Inilah Kelebihan Android 7.0 Nougat, Keren Banget!

Android 7.0 Nougat. Supaya tidak membosankan dan ditinggalkan oleh para pengguna, serta tidak tersaingi oleh pengembanga lain, sebuah perusahaan harus membuat inovasi baru guna menggebrak pasar dan memanjakan para penggunanya. Karena secara sederhana, jika seseorang selalu memberikan surprise pada kita, kita kan jadi seneng karena merasa diperhatikan. Ia nggak guys?

Nah, tidak berbeda dengan android, salah satu oeperating system berbasis linux kepunyaan Google ini kembali menghadirkan sebuah inovasi baru untuk kembali membuat jatuh cinta para penggunanya. Tercatat semenjak tahun 2009 lalu, hingga tahun 2017 ini sudah mampu membuat perubahan sebanyak 12 kali.

Perkembangan Andorid selaras dengan hasil yang ia terima, kamu masih ingat dengan android versi Cupcake yang dirilis tahun 2009 lalu, tentu sebagian besar orang mengatakan tidak ingat, karena memang versi ini tidak banyak dikenal. Tahun segitu kan masih dikuasai nokia. Lalu gebrakan muncul pada tahun 2014 melalui android Jelly Bean yang digunakan sekitar 53,7 % dari pengguna android seluruh dunia. Ini menunjukkan kalau android tidak main-main dalam inovasi.

Kalau kita perhatikan, ada 12 kali perkembangan android, di antaranya Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, Marshmallow, dan yang terakhir (20017) Nougat

Nah, di tahun 2017 ini, google kembali merilis update versi android yang ke 7 dengan nama Nougat. Tidak usah terlalu penasaran dengan nama-nama yang diberikan oleh android, mereka selalu memakai nama makanan untuk membedakan varian versi OS nya. Asumsikan kalau para pengembangnya doyan makan saja ya guys.

Apa saja keunggulan Android 7.0 Nougat? Banyak sekali kelebihan dari naugat ini guys, di antaranya, lebih banyak gula, madu, kacang serta buah kering sehingga membuat permen nougat menjadi lebih nikmat, hahaha.

Oke, mulai serius ya. berdasarkan kabar dari situs resminya, Android 7.0 Nougat memeliki kelebihan sebagai berikut:

PERFORMA ANDROID 7.0 NOUGAT

Untuk mengurangi pemborosan yang tidak berguna, google memberlakukan pengompilasi JIT (Just In Time) yang baru pada nadroid 7.0 sehingga mampu meningkatkan performa perangkat runtime, mengurangi kapasitas ruang penyimpanan yang diperlukan aplikasi, dan mempercepat update aplikasi dan sistem.

Selain itu para pengmbang juga menyematkan Mode VR Android Nougat siap mengantar Anda ke dunia baru. Kabarnya versi ini juga akan segera hadir dengan Daydream dan ponsel berkemampuan Daydream sehingga kamu bisa melihat keajaiban gadget yang tampak real. Hal ini juga didukung dengan adanya API Vulkan™: API Vulkan™ adalah sebuah inovasi hebat yang dapat menampilkan grafis 3D performa tinggi. Aplikasi tampak seolah hidup dengan grafis lebih tajam dan efek menawan.


ANDROID 7.0 NOUGAT HEMAT PENGGUNAAN BATERAI DAN DATA

Fitur Istirahatkan kini lebih canggih dengan penggunaan daya yang lebih rendah selagi kamu dalam perjalanan. Artinya, perangkat Androidmu akan menghemat daya baterainya selagi kamu menyimpannya di dalam saku atau tas. jadi nggak perlu lagi takut bateraimu boros pada sesuatu yang tidak penting lagi guys.

Selain hemat baterai, kabarnya android 7.0 lebih bisa menghemat data. Batasi banyaknya data dengan Penghemat Data. Saat Penghemat Data diaktifkan, aplikasi yang berjalan di latar belakang tidak akan dapat mengakses data seluler. Nah, dengan ini saat kamu tidak sedang memakai aplikasi tertentu, mereka tidak bakal bisa berjalan di latar belakang. Saya pernah mengulasnya loh, di sini guys: Inilah Penyebab Kuota Internet Android Cepat Habis


ANDROID 7.0 NOUGAT BISA MENJALAN DUA APLIKASI BERSAMAAN


Layakanya windows 10 yang bisa menjalankan dua pekerjaan dalam satu layar, Android 7.0 nougat juga memiliki fitur yang hampir sama. Fitur-fitur tersebut di antaranya:

Mode bagi-layar: Sekarang Anda dapat menjalankan beberapa tugas sekaligus dengan mudah. Jalankan dua aplikasi secara berdampingan dalam mode bagi-layar – tonton film sambil menulis pesan, atau baca resep sementara timer terbuka.

Mode picture-in-picture: Pada Android TV, Anda dapat terus menonton video sambil menjelajahi web atau mengubah setelan.

Alih cepat: Tap dua kali tombol Ringkasan untuk beralih antara dua aplikasi yang terakhir digunakan.

NOTIFIKASI KEREN PADA ANDROID 7.0 NOUGAT


Gabungan notifikasi: Lihat hal-hal baru dengan cepat melalui gabungan notifikasi dari tiap-tiap aplikasi. Cukup tap untuk melihat setiap notifikasi.

Balas langsung: Balas langsung memungkinkan Anda membalas pesan dengan cepat, langsung dari dalam kolom notifikasi. Jadi, Anda tidak perlu lagi membuka aplikasi untuk mengirimkan respons cepat.

Kontrol notifikasi: Saat muncul notifikasi, cukup tekan dan tahan untuk mengubah setelan. Jadi Anda dapat menonaktifkan notifikasi mendatang langsung dari setelan ini

PENYEMPURNAAN SISTEM ANDROID 7.0 NOUGAT


Setelan Cepat yang Dapat Disesuaikan: Tata ulang Setelan Cepat untuk akses lebih mudah ke aplikasi yang Anda inginkan.

Menu Setelan Cepat: Setelan Cepat dirancang ulang untuk memberi Anda akses lebih mudah, langsung di area notifikasi.

Navigasi Setelan yang disempurnakan: Temukan setelan yang tepat dengan cepat melalui menu navigasi yang telah diperbarui.

Saran Setelan: Dari dalam Setelan, dapatkan saran tentang cara mengoptimalkan perangkat.

'Hapus semua' di Ringkasan: Langsung tutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan tap 'hapus semua' di Ringkasan.

Informasi darurat: Informasi Darurat memungkinkan Anda menambahkan informasi seperti nama, golongan darah, riwayat alergi, dan kontak darurat sehingga petugas tanggap darurat dapat melihat informasi tersebut melalui layar kunci perangkat Anda.

Wallpaper layar kunci: Kini Anda dapat memasang wallpaper yang berbeda untuk layar utama dan layar kunci.

KEAMANAN DAN PRIVASY ANDROID 7.0 NOUGAT


Booting langsung: Saat perangkat dinyalakan ulang, Booting Langsung membuatnya menyala lebih cepat, dan memastikan komunikasi penting tetap berjalan. Jadi, Anda tetap bisa menerima pesan-pesan penting dan mendengar dering beker bahkan tanpa memasukkan sandi di layar kunci.

Update software yang mudah: Pada perangkat baru tertentu yang menjalankan Android Nougat, update OS didownload di latar belakang sehingga Anda dapat melanjutkan aktivitas sementara perangkat melakukan sinkronisasi dengan OS terbaru.

Enkripsi berbasis file: Dirancang pada platform keamanan terbaik, Android Nougat memperkenalkan enkripsi berbasis file. Dengan enkripsi pada level file, bukan level blok, Android dapat menyekat dan melindungi file dengan lebih baik bagi setiap pengguna di perangkat Anda.


Akses folder yang tercakup: Aplikasi dapat meminta akses ke folder tertentu yang dapat Anda izinkan atau tolak aksesnya (seperti izin runtime untuk aplikasi). Ini merupakan versi cakupan yang lebih kecil dari izin Penyimpanan untuk Aplikasi yang hanya memerlukan akses ke folder tertentu. Aplikasi juga dapat meminta akses langsung ke media eksternal (pada perangkat dengan hardware tersebut).

Trusted Face: Trusted Face, bagian dari Smart Lock, semakin memudahkan Anda membuka kunci perangkat berkat fitur pengenal wajah yang baru. Pengenal baru ini akan mengabaikan kondisi pencahayaan, hiasan wajah (aksesori mata, bulu wajah, dll), dan cara Anda memegang ponsel. Tersedia pada perangkat tertentu.

Dan masih banyak lagi kelebihan Android 7.0 bernama nougat ini yang pastinya tidak bisa saya tuliskan semuanya di sini guys. Untuk lebih bisa mengetahui kelebihan dari Nougat ini, baiknya kamu tunggu rilisnya. Eh, HP kamu kira-kira support nggak ya? Soalnya tidak semua HP mendapatkan update android 7.0 ini. Untuk ke artikel ke depan, saya akan tulis HP apa saja yang mendapatkan Androif 7.0 Nougat. Di tunggu ya guys.

SILAKAN MEMBACA ARTIKEL LAINNYA:

Disqus Comments