Cara Memaksimalkan Performa Komputer Spesifikasi Rendah

Ada pemahaman yang  kurang tepat di masyarakat, bahwa untuk mendapatkan performa PC / Laptop yang maksimal, hal pertama yang harus dipenuhi adalah spesifikasinya harus  “dewa”, komponen-komponen yang melekat harus branded, dan software harus lengkap.

Pemahaman seperti itu tidaklah kurang benar, karena performa komputer harus menyesuaikan dengan fungsi dari komputer itu sendiri. Bagi mereka yang tidak memiliki cukup anggaran untuk mendapatkan komputer mahal dan spek bagus, kita bisa melukan optimasi pada komputer spesifikasi PC /Laptp yang minimal, namun tetap bisa mendapatkan performa yang maksimal.

Berikut tips-tips nya :

  1. Apabila PC/ Laptop hanya memiliki ram 1 atau 2 Gb ( kurang dari 4 gb) , hindari menggunakan windows 64 bit. Windows  xp atau windows 7 32 bit adalah pilihan utama, Anda juga bisa menggunakan sistem operasi linux.
  2. Pisah penempatan file system dan file data. Normal nya, drive C hanya digunakan untuk file system, untuk file data bisa ditempatkan pada drive D, atau E  ( tergantung sebeapa banyak partisi / hardisk pada PC / laptop anda).
  3. Cek secara rutin aplikasi yang muncul saat startup.  Usahakan hanya antivirus dan aplikasi yang penting, hapus aplikasi yang tidak digunakan pada startup manager.
  4. Sesuaikan spesifikasi dengan penggunaan. Maksudnya PC / laptop dengan spesifikasi ram di bawah 4 gb lancar dipakai untuk office, game dengan grafis standar, dan lain lain. kurang sesuai jika digunakan untuk desain grafis.
  5. 5Apabila anda ingin menggunakan Pc/laptop dengan spesifikasi ram 4 gb ke bawah untuk desain grafis, gunakan aplikasi versi lama ( photoshop CS, coreldraw 14, dll ) Karena versi terbaru membutuhkan ram dan prosesor yang lebih tinggi.
  6. Cek dan defrag secara teratur setiap partisi laptop, space kosong minimal adalah 10gb, untuk menghindari badsector dan cata corrupt.
  7. Hindari memasang aplikasi yang tidak penting, atau bahkan tidak tau kegunaannya. Caranya degan rutin mengecek control panel.
  8. Hanya gunakan 1 antivirus, karena antivirus menggunakan sangat bayak RAM. Selain itu penggunaan antivirus lebih dari dua, bisa saja terjadi crash yang menyebabkan koimputer anda semakin lambat.
  9. Gunakan linux jika anda punya cukup banyak waktu untuk belajar menggunakan system operasi ini. 90% aplikasi windows tersedia pada sistem operasi ini. Disamping itu, linux lebih aman dari serangan virus jika dibandingkan windows.

Demikian tips singkat yang bisa saya berikan, dengan ketelatenan dan perawatan yang rutin, anda bisa mendapatkan performa maksimal dari PC/ Laptop yang anda miliki.
Disclaimer: Artikel dalam blog mastrigus.com ini sepenuhnya hasil karya pribadi yang ditulis dengan ketulusan dan cinta. Tidak diperkenankan mengambil isi artikel tanpa izin ke pemilik. Jika butuh, silakan hubungi saya di 081231756711 (WA ONLY).

BACA ARTIKEL LAINNYA: