyewa apartemen yang jauh lebih bagus dan memiliki fasilitas yang lengkap.

Kalau Anda ingin mendapatkan hunian kelas wahid dan berada di tengah kota, pilihlah apartemen. Dengan memilih apartemen, Anda akan memiliki akses mudah ke semua tempat. Selain itu, apartemen juga memiliki sistem keamanan yang bagus meski kadang kala harga yang dipatok cukup menyesakkan.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa tips yang harus Anda lakukan sebelum menyewa apartemen di Jakarta. Diharapkan setelah membaca ini, Anda bisa memiliki gambaran lebih jelas tentang apartemen di Jakarta yang dewasa ini jumlahnya terus bertambah dengan pesat. Mari simak tips selengkapnya di bawah ini.

Lihat Anggaran yang Anda Miliki

Sebelum memutuskan untuk menyewa atau membeli apartemen di Jakarta, persiapkan anggaran. Apartemen memiliki harga sewa yang cukup mahal jika dibandingkan dengan kos-kosan biasa. Jika Anda merasa memiliki anggaran yang mencukupi untuk hidup di apartemen dalam jangka waktu yang lama, pilihlah apartemen yang terbaik. Namun, kalau Anda merasa tidak mampu, jangan memaksakan diri.

Intinya, sebelum berencana memilih atau menyewa apartemen di Jakarta, persiapkan anggaran dengan baik. Sisihkan uang khusus untuk biaya sewa apartemen agar Anda tidak perlu sampai keluar dari sana gara-gara tidak mampu membayarnya lagi. Jadi, bijaklah dalam memilih hunian di Jakarta terutama masalah apartemen yang sebagian besar terletak di kawasan elite.

Membandingkan Harga Apartemen

Meski berada di kawasan yang sama, harga sewa unit apartemen kadang memiliki selisih harga yang signifikan. Kalau Anda berencana menyewa apartemen di kawasan tersebut, pilihlah harga yang paling rendah dengan fasilitas yang nyaris tidak ada bedanya. Jangan langsung menyewa kalau ada yang lebih murah.

Zaman sekarang, Anda bisa dengan mudah melakukan riset harga sewa apartemen di Jakarta melalui web atau tanya langsung ke pengembang. Manfaatkan waktu ini dengan baik agar Anda mendapatkan harga terbaik namun fasilitasnya tetap lengkap. Selisih beberapa ratus ribu atau juta kan lumayan. Bisa untuk biaya bulanan seperti makan atau menonton film di bioskop.

Usahakan Dekat dengan Tempat Kerja

Sebelum memilih apartemen yang ada di Jakarta, pastikan terlebih dahulu apakah apartemen itu dekat dengan kantor atau tempat Anda melakukan aktivitas harian. Kalau letaknya cukup jauh, Anda masih harus menggunakan kendaraan pribadi atau umum sehingga kemungkinan boros.

Meski bukan prioritas pertama, menyewa apartemen di dekat kantor akan memudahkan Anda ketika berangkat. Tidak ada lagi yang namanya berangkat pagi buta lalu terjebak macet. Cukup jalan kaki atau menggunakan sepeda, Anda bisa mencapai kantor dengan cepat. Manfaatkan waktu Anda untuk melakukan riset apartemen agar tidak menyesal di kemudian hari.

Perhatikan Fasilitas Apartemen dengan Saksama

Untuk urusan keamanan, hampir semua apartemen di Jakarta memiliki sistem yang sangat bagus. Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah ini lagi sejak awal. Yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah fasilitas lain yang ditawarkan oleh apartemen. Lihatlah dengan teliti fasilitas apa yang kemungkinan diberikan selain masalah keamanan.

Kalau Anda menyukai apartemen yang memiliki fasilitas kolam renang, pilihlah yang ada kolam renangnya. Kalau Anda ingin apartemen yang memiliki fasilitas kesehatan seperti tempat fitness, pilihlah apartemen tersebut. Intinya, sesuaikan fasilitas dari apartemen sesuai dengan kebutuhan agar saat tinggal di sana Anda jadi kerasan.

Membuat Perjanjian Sewa Apartemen

Sebelum menyewa apartemen, buatlah surat perjanjian dengan pengembang atau pemilik apartemen. Dalam surat perjanjian itu harus ada jumlah uang sewa yang harus dibayarkan, jangka waktu sewa, biaya tambahan untuk listrik atau air, dan sebagainya. Tanyakan juga jika sampai ada kerusakan bagaimana mekanisme penggantiannya.

Selanjutnya tanyakan juga mengenai fasilitas yang bisa didapatkan. Biasanya penyedia apartemen akan meminta Anda memilih fasilitas biasa atau fasilitas lengkap. Fasilitas biasa meliputi kebersihan ruangan sedangkan fasilitas tambahan bisa akses ke kolam renang, tempat fitness, hingga lapangan golf. Buat semuanya jadi lengkap agar Anda tahu apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Melakukan Pemeriksaan Apartemen Sebelum Digunakan

Setelah mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, lakukan pengecekan apartemen dengan saksama. Lihat setiap sudut untuk memeriksa apakah ada kerusakan sebelum Anda tempati. Periksa juga apakah perabot yang disediakan bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Periksa saluran listrik, lampu, saluran air, gas, dan alarm dari kamar. Kalau semuanya dalam kondisi baik, Anda bisa segera menempatinya. Oh ya, kalau bisa mintalah trial atau coba tinggal selama 1-2 hari untuk melihat situasi di apartemen dan mengetahui apakah nantinya Anda betah atau tidak.

Inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum menyewa apartemen di Jakarta. Semoga bermanfaat!
Disclaimer: Artikel dalam blog mastrigus.com ini sepenuhnya hasil karya pribadi yang ditulis dengan ketulusan dan cinta. Tidak diperkenankan mengambil isi artikel tanpa izin ke pemilik. Jika butuh, silakan hubungi saya di 081231756711 (WA ONLY).

BACA ARTIKEL LAINNYA: