Bantu saya menjaga blog ini tetap hidup. Ingin sedekah pulsa? di nomor ini: 0812 3175 6711

Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Mastrigus.com - Cara menghemat baterai handphone sebenarnya sangat mudah. Tidak perlu berpikir susah-susah, silakan mematikan data celulernya, otomatis handphone kita menjadi lebih irit lagi. Waaaaaah, ngawur. Nggak segitunya juga kalek. Serius sedikit kenapa?

Ok guys, saya serius. untuk menghemat baterai handdphone, khususnya xiamoi, kita kudu pintar-pintar mengatur handphone supaya tidak terlalu boros. Untuk handphone xiamoi 2/prime, masa pakai baterai setelah penuh dicharger rata-rata sehari namun tidak sampai 24 jam. Namun jika kita lebih seletif lagi dalam memilih aplikasi mana saya yang bisa running, sebenarnya baterai handphone kita masih bisa dihemat.

Penyebab baterai hanphone boros alias tidak hemat ada beberapa, di antaranya:
  • Pemakain data celuler (internet),
  • Konek ke wifi,
  • Banyaknya aplikasi yang berjalan saat kita tidak memakainya,
  • Memakai handphone untuk game tanpa henti

Rata-rata penggunaan baterai paling boros ya di atas, tidak percaya? silakan cek handphone kamu (khusus xiamoi), caranya:
  1. Buka aplikasi Pengamanan
  2. Pilih Baterai
  3. Pilih Konsumsi Baterai
  4. Silakan lihat, aplikasi apakah yang paling banyak memakan bateraimu.

Nah, enaknya, di handphone Xiaomi, ada pengaturan yang dapat digunakan untuk mengontrol penggunaan baterai. Aplikasi yang sudah disematkan semenjak kita membeli handphone baru ini sedikit banyak dapat membantu untuk menghemat penggunaan baterai.

Cara memakainya bagaimana?

  1. Buka aplikasi Pengamanan
  2. Pilih Baterai
  3. Pilih Penghemat Baterai
  4. Pastikan mode penghemat baterai telah dicentang (menjadi warna biru). Selain itu, kamu juga bisa mengatur jadwal mode hemat baterai handphone ini. Misalnya nih, kamu tidak memakai handphone saat kamu sedang tidur (ya eyalaaah). Maka kamu bisa mengatur jadwal on/off mode hemat handphone. Untuk mengaktifkannya silakan centang Jadwalkan waktu ganti antar Mode, lalu atur dari jam kamu biasa tidur dan jam bangun kamu.

Kalau cara ini masih kurang hemat menurut kamu, kamu bisa mengatur lagi supaya bisa lebih hemat lagi (pelit amat jadi orang). Caranya:
  1. Buka aplikasi Pengamanan
  2. Pilih Baterai
  3. Pilih Penghemat baterai aplikasi
  4. Di dalam menu tersebut kamu bakal menemukan banyak aplikasi yang menggunakan baterai. 
  5. Pilih salah satu aplikasinya, nah kamu menemukan beberapa opsi penghemat baterai. Silakan memilih salah satunya
  6. Tapi kamu harus ingat, jika aplikasi dibatasi alias tidak boleh berjalan di latar belakang (saat kamu tidak membuka aplikasi tapi aplikasi tetap jalan), kamu bisa tidak mendapatkan notif saat ada pesan masuk. Misalnya kamu membatasi aplikasi Whatsapp, maka jika kamu memilih mode pembatasan Batasi aktivitas latar belakang, maka kamu tidak mendapatkan pesan masuk ketika tidak membuka aplikasi tersebut. (Pelit itu selalu ada konsekuensinya kan?).

Jika mode pembatasan pemakaian baterai ini masih belum membuatmu puas (saya rasa kamu memang pelit), kamu bisa melalukan ini lagi, yaitu pembatasan penggunaan seluler. Caranya:
  1. Buka aplikasi Pengamanan
  2. Pilih Pengunaan Data
  3. Pilih Batasi penggunaan data
  4. Perhatikan, aplikasi yang tampil di menu tersebut adalah aplikasi yang menggunakan data, jadi...
  5. Perhatikan, ada dua jenis penggunaan data. [1] Data seluer dan [2] Data wifi. Silakan atur sendiri, mana saja aplikasi yang tidak kamu perlukan sebaiknya jangan izinkan memakai internet.

Tips Menghemat Baterai Xiaomi

Menggunakan handphone kudu bijak guys, apalagi jika kamu menginginkan handphone kamu hemat baterai, maka harus selektif lagi. Misalnya saja, kamu tidak terlalu mementingkan email, maka lebih baik membatasi aplikasi email dan gmail supaya tidak berjalan di latar belakang dan juga menggunakan data internet saat tidak kamu pakai.

Perhatikan juga spesifikasi handphone kamu, jika baterai kamu tidak memiliki ukuran Mah besar, sebaiknya tidak terlalu memaksakan untuk menginstal terlalu banyak aplikasi. Sebaiknya instal aplikasi yang paling kamu butuhkan.

Dan ingat, jangan memakai aplikasi pihak ketiga untuk menghemat baterai kamu. Karena sebagian aplikasi tersebut harus berjalan di latar belakang. Apa jadinya jika kamu hendak menghemat baterai handphone dengan cara membatasi aplikasi namun menggunakan aplikasi yang justru malah membebani. So bijaklah dalam merawat kekasihmu itu, soalnya, kalau sampai hp kamu rusak, kelar hidup lo. Ok guys, semoga bermanfaat.

SILAKAN MEMBACA ARTIKEL LAINNYA:

Disqus Comments