Manfaat Bekatul Bagi Kesehatan

Mastrigus.com - Saudaraku sebangsa dan setanah air, apakah kalian sudah mengetahui bekatul dan manfaatnya? Jika belum mengetahui bekatul dan manfaatnya bagi kesehatan, berarti kalian sedang mengunjugi blog yang tepat untuk mengatahuinya.

Bekatul, menurut sebagian besar masyarakat sering diidentikan dengan pakan ternak. Karena memang barang ini sangat lazim dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pakan tambahan bagi ternak, semisal pakan ayam, bebek ataupun kambing dan sapi.

Namun, yang perlu anda ketahui bahwa bekatul tidak hanya berfungsi sebagai pakan ternak saja, melainkan juga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh manusia. Jika kita tahu manfaat sebenarnya dari bekatul, tentu kita tidak lagi memandang bekatul hanya sebagai pakan ternak saja.

Menurut wikipedia Bekatul adalah bagian terluar dari bagian bulir yang terbungkus oleh sekam. Bulir adalah buah sekaligus biji berbagai tumbuhan serealia sejati, seperti padi, gandum, dan jelai. Istilah bekatul terutama disematkan kepada padi, karena serealia inilah yang dikenal dalam budaya Nusantara. Namun, bekatul dapat diperoleh pula dari jagung, gandum, milet, serta jelai.

Kandungan gizi bekatul dikenal luas sejak ditemukannya vitamin B1 (tiamin) dari beras yang belum disosoh, yang bila dikonsumsi terbukti menekan frekuensi penyakit beri-beri. Kandungan gizi lainnya adalah serat pangan, pati, protein, serta mineral. Selain kaya dengan kandungan gizinya, bekatul dikenal juga dengan berbagai banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Jika saya asumsikan, gizi paling banyak pada tanaman padi terletak pada bekatulnya, bukan di berasnya. Jika beras lebih berfungsi sebagai bahan makanan pokok yang mengenyangkan, namun bekatul lebih dar itu. Meskipun bekatul tidak mengenyangkan namun terbukti bagus untuk menambah asupan gizi bagi tubuh.

Beberapa orang percaya jika bekatul Bermanfaat untuk Menurunkan Kadar Kolestrol, Bermanfaat menjaga Metabolisme tubuh, Bermanfaat melancarkan proses pencernaan, Bermanfaat untuk Mengatasi Pengapuran pada Pembuluh Darah, Bermanfaat untuk Melawan Radikal Bebas, Bermanfaat untuk Mengatasi Pegal-pegal Otot, Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung, Bermanfaat untuk Memperbaiki Fungsi Hati, Bermanfaat untuk Mengatasi Beri-beri, Bermanfaat untuk Mencegah Gangguan Saraf, Bermanfaat untuk Mengobati Asma, Bermanfaat untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

Tentunya kita tidak akan langsung percaya sebelum ada bukti akurat mengenai manfaat sebenarnya dari bekatul. Ada cerita yang saya tahu sendiri kebenarannya. Teman saya mempunyai seorang ibu yang sudah manula. Setiap seminggu sekali ia membawa ibunya ke dokter untuk menkonsultasikan perihal penyakit yang diderita oleh ibunya. Tekanan darah tinggi ini sedikit banyak mempengaruhi konsisi tubuh ibunya, ia menjadi kurus.

Teman saya mendapatkan informasi bahwa bekatul bemanfaat untuk menggemukkan badan, kendati bekatul juga bagus untuk dikonsumsi saat program diet (karena mengandung senyawa yang mampu menambah energi tubuh). Ia lalu memberi ibunya bekatul yang sudah diolah (sudah digoreng dan dipastikan kebersihan pemrosesannya, sehingga tinggal diseduh dengan air panas langsung bisa dikonsumsi) secara teratur. Dua minggu kemudian bobot badan ibunya naik dan tampak lebih bugar dari biasanya. Begitu juga dengan keluhan sakit kepala yang sering diderita ibunya, menjadi lebih jarang setelah mengkonsumsi bekatul.

Cerita ini bukan testimoni untuk mempromosikan sebuah produk, namun cerita real yang saya ketahui sendiri. Ini menjadikan keyakinan saya semakin kuat terhadap manfaat sebenarnya bekatul bagi kesehatan manusia. Karena merupakan kabar baik, saya niatkan untuk menulisnya di sini.

Saat ini banyak sekali produk bekatul instan yang sudah siap untuk langsung dikonsumsi, produk olahan berbahan baku bekatul menyajikan bekatul instan yang sudah dipilih bahan terbaiknya dan di goreng dengan cara tradisional. Seperti produk bekatul instan pitupitulas yang bisa dikategorikan sebagai makanan kesehatan. Jika anda berminat, silakan klik link tersebut.

You Might Also Like: