5 Kebiasaan Untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat

Mastrigus.com - Penyakit Jantung adalah salah satu penyakit yang mematikan, oleh karenanya menjaga jantung tetap sehat adalah suatu keharusan. Penyakit jantung bukan hanya menyerang orang tua saja namun bisa menyerang yang muda juga. Jadi menjaga kesehatan jantung tidak perlu menunggu usia Anda bertambah tua, lakukan sedini mungkin supaya hidup Anda jadi lebih indah.
Supaya jantung tetap sehat Anda bisa menjalankan gaya hidup sehat dan melakukan deteksi dini terhadap penyakit tersebut. Pria dan Wanita yang tidak merokok serta memiliki berat badan normal, rajin melakukan olahraga, diet sehat dan juga jarang minum minuman beralkohol 83 persen lebih rendah terkena serangan penyakit jantung dibandingkan pria atau wanita yang hobi merokok dan suka minum alkohol.

Lalu hal apa sajakah yang bisa kita lakukan supaya jantung kita tetap sehat? Nah kali ini mastrigus.com akan memberikan contoh lima kebiasaan yang bisa dilakukan untuk melindungi jantung tetap sehat.

1. Kurangi Merokok
Akttifitas merokok adalah hal amat buruk untuk kesehatan jantung, arteri serta paru-paru. Zat yang terkandung pada azap rokok sangatlah berbahaya untuk kesehatan tubuh terutama jantung dan paru. Oleh sebab itu berhenti merokok sangat dianjurkan supaya jantung Anda tetap sehat.

2. Rajin Olahraga
Aktifitas olahraga juga bisa membantu menjaga jantung tetap sehat, dengan tubuh yang sering bergerak maka dapat menjauhkan Anda dari resiko penyakit jantung dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, olahraga bisa dilakukan selama 30 menit setiap hari.

3. Jaga berat badan
Orang yang memiliki berat badan yang berlebih (gendut) memiliki resiko besar terkena penyakit jantung, karena lemat yang hadir dalam perut mereka dapat membahayakan Jantung. Jadi jika Anda memang gemuk, Anda bisa menurunkan 5-10 persen dari berat badan awal.

 4. Konsumsi Makanan Sehat
Selain olah raga dan menjaga berat badan, Asupan makanan juga dapat menjadi pengaruh kesehatan jantung. Oleh karena itu mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran segar sangat dianjurkan untuk menjaga jantung tetap sehat. Konsumsilah makanan dengan nutrisi lengkap, serta perbanyak buah dan sayur, biji-bijian, lemak sehat, dan protein sehat. Lalu kurangi makanan olahan, garam, daging merah dan minuman soda atau minuman manis lain.

5. Hindari Mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.
Untuk menjaga jantung tetap sehat, hindarilah mengkonsumsi alkohol berlebihan. Jika Anda memang tidak bisa menghindarinya, usahakan minum hanya satu atau dua gelas minuman beralkohol per hari. Namun mntuk menjaga jantung tetap sehat, akan sangat baik bila Anda tidak mengonsumsi minuman beralkohol sama sekali.

BACA JUGA: Mengenali Tanda-Tanda Serangan Jantung
Nah itulah 5 kebiasaan untuk menjaga jantung tetap sehat, tanamkan dalam diri Anda bahwa kesehatan adalah hal penting. Dengan begitu kebiasaan – kebiasaan diatas dapat Anda jalani dengan mudah. Ingat hidup Anda bukan untuk diri Anda sendiri, ada orang – orang yang menyayangi dan tidak ingin Anda sakit.

SILAKAN MEMBACA ARTIKEL LAINNYA:

Disqus Comments