Cara Optimasi Windows 10 Supaya Lebih Ringan dan Cepat

Optimasi Windows 10. Hai guys, sudah mencoba windows 10 belum? Kalau belum sebaiknya cepetan kamu coba gih, supaya tidak ketinggalan zaman dan gaptek. Pasalnya, windows 10 dipercaya bakal memberikanmu efek gahul dan kekinian ketimbang memakai windows 7, meski sebenarnya secara fungsi, ya hampir sama saja.

Untuk urusan memakai Operating System atau disingkat OS, khusus garapan microsoft, saya sudah hanya sempat pernah memakai windows XP, Windows 7, Windows 8 dan 8.1, dan yang terakhir windows 10, baik versi beta maupun versi windows 10 anniversary. Jadi sedikit banyak saya tahulah mana kelebihan dan kekurangan masing~masing.

Nah karena kita sudah berada di tahun 2017, rasanya gimana gitu kalau membahas masalah windows XP, meski membahas windows 7 pun belum sepenuhnya dikatakan expired, namun saya merasa menjadi menusia kekinian jika memaksa diri untuk membahas windows 10.

Windows 10, berhasil saya tanam di laptop merk Acer tipe Aspire 4741G. Laptop saya yang sudah memiliki kapasitas RAM 4 GB berkat hasil dari upgrade ini mampu menjinakan windows 10 dengan sangat baik. Terbukti, meski tidak secepat kilat ketika saya menanamkan windows XP, namun untuk performance windows 10 bisa dikatakan uajib.

Itu karena tampilan 10 sengaja menyuguhkan tampilan didesain yang menjadi eye catching dan penuh warna. Bagi pemakai komputer yang spesifikasinyaa mirip~mirip dengan laptop saya, ada bainya memakai windows 10.

Namun, untuk urusan kecepatan Operating System ketika digunakan, sebenarnya sangat ditentukan oleh spesifikasi komputer itu sendiri. Jadi jangan nggabyek dan keras kepala ya guys, kamu harus tetap memperhatikan laptop kamu.

Memang sebagian pemakai windows 10 mengeluhkan performance, alasannya macam~macam, ada yang windows 10 lemot, windows 10 tidak langsung merespon atau apalah itu. Ya namanya buatan manusia pasti ada masalah, namun bagi orang yang keren, masalah bukanlah penghalang untuk bisa memakai windows 10 dengan normal.

Oke guys, dari pelbagai masalah yang kalian temui, saya hanya akan membahas masalah lemotnya windows 10. Jadi kalau kamu menemui kendala windows 10 yangs ering restart sendiri, mohon maaf, tidak akan kalian temukan sendiri.


Cara Optimasi Windows 10 Supaya Lebih Ringan


1.] Uninstall Software yang sudah tidak terpakai
Nuh guys, melakukan instalasi aplikasi yang tidak terlalu penting buat kamu juga bisa dibilang mubadzir, ketimbang seperti itu kan lebih baik jadi mubadok, hahaha. Maksud daru uninsta program yang tidak penting ini adalah, kamu harus kuat untuk tidak mempertahankan aplikasi yang kegunaanya misal hanya setahun sekali. Atau aplikasi yang benar~benar tidak kamu butuhkan disetiap harinya. Sudah tahu caranya apa belum?

Oke silakan KLIK KANAN di START pilih CONTROL PANEL pilih PROGRAM, nah silakan klik dua kali aplikasi yang tidak kamu butuhkan. Maksudnya tidak dibutuhkan adalah, kamu tidak memerlukan aplikasi itu di setiap harinya.


2.] Disable Fitur Shadows & Animation
Fitur shadow memang membuat tampilan windows 10 lebih kece, sedangkan animation membuat windows 10 lebih bergaya saat kita gunakan. Tapi itu akan menjadi kekurangan jika spesifikasi laptop kita tidak memadahi. Maka salah satu jalan supaya performance komputer yang kita gunakan tetap stabil, ada baiknya melakukan disable pada fitur shadows & animation. Soalnya mah kalau menimbang dari sisi manfaat, menurut saya tidak perlu.

Caranya adalah: Klik kanan pada Start Button ~ Pilih System ~ Kemudian Klik "Advanced system settings" dan klik tab Advanced. ~ Klik Settings button under Performance ~ Klik Adjust for best Performance atau custom ~ klik OK

Selanjutnya jika memilih custom, centang pada boks list sesuai gambar di bawah ini


3.] Nonaktifkan Programs di Startup
Program startup adalah aplikasi yang telah mengantongi ijin dari pengguna windows untuk melakukan start otomatis saat windows dihidupkan. Jadi karena sudah mendapatkan surat ijin dari kamu, aplikasi ini berjalan tanpa harus kamu suruh. Ceritanya begitu saudara.

Nah, program~program yang berjalan saat startup ini jika kebanyakan bakal mempengaruhi performance komputer kamu. Menurut pengalaman, karena ada beberapa aplikasi yang bekerja di halaman belakan, ternyata mempengaruhi penggunaan CPU atau RAM.

Jadi lebih baik, apikasi yang tidak terlalu penting untuk berjalan di belakang, lebih baik dimatikan. Caranya sudah pada tahu belum?

Ini caranya:  Klik Kanan tombol Start ~ Klik Task Manager ~ Klik tab Startup ~ Pilih aplikasi yang jarang dibuka ~ Klik kanan kemudian klik disable.


Nah guys, saya rasa dengan melakukan itu saja sudah terasa perbedaannya. Kalau saya sendiri sudah puas. Saat saya cek penggunaan CPU dan RAM, ternyata sudah turun drastis tidak seperti awalnya.

Dengan begini, kita bisa menikmati windows 10 tanpa harus takut berat dan lemot. Dan lagi, kita bisa meyakinkan diri bahwa kita adalah pengguna windows yang up to date. Jadi jangan takut dianggap gaptek yah. Selamat mencoba.

You Might Also Like: