Tips Mengatasi Kegemukan atau Obesitas

Mastrigus.com- Obesitas atau kegemukan adalah salah satu keluhan yang sedang ngetren di masa sekarang. Sepertinya, orang di masa lampau tidak terlalu dirisaukan oleh obesitas, itu berbeda dengan orang-orang di masa sekarang. Obesitas mungkin disebabkan oleh pola makan, atau disebabkan oleh sesuatu yang biasa dimakan. Dalam menghadapi kelebihan berat bada ini, biasanya yang paling dirisaukan adalah wanita, berbeda dengan lelaki, meskipun obesitas juga sering membuat lelaki tidak percaya diri, namun lelaki lebih santai dalam menghadapi obesitas.

Yang ditakutkan dari obesitas sebenarnya bukan masalah berat badannya saja, akan tetapi obesitas bisa saja mempengaruhi kesehatan fisik, selain itu ditemukan beberapa orang mengalami gangguan nafas (sesak nafas) yang disebabkan karena obesitas, terkadang juga sering sakit kepala, gerak tubuh menjadi lamban.

Obesitas dapat diatasi, bisa juga untuk dihindari, berikut ini adalah tips cara mengatasi obesitas atau kegemukan:
  1. Hindari jenis-jenis makanan yang digoreng dan juga hindari terlalu banyak mengkonsumsi kacang tanah. Kalau anda menyukai camilan sejenis kacang tanah, dapat digantikan dengan kedelai.
  2. Konsumsilah buah-buahan asam yang berair secara rutin.
  3. Minumlah 4 sampai 5 liter air setiap hari. Akan lebih bagus kalau meminum 1 gelas larutan jeruk nipis yang dicampur dengan sedikit garam pada waktu pagi, siang dan malam hari.
  4. Kurangilah konsumsi gula, dan jika menginginkan makanan atau minuman yang manis, gunakan saja madu sebagai pengganti gula. (Konsumsi madu tidak melebihi 3 sendok makan setiap hari)
  5. Jadikanlah sup sayuran sebagai menu makanan setiap hari. Akan lebih baik lagi kalau dapat mengkonsumsi sayur-sayuran segar pada waktu siang dan malam hari.

Sebelum obesitas datang, sebenarnya kita bisa melakukan pencegahan lebih dini. Misalnya dengan membiasakan diri berpuasa (puasa senin kamis sangat dianjurkan), melakukan gerak tubuh secara aktif dan rutin dan lain-lain.

SILAKAN MEMBACA ARTIKEL LAINNYA:

Disqus Comments